Forum Wartawan Lintas Media, Kirim 15 Wartawan Ikuti UKW Mandiri

Ketua Forum Wartawan Lintas Media Kabupaten Jember

MEMOPOS.com,Jember - Persaingan media semakin hari semakin ketat, bahkan untuk menjalankan aktivitas jurnalistiknya, seorang wartawan harus memiliki Sertifikat Uji Kompetensi Wartawan (UKW) sesuai harapan Dewan Pers .


Guna menindak lanjuti  hal tersebut, ketua Forum Wartawan Lintas Media Jember, Ihya Ulumuddin, SH berencana akan mengirim sedikitnya 15 wartawan anggotanya untuk mengikuti UKW secara  mandiri, di Solo, Jawa Tengah usai lebaran yang akan datang.


Udik, sapaan akrabnya meminta semua media yang berada didalam wadah Forum segera menyiapkan wartawannya. Untuk materi, forum akan melakukan upaya pelatihan bersama di sekretariat Sumberbendo, Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Sumbersari Jember, Jawa Timur. 


Terpisah, Gangsar Widodo salah satu pengurus Forum mengapresiasi langkah ketua dalam menyikapi persaingan media kedepan.


"Tantangan yang dihadapi pekerja jurnalistik semakin berat, dan mereka diharapkan memiliki kemampuan dibidangnya yang dibuktikan dengan sertifikat UKW,"jelasnya, sabtu (20/3/2021).


Ia menambahkan, Uji Kompetensi Wartawan memang tidak diatur secara langsung dalam UU Pers No 40/tahun 99, namun tidak berarti seorang wartawan sebagai seorang profesional bekerja asal asalan, tanpa ada sertifikasi yang mendukung kemampuan individu mereka.


Untuk itulah, kenapa kemudian Forum melalui rapat pengurus mendukung upaya peningkatan kualitas wartawan dan kelayakannya melalui uji kompetensi.


Saya mengapresiasi langkah pak Ketua Forum yang akan mengirimkan wartawan dibawah naungan forum ikut uji kompetensi, dan forum bakal memfasilitasi dengan menggelar pelatihan pelatihan terkait materi uji kompetensi itu. 


"Ini langkah maju dan patut di dukung oleh Pemerintah Kabupaten, karena Pemkab Jember nanti sebagai usernya,"pungkasnya. (dik)

Related

Headline 4545678758119527246

Posting Komentar

emo-but-icon

Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin SIK.MH.

Kapolres  Jember AKBP Arif Rachman Arifin  SIK.MH.
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Jatuhnya Pesawat Sriwijaya SJ - 182

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item