Kemenag Beserta PA Dan Disdukcapil Banyuwangi Tandatangani MoU

Saat Acara MoU Diwarung Osing Glagah

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 45) mengamanatkan tujuan mendirikan Negara (Membbentuk Pemerintahan Negara Indonesia) di antaranya untuk melindungi segenap Bangsa Indonesia dan seluruh Tumpah Darah Indonesia, serta memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. 

Amanat tersebut mengandung makna, Negara berkewajiban memenuhi kebutuhan setiap Warga Negara Indonesia melalui Sistem Pemerintahan yang mendukung terciptanya Penyelenggaraan Pelayanan Publik yang Prima dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar dan hak sipil setiap warga negara, atas Barang Publik, Jasa Publik dan Pelayanan Administratif.

Bertujuan pelayanan agar lebih baik di setiap tempat layanan menjadi keinginan semua pihak. Karena itu setiap Penyelenggara Layanan memacu diri agar pelayanan dapat berkualitas, cepat, mudah, terjangkau dan terukur, sehingga dapat memberikan kepuasan bagi masyarakat selaku Pengguna Layanan Publik.

Bertempat di Warung Kampoeng Using, di Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, pada hari Rabu (24/03/2021), Kemenag, Pengadilan Agama dan Disdukcapil Kabupaten Banyuwangi serta APRI (Asosiasi Penghulu Rebuplik Indonesia) Banyuwangi, menggelar kegiatan dengan membuat Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU), yang bertujuan berkolaborasi dan bertekad merealisasikan kerjasama selaku Penyelenggara Pelayanan Publik. 

Dengan tujuan utamanya untuk meningkatkan Efisiensi dan Efektifitas Pelayanan pada masyarakat, sehingga dapat memberikan pelayanan yang berkualitas sesuai asas dan tujuan Pelayanan Publik. Dengan berpedoman pada Undang-Undang Hukum yang berlaku:

UU RI Nomor 24 Tahun 2013 jo UU Nomor 23 Tahun 2008 Tentang Adminitrasi Kependudukan.

UU RI Nomor 1 Tahun 1974 jo UU Nomor 16 Tahun 2019 Tentang UU Perkawinan.

UU RI Nomor 7 Tahun 1989 jo UU Nomor 50 Tahun 2009 Tentang Peradilan Agama.

UU RI Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayan Publik.PMA Nomor 20 Tahun 2019 Tentang Pecatatan Nikah.

Dan referensi utama dari Pelaksanaan Memorandum of Understanding (MoU) merujuk pada UU RI Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik, Pasal 12. Serta kabolarasi pelayanan bersifat rutin/harian yang sering kali dihadapi oleh Pelaksana/Oprator Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan di Kabupaten Banyuwangi, dalam rangka menginput data Calon Pengantin (CATIN) di SIMKAH WEB.

Dengan harapan semua masyarakat mengetahui prosedur yang sesuai aturan, serta terciptanya keseragaman Pelayanan Nikah Rujuk (NR) dan Talak Cerai (TC).Panitia Penyelenggara mendatangi Nara Sumber dari Dinas - Dinas terkait.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Mustain Hakim, SAg, MHI dari APRI (Asosiasi Penghulu Rebulik Indonesia) Banyuwangi, mewakili Kepala Kementrian Agama Banyuwangi, Drs. H. Subandi, SH, MH dari Pengadilan Agama Banyuwangi dan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Banyuwagi, yang diwakili Eva Zulfiyah Maiskur, Skom, Kasi Identitas Penduduk.

Dalam sambutannya Mustain Hakim, SAg, MHI dari APRI (Asosiasi Penghulu Rebulik Indonesia) Banyuwangi, yang mewakili Kepala Kementrian Agama Banyuwangi menyampaikan, “Dengan diadakannya Rapat Kolaborasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kemetrian Agama dan Pengadilan Agama Kabupaten Banyuwangi agar tercipta Efektifitas dan Kemudahan Pelayanan, sehingga terwujudnya pelayanan yang sangat mudah dan cepat, berkualitas, terukur serta dapat dicerna dalam melaksanakan tugas kerja melayani publik dengan adanya MoU 3 Intansi yang diwujudkan dengan adanya Aplikasi yang memudahkan Oprator di lapangan melayani publik dengan tepat waktu, serta efesien,” Ujar Mustain Hakim, SAg, MHI.

Sementara Drs. H. Subandi, SH, MH, Perwakilan Pengadilan Agama Banyuwangi menerangkan, “Sebagai upaya untuk memberikan pelayanan bagi intansi terkait yang membutuhkan informasi tentang keabsahan/keaslian Akta Cerai Pengadilan Agama Banyuwangi meluncurkan Inovasi Layanan berbasis WhatsApp, yang bernama SIVERA (Asisten Virtual Perkara). Adapun manfaat dari inovasi SIVERA ini di antaranya dapat memberikan informasi tentang keabsahan/ keaslian Akta Cerai, hanya dengan mengirim WhatsApp ke Nomor Aplikasi SIVERA dan Nomor HP Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) se-Kabupten Banyuwangi yang sudah terdaftar di Pengadilan Agama Kabupaten Banyuwangi, dapat mengakses Aplikasi SIVERA ini. Nomor.HP yang tidak terdaftar di Pengadilan Agama Banyuwangi tidak dapat mengaksesnya,” Terang Subandi.

Sedangkan Eva Zulfiyah Maskur, Skom, Perwakilan Disdukcapil Banyuwangi dalam paparannya mengungkapkan, “Berawal dari Aplikasi GISA (Gerakan Indonesia Sadar Adminitrsai) kependudukan, gerakan yang dicanangkan Pemerintah pada Tanggal 8 Maret 2018 dan di Launching di Kabupaten Banyuwangi pada bulan Mei 2018. GISA adalah suatu gerakan untuk membangun Ekosistem Kepemerintahan yang sadar akan kependudukan. Dalam GISA ini disebutkan empat (4) poin:

Kesadaran dan pentingnya kepemilikan kependudukan.

Kesadaran pungutan tampilan kependudukan.

Kesadaran akan pentingnya pemanfaatan data kependudukan sebagai satu-satunya data yang dipergunakan untuk kepetingan pelayanan.

Kesadaran pentingnya pelayanan adminitrasi kependudukan yang membahagiakan masyarakat  dalam melaksanakan pelayanan yang terintegrasi Online.

Pelayanan yang lebih mudah dan Efektif, serta meyumbangkan pelayanan peristiwa penting yang berkaitan,” Ungkap Eva.

Eva Zulfiyah Maskur menambahkan, “Petugas Dispenduk akan melakukan Perubahan Bio Data sesuai Akta Nikah yang dikirim oleh Kantor Urusan Agama. Dari perubahan Bio Data ini nanti kita tidak serta merta menerbitkan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Kami menunggu Calon Pengantin itu datang ke lotus-lotus yang sudah disediakan, baik di Mall Publik dan Pasar-Pasar Publik, contohnya di Pasar Rogojampi dan Genteng, di loket khusus yang sudah disediakan, agar tidak ada penumpukan berkas, serta mempermudah Pelayanan Publik,” Tambah Eva menutup keterangannya.(Im)

Related

Headline 5871372189674271950

Posting Komentar

emo-but-icon

Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin SIK.MH.

Kapolres  Jember AKBP Arif Rachman Arifin  SIK.MH.
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Jatuhnya Pesawat Sriwijaya SJ - 182

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item