Abu Vulkanik Gunung Raung Tutup Ribuan Hektare Tanaman Petani

Kondisi Gunung Raung Terus Mengeluarkan Asap Tebal

MEMOPOS.com,Banyuwang- Meningkatnya aktivitas vulkanik hingga menyemburkan abu vulkanik setinggi dua ribu meter menimbulkan hujan abu disebagian besar wilayah kecamatan di Banyuwangi, Jawa Timur.


Dampak hujan abu vulkanik mulai dirasakan oleh para petani, ribuan hektare tanaman produktif warga terpapar abu vulkanik Raung. Sebagian besar warga mulai memanen lebih awal untuk mengurangi angka kerugian.


Sejumlah petani mengaku, tamanan yang baru berusia beberapa minggu mati karena terpapar abu vulkanik raung. Bahkan ada pula yang terpaksa memanen lebih awal untuk mengurangi angka kerugian akibat paparan abu Raung.


Rata–rata tanaman yang terdampak adalah tanaman palawija seperti cabe, tomat dan sayur sayuran, tak terkecuali ribuan hektar tamanan padi juga terdampak abu vulkanik raung.


Seperti yang dialami oleh Wahono, petani kubis di kawasan Desa Licin, Kecamatan Licin, Banyuwangi, Jawa Timur. Tiga hektare tanaman kubisnya terpapar abu vulkanik raung.


"Paparan abu Raung yang memutupi daun dan kelopak kubis yang baru berusia satu bulan, saya khawatir," ujarnya, Kamis (11/2/2021).


Sementara Kepala Dinas Pertanian Kehutanan dan Holtikultura Banyuwangi, Arif Setiawan membenarkan hujan abu yang telah mengguyur sebagian besar wilayah banyuwangi mengakibatkan ribuan hektare tanaman warga terdampak abu vulnik Raung.


Terdata lebih dari tiga puluh ribu hektare tanaman produktif warga telah terdampak paparan abu vulkanik Raung," pungkasnya. (Im)

Related

Headline 4512904043832643965

Posting Komentar

emo-but-icon

Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin SIK.MH.

Kapolres  Jember AKBP Arif Rachman Arifin  SIK.MH.
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Jatuhnya Pesawat Sriwijaya SJ - 182

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item