Retribusi Pajak Tempat Rekreasi Dan Olahraga Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Ngawi


Oleh : ULFA MAISAROH (182020100055)

Jurusan Administrasi Publik

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

 

Retribusi tempat rekreasi dan olahraga merupakan salah satu sumber penerimaan pajak daerah dari pendapatan asli daerah. Pendapatan Asli Daerah (PAD) merupakan sumber pendapatan pajak dari salah satu daerah yang dinilai sebagai kekayaan dari daerah itu sendiri seperti pajak daerah, retribusi daerah yang sudah diolah oleh pemerintah daerah tersebut. Retribusi tempat rekreasi dan olahraga memiliki tingkat pendapatan yang cukup baik untuk pemerintah daerah dilihat dari beberapa objek retribusi yang ada dikelola oleh lembaga/badan tertentu Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga 

(DISPARPORA) Kabupaten Ngawi. Ada lima variabel tempat yaitu retribusi kolam renang (tawun), retribusi lapangan tenis, retribusi lapangan merdeka, retribusi kios PK-5 alun-alun dan retribusi kios stadion ketonggo terhadap pendapatan asli daerah Kabupaten Ngawi tahun 2014-2017. Tingkat efektivitas pada tahun 2014-2017 secara keseluruhan dari lima variabel berada pada kriteria efektif yang menunjukkan perolehan secara fluktuatif. Sedangkan tingkat kontribusi pada tahun 2014 sampai dengan 2017 secara keseluruhan dari ke lima variabel menunjukkan kontribusi yang sangat kurang berkontribusi terhadap pendapatan asli daerah Kabupaten Ngawi.

1.Kolam Renang Tawun

Kolam renang tawun merupakan salah satu objek wisata yang dimiliki Kabupaten Ngawi dengan revitalisasi tempat dan penataan ruang yang baik dapat memberikan rasa kenyamanan dan daya tarik para pengunjung. Pemerintah memfasilitasi tempat rekreasi guna untuk memenuhi sasaran target penerimaan pendapatan retribusi tempat rekreasi dan olahraga.


2.Lapangan Tenis

Lapangan tenis merupakan tempat olahraga yang telah difasilitasi dan diberikan oleh pemerintah daerah dengan tujuan untuk memenuhi rendahnya tingkat kontribusi dari ke lima variabel tersebut dikarenakan dalam pengelolaan dan pengembangannya yang sangat lambat, sehingga berdampak besar terhadap penerimaan retribusi. Hal ini menunjukkan bahwa retribusi tempat rekreasi dan olahraga kalah dalam hal penerimaan pajak dan retribusi yang lain. kebutuhan para olahragawan khususnya pada olahraga cabang tenis. Pendapatan yang diperoleh dari lapangan tenis memberikan pemasukan terhadap penerimaan pendapatan retribusi tempat rekreasi dan olahraga kabupaten Ngawi.


3. Lapangan Merdeka

Lapangan merdeka merupakan salah satu fasilitas tempat yang diberikan oleh pemerintah daerah guna sebagai tempat penyelenggaran berbagai macam acara. Pendapatan yang diterima pemerintah berupa retribusi yang masuk dalam penerimaan pendapatan dari retribusi tempat rekreasi dan olahraga.


4. Kios PK-5 Alun-Alun

Kios pegadang kaki lima alun-alun merupakan fasilitas tempat kios tersedia yang diberikan oleh pemerintah daerah sebagai pemenuhan kebutuhan masyarakat yang membutuhkan penyewaan kios untuk berjualan dan berlokasi di area lapangan merdeka.


5. Kios Stadion Ketonggo

Kios stadion ketonggo merupakan fasilitas tempat kios yang telah disediakan oleh pemerintah daerah sebagai pemenuhan kebutuhan masyarakat yang membutuhkan penyewaan kios untuk berjualan dan berlokasi di area luar stadion ketonggo.


Walaupun tingkat efektivitas berada pada kriteria sangat efektif, retribusi tempat rekreasi dan olahraga tidak dapat dijadikan sumber dalam PAD karena kontribusinya masih sangat rendah.Pemerintah daerah Kabupaten Ngawi lebih berkonsentrasi atau lebih fokus untuk meningkatkan realisasi penerimaan dari retribusi tempat rekreasi dan olahraga agar realisasi yang diterima dari retribusi tersebut bisa mencapai dan melebihi target yang telah ditentukan, serta kontribusinya perlu ditingkatkan.

Related

Opini 6817190763231773026

Posting Komentar

emo-but-icon

Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin SIK.MH.

Kapolres  Jember AKBP Arif Rachman Arifin  SIK.MH.
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Jatuhnya Pesawat Sriwijaya SJ - 182

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Ciptakan Pilkada Jember Aman Dan Damai

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item