Puluhan Emak-Emak diwisuda Kewirausaha Siap Jadi Pengusaha

Emak Emak Setelah Diwisuda Lulus Mengikuti Kewirausaha Bertempat Di Muncar


MEMOPOS.com,Banyuwangi - Setelah sebulan penuh digembleng, dalam pelatihan kewirausahaan di Kecamatan Muncar, Banyuwangi, resmi diwisuda.Berbekal pengalaman dan skill baru, puluhan emak-emak peserta pelatihan bersiap memulai usaha sendiri.


Mengusung optimisme pengusaha sukses, para calon pengusaha baru ini siap mewujudkan kebangkitan ekonomi daerah pasca pandemi Covid-19. Dilengkapi sertifikasi keahlian, para emak-emak ini semakin pede untuk bersaing kedepannya.


Inisiator pelatihan, Ali Mustofa menyebutkan ada sejumlah 64 peserta pelatihan kewirausahaan. Pelatihan dilangsungkan selama satu bulan dengan rincian 20 kali pertemuan atau setara 160 jam tatap muka. Masing-masing dibagi menjadi 4 kelompok kelas jurusan. Yakni kelas pelatihan salon kecantikan, kelas produksi kue, kelas konveksi dan kelas pengolahan hasil pertanian.


"Pelatihan tahap pertama selesai, selama satu bulan para peserta dibekali keterampilan sesuai jurusan.Setelah ini masih ada pelatihan di titik lain," Kata Ali, Senin (29/3/2021).


Dijelaskan anggota DPRD Banyuwangi tersebut, setelah ini, ilmu dan keterampilan dari pelatihan langsung bisa dipraktekkan.Mengingat, lebaran Idul Fitri sebentar lagi tiba.


Di bulan Ramadhan nanti, kata Ali, lulusan pelatihan pengolahan kue langsung bisa terjun pasar.Dengan menerapkan inovasi selama pelatihan, mereka diharapkan mampu mencetak produk-produk baru berupa jajanan lebaran atau produk makanan untuk menu berbuka puasa.


"Sebentar lagi bulan puasa. Ilmu yang didapatkan bisa langsung dipraktikkan. Ibu-ibu ini bisa langsung membuat kue dan olahan makanan lainnya untuk mewarnai pasar takjil selama Ramadhan nanti," Papar Ali.


"Untuk kelas konveksi dan kecantikan pun sama.Pastinya mendekati lebaran banyak pesanan baju dan banyak juga kaum perempuan yang rame-rame ke salon. Peluang-peluang tersebut diharapkan bisa langsung dimanfaatkan," Cetus Ali.


Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pelatihan ini digelar atas dukungan dari Gus Fawaid. Ketua Komisi C DPRD Jatim sekaligus Presiden Laskar Sholawat Nusantara.


"Alhamdulillah pelatihan sudah rampung.Dengan skill dan pengalaman yang singkat ini semoga bisa dijadikan modal untuk memulai usaha baru setelah ini," Kata Gus Fawaid melalui Ketua Umum Laskar Sholawat Nusantara, Abdul Adhim.


Abdul Adhim berharap, pelatihan serupa juga bisa segera digelar di Kecamatan lainnya di Banyuwangi.Untuk kelas pelatihan, menurutnya bisa disesuaikan dengan geografis potensi ekonomi dari tiap-tiap desa.


"Pelatihan ini kan satu kesatuan yang dilakukan bersama BLK. Jadi tiap-tiap titik berbeda-beda disesuaikan berdasarkan potensi di tiap Kecamatan.Industri pertanian, perikanan, peternakan atau pelatihan lainnya," Tandasnya.


Anton Sujarwo, Ketua Laskar Sholawat Banyuwangi menambahkan. Antusias masyarakat untuk mengikuti pelatihan ini sangatlah tinggi. Bahkan, dari total kuota 64 peserta, masih banyak yang belum tercover.


Selama pelatihan, kata Anton, seluruh peserta dinyatakan telah memenuhi ketentuan lulus.Masing-masing peserta telah menguasai materi yang diberikan sepenuhnya.Bahkan dari masing-masing kelas pelatihan, ada sejumlah peserta yang sangat menonjol.


"Luar biasa antusiasnya. Masih banyak yang ingin mengikuti. Artinya pelatihan ini memang dibutuhkan. Ya setelah lebaran inilah InsyaAllah nanti akan mulai dilakukan di Kecamatan lainnya," Papar Anton.


Sementara itu, Kepala Balai Pelatihan Kerja (BLK) Situbondo, Pujianto memberikan apresiasinya kepada Laskar Sholawat dan Ali Mustofa. Selama pelatihan berlangsung, pihaknya telah menerjunkan instruktur yang profesional di bidangnya.


"Terimakasih untuk Laskar Sholawat yang telah menggelar pelatihan kewirausahaan ini. Selama 20 kali pertemuan ini seluruh peserta terbukti menguasai materi.Bisa membuat baju sendiri, kue-kue dan produk lainnya.Luar biasa. Semoga ini menjadi tanda kebangkitan ekonomi Banyuwangi dan Indonesia," Pungkasnya.(Im)

Related

Headline 4549750484311922281

Posting Komentar

emo-but-icon

Cafe Angkringan RC Banyiwangi

Cafe Angkringan RC Banyiwangi
Cafe Angkringan RC Banyuwangi Kecamatan Banyuwangi

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item