Yapenas 17 Agustus 1945 Banyuwangi ,Gelar Kursus Pembina Pramuka

Yapenas 17 Agustus 1945 Saat Mengikuti Pembenaan Pramuka

 MEMOPOS.com,Banyuwangi – Untuk meningkatkan kemahiran para Pembina Pramuka di Lingkungan YAPENAS 17 AGUSTUS 1945 Kabupaten Banyuwangi maka Pramuka Gugus Depan 11.311 – 11.312 Pangkalan YAPENAS 17 AGUSTUS 1945 BANYUWANGI mengadakan Kursus Pramuka Mahir Dasar (KMD) untuk para Pembinanya berskala nasional karena diikuti juga secara daring oleh peserta dari berbagai penjuru kota.Kegiatan kursus digelar dari tanggal 14 – 19 Maret 202116 secara Daring ini diikuti oleh peserta internal Yapenas sejumlah 58 Peserta dan diikuti juga oleh peserta dari luar kota sebanyak 79 (secara daring).


Acara pembukaan dilaksanakan pada hari Minggu 14 Maret 2021 bertempat di Aula “Soekarno” SMK 17 AGUSTUS 1945 MUNCAR. Dihadiri oleh semua peserta (dan Pembina dari Gerakan Pramuka, Ketua Umum, Kamabigus, Mabigus YAPENAS, Korwil III Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Cabang (Pusdiklatcab) Macan Putih Kwartir cabang Banyuwangi, Pinsus dan para pelatih serat undangan kehormatan lainya.

 

Dalam acara pembukaan secara simbolis diadakan penyerahan bendera dan penyematan tanda peserta kepada dua perwakilan peserta bertanda bahwa kursus Mahir Dasar (KMD) Pramuka Gugus Depan 11.311 – 11.312 Pangkalan YAPENAS 17 AGUSTUS 1945 BANYUWANGI siap untuk dilaksanakan.


Secara resmi pembukaan acara dibuka oleh Ketua Umum YAPENAS 17 AGUSTUS 1945 BANYUWANGI, MISNADI, SH., MH. dimana dalam sambutannya mengatakan hendaknya semua peserta dapat mengikuti semua rangkaian kegiatan dari awal hingga akhir tanpa terputus sehingga materi kursus dapat diserap dengan baik.


“Ke depannya Pramuka di lingkungan YAPENAS harus menjadi barometer bagi Pramuka di wilayah kabupaten Banyuwangi, Jadilah Pramuka yang bermanfaat, tentunya hal itu harus dibarengi dengan perilaku akhlak dan prestasi yang baik, jadi secara keseluruhan Pramuka itu adalah orang-orang yang bergembira dan fokus pada tujuannya,” ujar Misnadi penuh semangat.


Lebih lanjut Misnadi mengatakan, gerakan pramuka merupakan pendidikan wajib di sekolah, yang dijadikan media untuk membina diri, membina satuan dan membina masyarakat. Gerakan pramuka telah mampu membuktikan perannya dalam membangun karakter generasi muda sesuai visinya ” generasi muda harus mimiliki mentalitas yang tangguh untuk menghadapi tantangan dimasa depan,”ujarnya.


Pada kesempatan itu juga Misnadi mengajak seluruh peserta KMD yang sehari-hari nya adalah guru, yang selalu berdiri dihadapan anak-anak kita, menjadi contoh dan panutan generasi muda. Perkaya ilmu pengetahuan, keterampilan dan pengalaman.” ikutilah kursus ini dengan baik, disiplin dan penuh semangat.


Diminta pendapatnya Kusno Abiwibowo, S.Pd. selaku KAPUSDIKLATCAB. MACAN PUTIH mengatakan, kegiatan ini sangat bagus dan berterimakasih kepada Lembaga Pendidikan Yapenas yang telah mewajibkan semua guru untuk mengikuti Kursus Mahir Tingkat dasar ini.


Lebih Jauh Supandri, S.Pd. selaku Pinsus menyampaikan ucapan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan selaku pinsus dan akan menjalankan program kursus ini secara baik dan diharapkan dari peserta kursus akan memperoleh manfaat dengan semakin menjunjung tinggi kebersamaan, kegotong-royongan, kepedulian, rasa saling menghargai dan mengormati sekaligus mampu nantinya memberikan bekal kepada anak didiknya untuk lebih meningkatkan rasa Nasionalisme dan cinta Tanah Air.


Dalam kegiatan kursus ini para peserta akan dibekali dengan keterampilan Kepramukaan Siaga, Kepenggalangan, Keterampilan Kepramukaan Penggalang, Keterampilan Kepramukaan Penegak, Adm. Gudep, Struktur Organisasi Gudep dan Nasional, Praktek Kegiatan Scouting Skill dan Out door Activity.


Semoga kegiatan Kursus Mahir Dasar Pramuka Gugus Depan 11.311 – 11.312 Pangkalan YAPENAS 17 AGUSTUS 1945 BANYUWANGI ini berjalan dengan lancar dan harapannya semoga membawa kebaikan bagi kemajuan di Lingkungan YAPENAS secara keseluruhan. (Im)

Related

Education 9195180590215462958

Posting Komentar

emo-but-icon

Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin SIK.MH.

Kapolres  Jember AKBP Arif Rachman Arifin  SIK.MH.
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Jatuhnya Pesawat Sriwijaya SJ - 182

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item