Bapemperda DPRD Usulkan Perancang Perda di Banyuwangi

Bapemperda DPRD Usulkan Perancang Perda di Banyuwangi

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Adannya Perancang Peraturan Daerah yang ada di Banyuwangi diusulkan oleh Badan Pembentuk Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Banyuwangi kepada Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim), Mendagri dan Kemenkumham RI atas adanya Perancang Peraturan Daerah di Banyuwangi. 

Di depan wartawan Sofiandi Susiadi sebagai Ketua Bapemperda DPRD Banyuwangi mengatakan,pihak kami sudah memberikan usulan perihal tersebut,bahkan sudah kita disampaikan saat rapat koordinasi Bapemperda se -Jatim bersama Wakil Gubernur Jatim beberapa waktu lalu.

Wakil rakyat peramah ini juga menuturkan, usulan yang kita disampaikan itu ternyata langsung disambut baik oleh Wakil Gubernur Jatim beserta seluruh jajarannya bahkan pihak gubernur akan segera menginstruksikan seluruh daerah di Jatim untuk mengikut sertakan perwakilannya untuk mendaftarkan diri sebagai perancang perundang-undangan itu. 

Mantan aktifis dan sekarang aktif politisi Partai Golkar ini menambahkan,hingga saat ini, Kabupaten Banyuwangi belum memiliki perancang perda. Bahkan sebanyak 38 kabupaten/kota di Jatim  baru ada 5 kabupaten/ kota yang sudah memiliki perancang perundang-undangan yaitu salah satunya Kota Malang. 

Lebih lanjut alumni Unibraw Malang itu mengungkapkan, apabila kabupaten atau kota memiliki perancang perda. Maka tugas pembuatan atau penyesuaian peraturan daerah yang selama ini lambat pembahasannya akan lebih cepat diselesaikan. Sebab perancang perda harus paham materi dan teknik penyusunan raperda. 

“Terlebih saat ini Banyuwangi memiliki tugas melakukan penyesuaian sebanyak 150 perda pasca disahkannya UU Cipta Kerja Nomor 11 Tahun 2020” ujar Sofiandi kepada sejumlah wartawan, Selasa (13/4/21) lalu. 

Sesuai aturan yang ada, perancang perda harus dari seorang PNS serta harus independen dan mendapatkan pendidikan khusus dari Kemenkumham. “Selain itu lembaga  yang berhak mengeluarkan sertifikat bagi seorang perancang perda adalah Kemenkumham RI,” pungkas Sofi Kamis,(15/4/21) saat dihubungi melalui telepon selulernya. (Im)

Related

Pemerintahan 4512298430238436237

Posting Komentar

emo-but-icon

Cafe Angkringan RC Banyiwangi

Cafe Angkringan RC Banyiwangi
Cafe Angkringan RC Banyuwangi Kecamatan Banyuwangi

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item