Dianggarkan Puluhan Juta Pemdes Cluring Gagal Kelola Pingkan

Kondisi Wisata Pingkan Yang Mangkrak

MEMOPOS.com,Banyuwangi – Kampung Pinggir Kanal (Pingkan) yang dulunya pernah menjadi ikon dan kebanggaan warga Desa/Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur, saat ini kondisinya sangat memprihatinkan. Puluhan juta rupiah anggaran APBD Desa Cluring yang di alokasikan untuk menyulap sepanjang kanal di sekitar Dam BCL 5 yang dulunya kotor dan kumuh menjadi sebuah tempat tempat wisata air dan sentra kuliner, kini musnah sia sia. 

Hancur dan terbengkalainya sarana dan prasarana penunjang munculnya kampung pingkan tersebut karena tidak adanya upaya pemeliharaan dan kurang antusiasnya pihak Pemerintah Desa saat ini dalam mengelola. Padahal, manfaat dari berdirinya tempat wisata air kampung pingkan ini sudah banyak dirasakan oleh warga sekitar terutama dalam sektor perekonomian.

Tempat wisata kampung pingkan yang digagas langsung oleh Pjs Kepala Desa Cluring saat itu yaitu Najamudin Arif dengan menggunakan keuangan Desa hingga puluhan juta rupiah diresmikan pada bulan November tahun 2019 silam. Acara peresmian pembukaan kampung pingkan kala itu sempat di hadiri oleh Kepala Dinas Perikanan dan Pangan, dan Staf Ahli Bupati bidang SDM dan Kemasyarakatan Kabupaten Banyuwangi. Dalam acara peresmian tersebut juga di adakan Festival Cipta Wisata Tebar Ikan Terkendali (Barkanli) yang tujuannya menanamkan rasa kesadaran pada warga sekitar kanal supaya tidak membuang sampah sembarangan di sepanjang aliran sungai.

“Sangat disayangkan ketika wisata Kampung Pingkan tersebut dibiarkan terbengkalai. Padahal biaya yang dihabiskan untuk menciptakan wahana itu sudah menghabiskan puluhan juta rupiah dari keuangan desa,” jelas mantan Pjs Kades Cluring saat dihubungi lewat HP.

Menurut Arif, dengan dibuatnya wahana wisata kampung pingkan tersebut bisa menaikan tingkat perekonomian masyarakat sekitar. Selain itu, tujuan dari berdirinya Kampung Pingkan juga untuk menanamkan kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan di sungai.

Sangat disayangkan setelah di era kepemimpinan Kades Sunarto, kondisi kampung pingkan saat ini sangat memprihatinkan. Semua sarana dan prasarana yang menjadi ikon Kampung Pingkan kini terbengkalai tanpa ada perawatan dan perbaikan dari pemerintah Desa Cluring. Bahkan tempat yang dulunya dibuat oleh warga sekitar untuk menjajakan kuliner di tempat wisata kini telah rata dengan tanah.


Melihat kondisi kampung pingkan yang hancur saat ini, jelas terlihat sekali bahwa Pemdes Cluring tidak ada upaya untuk menyelamatkan apalagi mengembangkan Kampung Pingkan. Seharusnya kewajiban merawat, memelihara, mengelola, bahkan memajukan Kampung Pingkan menjadi tanggung jawab Kepala Desa yang menjabat saat ini. Karena Kampung Pingkan didirikan dengan menggunakan keuangan desa, otomatis status kepemilikan masuk dalam kategori aset milik desa. Karena sudah menjadi aset desa, maka disaat Kampung Pingkan tersebut mengalami kerusakan atau mengalami kehancuran maka pertanggung jawabannya ada di pundak Kepala Desa yang menjabat saat itu.

Anehnya lagi, meskipun Kepala Desa Sunarto sudah membuat keputusan yang dilegalkan secara hukum, yaitu dengan terbitnya Keputusan Kepala Desa Cluring No 9 Tahun 2020 tentang Penetapan Kelompok Pengolahan Dan Pemasaran (Poklahsar) Pingkan Desa Cluring, yang mana di dalam lampiran keputusan tersebut tertulis nama Sunarto selaku Kepala Desa menjadi pelindung di kelompok tersebut. Bahkan dengan dibentuknya Poklahsar lewat keputusan kepala desa itu sehingga di APBDesa Cluring Tahun Anggaran 2020 muncul alokasi anggaran untuk pembelian transportasi wisata berupa perahu kecil yang saat ini kondisinya nongkrong di sebelah rumah warga. Dan dalam lampiran APBDesa Cluring tahun 2020 tercatat alokasi anggaran dengan kode rekening 2.08.90, dengan uraian, Penyediaan Angkutan Wisata sebesar 12.500.000 dengan sumber dana berasal dari Dana Desa Silpa (DDS). (Im)

Related

Headline 3679771752550768038

Posting Komentar

emo-but-icon

Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin SIK.MH.

Kapolres  Jember AKBP Arif Rachman Arifin  SIK.MH.
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Jatuhnya Pesawat Sriwijaya SJ - 182

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item