Sambut Hari Raya Nyepi,Penyeberangan Banyuwangi Gilimanuk Ditutup Total

Kondisi Pelabuhan Ketapang Nampak Sepi Menjelang Hari Raya Nyepi

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Penyeberangan dari Pulau Jawa menuju Bali, dari Pelabuhan Ketapang menuju Gilimanuk akan ditutup bersamaan dengan Hari Raya Nyepi yang jatuh pada 14 Maret 2021. PT ASDP Ferry memastikan penutupan akan dilakukan mulai Minggu (14/3/2021) hingga Senin (15/3/2021).

Penutupan penyeberangan tersebut nantinya akan dijaga puluhan petugas keamanan bersenjata.

"Penutupan akan dilakukan tanggal 14 Maret pukul 00.00 WIB dan dibuka kembali pada tanggal 15 Maret 2021 jam 05.00 WIB," Ungkap Kepala Cabang PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang Eddy Hermawan kepada awak media Jumat (12/3/2021).

Selain itu, dipastikan juga seluruh aktivitas di pelabuhan bakal dihentikan sementara, sehingga 45 kapal yang ada bakal diparkir dan tidak beroperasi.

"Hari ini kita sudah koordinasi dengan Polresta, operator kapal dan stakeholder terkait. Kita sudah lakukan pembahasan baik dari pengamanan hingga penghentian sementara kegiatan penyeberangan pada Hari Raya Nyepi," katanya.

Selain di Penyeberangan Jawa-Bali, Penyeberangan Bali-Lombok juga dilakukan hal serupa. Kebijakan ini dilakukan untuk menghormati kegiatan keagamaan umat Hindu di Bali dalam memperingati Hari Raya Nyepi.

"Informasi dari Pemprov Bali juga dilakukan (penyeberangan) di Bali-Lombok," Ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengemukakan, arus penyeberangan dari Bali ke Jawa tidak seperti tahun sebelumnya.

"Sebenarnya tidak ada peningkatan signifikan. Tapi yang jelas memang ada beberapa yang mudik saat libur Nyepi,"Paparnya. 

Menurut Eddy, pemberlakuan syarat rapid test antigen dan swab untuk masuk ke Bali, membuat para pemudik enggan meninggalkan Bali.

Karena butuh biaya banyak ya. Harga penyeberangan murah tapi harga rapid test antigen dan swab mahal," Tandas Eddy.

Sementara itu, Kabagops Polresta Banyuwangi Kompol Agung Serta Budi mengemukakan, dari sisi pengamanan Nyepi, akan dilakukan pengerahan petugas sekitar 350 personel untuk melakukan pengamanan secara menyeluruh di Kabupaten Banyuwangi.

"200 personel dari polisi. Sisanya akan dibantu oleh TNI, Dishub, Satpol PP hingga BPBD," Tegas Kabagops Polresta Banyuwangi Kompol Agung Serta Budi.

Tak hanya pelabuhan, kegiatan pengamanan juga dilakukan di lokasi Pura umat Hindu yang merayakan perayaan Hari Raya Nyepi di Banyuwangi.

"Ada beberapa desa dan kecamatan yang akan kita jaga. Karena umat Hindu disana menggelar Nyepi di Banyuwangi," kata Kompol Agung usai mengikuti rapat koordinasi di pelabuhan Ketapang Banyuwangi.

Sedangkan untuk aktivitas penyeberangan Gilimanuk menuju Ketapang pada libur panjang Isra Miraj hari ini, Jumat (12/3/2021) terpantau sepi. Meski demikian, masih nampak sejumlah warga yang bekerja di Bali memanfaatkan waktu libur panjang di akhir pekan pulang ke Pulau Jawa.

Meski begitu, jika dibandingkan tahun-tahun sebelum Pandemi Covid-19, jumlah arus mudik Nyepi kali ini masih terbilang sepi.

Bahkan, dalam beberapa hari terakhir, kendaraan yang keluar dari kapal didominasi kendaraan roda dua. Sebagian roda empat pun juga meramaikan arus liburan ini.

"Ya pulang ini mas. Karena di Bali Nyepi. Pulang saja toh ke kampung. Sudah lama juga nggak ketemu keluarga," Jelas Nia, warga Banyuwangi yang bekerja di Kota Denpasar.

Nia juga mengaku, banyak teman kerjanya yang pulang ke kampung halaman di saat Hari Raya Nyepi.

Kalau Nyepi di Bali semua lampu padam. Saya punya anak masih balita. Makanya mending saya pulang dulu. Mungkin seminggu,"Pungkas Nia. (Im)

Related

Headline 4753839771389167153

Posting Komentar

emo-but-icon

Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin SIK.MH.

Kapolres  Jember AKBP Arif Rachman Arifin  SIK.MH.
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Jatuhnya Pesawat Sriwijaya SJ - 182

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item