Dua Lembaga Pendidikan Di Banyuwangi Dilaporkan LSM Suara Bangsa

H.Sunyuto LSM Suara Bangsa

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Dua dugaan penyimpangan dunia pendidikan yang ada di Kabupaten Banyuwangi dilaporkan ke unit Tipikor Polresta Banyuwangi oleh LSM Suara Bangsa.


Hal ini disampaikan H. Suyoto, SH. Ketua LSM Suara Bangsa, kepada media MEMOPOS.com Senen, (29/4/2021).


Menurut Suyoto atau yang lebih akrab dipanggil Mbah Yoto oleh rekan sejawatnya itu, dua lembaga pendidikan yang dilaporkan adalah Madrasah Aliyah Rogojampi, Kecamatan Rogojampi dan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Kalibaru Manis, Kecamatan Kalibaru.


Untuk MA Rogojampi, dilaporkan LSM Suara Bangsa karena diduga telah terjadi tindak arogansi yang dilakukan oknum Kepala Madrasah dengan melarang siswa-siswinya ikut ujian akhir jika belum membayar biaya sekolah.


Sedangkan SDN 3 Kalibaru Manis diduga telah menjual material besi bangunan yang dibongkar karena mendapatkan anggaran pekerjaan rehabilitasi gedung sekolah.


“Oknum Kepala MA Rogojampi berlaku arogan dengan melarang siswa siswinya ikut ujian sebelum membayar biaya sekolah sebesar satu juta rupiah, padahal seharusnya hak dan kewajiban siswa-siswi itu hanya menerima pelajaran serta belajar, terkait biaya sekolah menjadi tanggung jawab orangtua walimurid,” Ungkap Mbah Yoto.


“Apalagi diketahui setelah kita investigasi, ternyata selama ini kebijakan kepala MA Rogojampi itu hanya sepihak dan tidak pernah mengajak komite untuk musyawarah,” Imbuhnya.


Begitu pula yang terjadi di SDN 3 Kalibaru Manis, masih kata H. Suyoto, SH. menyebutkan, semestinya material besi gedung yang dibongkar untuk direhab harus dikembalikan ke dinas atau jika memang dijual wajib ada persetujuan dari dinas, bukannya langsung dijual begitu saja.


“Memang saat ini sudah dikirim surat meminta persetujuan ke dinas, namun yang ditemukan dilapangan, surat itu dikirim setelah material itu dijual, untuk itu hari ini, saya melalui lembaga sudah melaporkan kedua dugaan penyimpangan itu ke Polresta Banyuwangi, dan kita berharap agar segera ditindaklanjuti agar peristiwa serupa tidak terjadi lagi.” Pungkas Mbah Yoto dengan tegasnya.(Im).

Related

Headline 168265166932446403

Posting Komentar

emo-but-icon

Cafe Angkringan RC Banyiwangi

Cafe Angkringan RC Banyiwangi
Cafe Angkringan RC Banyuwangi Kecamatan Banyuwangi

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item