Analisis Pengaruh Pengelolaan Pajak Parkir Melalui E - Parking Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah PAD Kota Surabaya


Penulis Oleh : 

Jihan Andita Firdausi 

(182020100011)

PRODI ADMINISTRASI PUBLIK

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO

     Dalam memenuhi pembiayaan, pembangunan dan penyelenggaraan pemerintah  didaerah, dapat dilihat dari perolehan hasil penerimaan suatu daerah atau dari luar daerah. 

     Dalam meningkatkan PAD adalah meningkatkan pendapatan dari hasil daerah, hasil retribusi daerah, hasil perusahaan milik daerah dan pengelolaan kekayaan daerah. Berdasarkan UU RI No 28 Tahun 2007, “pajak merupakan kontribusi wajib kepada Negara yang teruntang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan UU dengan tidak mendapatkan balas jasa atau imbalan secara langsung dan untuk keperluan Negara”. 

     Berdasarkan penelituan yang telah dilakukan oleh Artamalia, yang dapat dilihat bahwa penerapan teknologi E-parking di kawasan Kota Surabaya sangan efektif sekali, apalagi dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat setempat dalam hal juru parkir san pemerintah, sebab keefesiensi ini mengenai SDM, Sumber Daya Finansial dan Sumber Daya Waktu pula. 

     Penerapan yang telah di terapkan oleh pemerintah Suraba ini menambah PAD Kota Surabaya sendiri, dan membuktikan bahwa responsibility pemerintah Surabaya dalam menjalankan sebuah program E-parking sangat sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Salah satunya yaitu teknologi E-parking yang berada di Surabaya, yaitu teknologi Parkir-Q.

     Meski banyak kelebihan dari penerapan ini, ternyata banyak juga kendala yaitu kendala  akan hal lahan parkir yang telah terjadi di berbagai kota di Indonesia. Salah satunya Kota Pahlawan ini, yang mengalami kemacetan yang menyerupai dengan Ibu Kota, disebabkan oleh jumlah kendaraan yang berigu meningkat disertai dengan lahan parkir yang tidak resmi. Maka dari itu Kota Surabaya menerapkan aplikasi ini untuk mempermudah mengatasi berbagai permasalahan lahan parkir yang strategis.

     Dalam pajak parkir memiliki pendapatan yang sangat banyak di kawasan Kota Surabaya, hal tersebut menimbang Kota Surabaya adalah kota Metropolitan dengan kondisi jalan raya yang ramai dan bahkan dikelilingi oleh banyaknya gedung yang bertingkat, dimana akan membutukan lahan parkir yang memadai. 

   Untuk memaksimalkan dan meningkatkan PAD yang diperlukan pengelolaan pajak parkir secara profesional dan tranparan. 

   Dalam hasil pengujian menunjukkan bahwa pajak E-parking berpengaruh besar terhadap PAD dengan nilai yang signifikansi sebesar 0,000. Jadi, Pendapatan Asli Daerah dipengaruhi oleh pajak E-parking. Sedangkan jika dilihat dari nilai koefisien determinasi R squre sebesar 0,599 menunjukkan bahwa pajak E-parking mempunyai pengaruh terhadap 

    Pendapan Asli Daerah (PAD) sebesar 59,9% dan sisanya 40,1% dipengaruhi oleh variabel lain. 

Jadi dapat disimpulkan bahwa pengaruh pada pajak E-parking terhadap PAD Kota 

Surabaya pada tahun 2017-2020 yaitu bagian besar pemasukan anggaran PAD Kota Surabaya 

dipengaruhi oleh pajak E-parking itu sendiri yang memiliki fungsi untuk memudahkan 

masyarakat dalam penggunaan sebuah media parkir dan penghematan waktu maupun biaya. 

Pada garis besarnya bahwa ada pengaruh pajak E-parking dalam meningkatkan PAD Kota Surabaya.

Related

Opini 7186616447686283989

Posting Komentar

emo-but-icon

Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin SIK.MH.

Kapolres  Jember AKBP Arif Rachman Arifin  SIK.MH.
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Jatuhnya Pesawat Sriwijaya SJ - 182

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item