Pangdam V/Brawijaya Tinjau TMMD Ke - 110 Di Wilayah Kecamatan Silo Jember

Pangdam V/Brawijaya Saat Didamping Fandim 0824 Jember Dan Danrem 083/Baladika

MEMOPOS.com,Jember - Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto bersama Komandan Korem 083/Baladika Jaya Kolonel Inf Irwan Subekti dan Komandan Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 110 Letkol Inf La Ode M Nurdin, meninjau lokasi sasaran di Dusun Sumberlanas, Desa Harjomulyo, Kecamatan Silo, Jember. Selasa (23/3/2021)

Sebelum melakukan peninjauan Pangdam V/Brawijaya, berkesempatan menyapa janda dan lansia di Posko utama TMMD, dusun Sumberlanas timur, Desa Harjomulyo, Kecamatan Silo, dengan memberikan paket sembako.

Dalam kesempatan itu  Mayjen TNI Suharyanto memaparkan, TMMD dilaksanakan sejak tahun 1980 yang sudah 42 tahun, berawal dengan sebutan ABRI Membangun desa yang dilaksanakan dua kali dalam setahun, dan kali ini disebut TMMD ke 110.

"TMMD ke 110 ini merupakan kelanjutan dari yang sudah dilaksanakan 42 tahun, adapun tujuannya membantu pemerintah daerah untuk percepatan pembangunan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan untuk membudayakan Gotong-royong, melestarikan budaya gotong royong dan kemanunggalan TNi -Rakyat demi kepentingan negara, " Kata Mayjen TNI Suharyanto.

Kodam V/ Brawijaya melaksanakan program TMMD ke 110 tahun 2021 yang dimulai sejak 02 Maret 2021 hingga 31 Maret 2021, ada 5 Kodim, selain di Kodim 0824/Jember  yakni, Kodim 0801/Pacitan, 0813/Bojonegoro, Kodim 0822/Bondowoso, Komdim 0827/Sumenep.

"Dengan tema TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri,  merupakan cara TNI Angkatan Darat mengajak seluruh komponen bangsa bersama untuk membangun bangsa. Terutama dalam hal yang belum tersentuh oleh program pemerintah dan membutuhkan upaya percepatan pembangunan, " beber Pangdam V/Brawijaya.

Berbagai sasaran TMMD Ke Kodim 0824 Jember, langsung mengarah ke sasaran baik fisik maupun non fisik, berupa pembangunan rumah tidak layak huni (Rutilahu) dan pembangunan Jamban maupun (Mandi, Cuci dan Kakus) MCK, dan pos keamanan lingkungan (Pos Kamling), yang dikerjakan secara gotong-royong TNI bersama Masyarakat.

"Seperti yang telah kita lihat bersama rumah Pak Imam yang sebelumnya memprihatinkan dengan dinding bambu dan lantai tanah, berkat TMMD menjadi layak bersih dan lebih sehat, " jlentreh nya.

Sementara Komandan Kodim 0824/Jember, Letkol Inf La Ode M Nurdin menambahkan, Selain sasaran fisik, Selebihnya kegiatan non fisik, meliputi pelayanan kesehatan dan pelayanan Adminduk, pendidikan serta keagamaan, maupun pemberdayaan ekonomi masyarakat.

"Untuk pengerjaan pembangunan fisik beberapa titik sudah mencapai 100 %, karena sebelumnya telah dilaksanakan Pra TMMD selama dua pekan, "ungkap Letkol Inf La Ode.

Lebih lanjut Dandim memaparkan tentang sasaran non fisik yang telah dikerjakan serta sasaran tambahan berupa Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) sebanyak 20 rumah dan Program jambanisasi (pembuatan jamban) sebanyak 20 buah, serta Pos Kamling dan Musholla bagi warga Desa Harjomulyo-Mulyorejo, Kecamatan Silo, Jember.

"Seluruh sasaran diharapkan dapat terpenuhi 100 % pada saat penutupan tanggal 31 Maret 2021 mendatang, " tutup lulusan Akmil tahun 2001.

Salah satu penerima manfaat titik sasaran pembangunan fisik Rutilahu Iman (65), Warga Dusun Sumberlanas, Desa Harjomulyo, Kecamatan Silo, dengan meneteskan air mata dan memeluk Mayjen TNI Suharyanto dengan mengucapkan banyak terima kasih, telah mewujudkan impian nya merenovasi rumah menjadi lebih baik.

"Terima kasih pak jenderal, telah mewujudkan impian keluarga kami, berkat TMMD rumah yang sudah bertahun-tahun kami huni yang sebelumnya dinding bambu dan lantai tanah sekarang berubah menjadi sangat bagus. " ungkap Imam yang didampingi istrinya Husnah. 

(Tim)

Related

Headline 6708869047766396256

Posting Komentar

emo-but-icon

Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin SIK.MH.

Kapolres  Jember AKBP Arif Rachman Arifin  SIK.MH.
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Jatuhnya Pesawat Sriwijaya SJ - 182

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item