Diduga Salah Trasfer ,Bank Jatim Cabang Banyuwangi Terancam Dilaporkan Nasabahnya

Bank Jatim Cabang Banyuwangi

MEMOPOS.com,Banyuwangi  - Menurut fakar hukum dari Universitas Indonesia Aad Arsyad yang dirilis oleh Teropong.com mengatakan penerima dana salah transfer dari bank seperti yang terjadi pada kasus PT Bank Jatim wajib mengembalikan uang tersebut.

Bank Jatim sebelumnya salah men-transfer uang senilai Rp 30 juta rupiah ke rekening salah satu nasabah lainnya tanpa pemberitahuan sebelumnya ke pemiliknya.

“Penerima dana tak halal wajib mengembalikannya atau bisa dilaporkan ke pihak berwajib,” Tegas Aad dalam komentar di media pada Sabtu, (27/2/2020) tahun lalu. 

Aad juga menegaskan Indonesia memiliki hukum yang mengatur mekanisme pengembalian uang dari kasus salah transfer. Ketentuan tersebut diatur dalam Pasal 85 Undang-undang Nomor 3 Tahun 2011 tentang Transfer Dana.

Adapun, Pasal tersebut menyebutkan bahwa setiap orang yang dengan sengaja menguasai dan mengakui dana transfer sebagai miliknya dapat terancam pidana paling lama lima tahun atau denda paling banyak Rp 5 miliar. Selain itu, penerima dapat didakwa melakukan penggelapan dana Pasal 372 KUHP dan dapat digugat secara perdata dengan perbuatan melawan hukum.

Di dalam hukum perdata, Aad u mengatakan terdapat asas nemo plus iuris. Asas ini menyebutkan bahwa seseorang tidak dapat mengakui barang sesuatu yang bukan miliknya.

Lebih lanjut Aad menjelaskan, di Indonesia pernah terjadi beberapa kali kesalahan transfer dana dalam jumlah yang cukup besar. Bank dapat menarik kembali dana tersebut karena hukum di Indonesia melindungi bank dalam hal terjadi kesalahan transfer.

Seperti terjadi nasip dialami Gus Edy biasa dipanggil Edy Suprapto warga asal Pekulo Srono, Banyuwangi Jawa Timur salah satu korban yang bekerja sebagai kontraktor mengaku merasa dirugikan oleh Bank Jatim cabang Banyuwangi yang tanpa ada pemberitahuan sebelumnya dan diketahuinnya tiba - tiba uang saldo saya hilang sebanyak Rp. 30 juta rupiah, "Ungkap Gus Edy kepada MEMOPOS.com Jum at, (5/3/2021).

Gus Edy menyebutkan, anehnya selama ini pihak Bank Jatim tidak melakukan klarifikasi atau etikat untuk mengembalikan secara prosedur sesuai UU per-bank-kan, waaaah bila begini cara Bank Jatim merugikan nasabah terus bagaimana bagaimana nasip uang kami yang dengan disengaja telah ditranfer ke rekening orang lain itu,?"Paparnya. 

Sedangkan pihak Bank Jatim melalui Sas selaku' kepala cabang Banyuwangi dihubungi melalui telepon selulernya berulang kali oleh MEMOPOS.com terkesan menghindar tidak ada jawaban.

Gus Edy berharap bila perkara ini tidak bisa mencair dengan terpaksa dirinnya akan melapor ke polisi melalui kuasa hukumnya supaya perkarannya cepat selesai,"Pungkasnya. (Im)

Related

Headline 9116146780339236446

Posting Komentar

emo-but-icon

Cafe Angkringan RC Banyiwangi

Cafe Angkringan RC Banyiwangi
Cafe Angkringan RC Banyuwangi Kecamatan Banyuwangi

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item