Cetak Relawan Tanggap Bencana Lewat Diklatsar 3 PMI Tanah Laut

Para Relawan Saat Mengikuti Diklatsar

MEMOPOS.com,Banjarmasin - Pasca Bencana Banjir di Kabupaten Tanah Laut, Markas PMI Kabupaten Tanah Laut provinsi kalimantan selatan melakukan rekrutmen relawan  melalui proses diklatsar angkatan ke 3 untuk digembleng dan siap diterjunkan di lokasi bencana, pendidikan dan pelatihan dasar angkatan 3 diikuti sebanyak 15 relawan yang bertahan dari 50 pendaftar. 


Diklatsar ini merupakan langkah kesiapsiagaan PMI Tanah Laut dalam merespon segala potensi bencana alam serta melatih evakuasi secara mandiri pada lingkungan sejak dini. 


"Acara digelar pada hari sabtu  dan minggu selama bulan Februari dan Maret 2021 sesuai kesepakatan seluruh peserta," Ungkap Ahmad Zahid Kepala Markas PMI Tanah Laut. 


Menurut Zahid, kesiapsiagaan terhadap bencana alam, khususnya potensi banjir dan tanah longsor harus ditanamkan kepada seluruh lapisan masyarakat sejak dini. 


“Seharusnya semua lapisan masyarakat Tanah Laut sudah harus dilatih untuk siap siaga terhadap bencana, khususnya menghadapi bencana banjir dan tanah longsor yang sewaktu-waktu bisa terjadi,” terangnya.


Ahmad Zahid berharap, pemerintah Kabupaten membuat program berkelanjutan berupa pelatihan kesiapsiagaan bencana dan PMI bisa bersinergi mendukung program pemerintah tersebut. 


“Diklat Dasar Korps Sukarelawan Markas PMI Kabupaten Tanah Laut yang diikuti dari berbagai pemuda, mahasiswa hingga ibu rumah tangga merupakan salah satu bentuk dukungan PMI untuk ikut menyiapkan masyarakat lebih tanggap bencana alam,” terangnya.


Relawan yang dilatih dan digembleng sesuai kurikulum PMI 120 Jam ini dipersiapkan untuk diterjunkan dalam kegiatan tanggap darurat bencana yang kemungkinan bisa terjadi diberbagai wilayah di kalimantan selatan.(Maskur)

Related

Sosial Budaya 1602869643980749699

Posting Komentar

emo-but-icon

Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin SIK.MH.

Kapolres  Jember AKBP Arif Rachman Arifin  SIK.MH.
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Jatuhnya Pesawat Sriwijaya SJ - 182

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item