Tradisi Jalan Tapa Bisu ,Bupati Serahkan Pusaka Kiyai Keris Bisma Kepada Setda Blora

  Bupati Blora Saat Serahkan Benda Pusaka 

MEMOPOS.com,Blora - Kirab pusaka Kab Blora dilaksanakan tepat dini hari dengan penuh khidmat. Agenda yang diselenggarakan Pemkab Blora ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Blora ke-271.

Kirab pusaka berlangsung dari dan kembali (temu gelang) ke pendopo rumah dinas bupati Blora setelah menempuh perjalanan keliling kota dengan tidak bersuara (laku tapa bisu), Rabu (2/12/2020) malam dini hari.

Sambil menanti tepat pukul 00.00 WIB malam tradisi yang digelar setiap menjelang peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora itu dihibur dengan alunan gending yang diiring dengan gamelan Jawa oleh kompok seniman cokekan Among Raos.

Kemudian ketika waktu sudah menunjukkan sebagaiama yang telah direncanakan, prosesi ritual dilaksanakan dengan diiringi lantuan tembang Jawa.

Kemudian dilakukan penyerahan keris pusaka Kyai Bisma oleh Bupati Djoko Nugroho kepada Sekda Blora Komang Gede Irawadi, SE, MSi selaku yang membawa pusaka.

Sebelum berangkat disampaikan doa terlebih dahulu oleh petugas dengan memohon kepada Tuhan agar dalam perjalanan selamat dan masyarakat kabupaten Blora semuanya diberikan kesehatan. 

Selanjutnya Bupati Blora Djoko Nugroho penuh khidmat mengikuti acara dari awal hingga akhir.  

“Sejarahnya intisari dari pelaksanan Hari Jadi Kabupaten Blora ada dua, yaitu ziarah ke makam-makam Bupati kita dan yang satunya adalah yang kita laksanakan hari ini, yaitu kirab pusaka,” kata Bupati Blora dalam sambutan setelah mengikuti kirab pusaka.(ardy)

Related

Headline 6363137947465481575

Posting Komentar

emo-but-icon

Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin SIK.MH.

Kapolres  Jember AKBP Arif Rachman Arifin  SIK.MH.
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Jatuhnya Pesawat Sriwijaya SJ - 182

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Ciptakan Pilkada Jember Aman Dan Damai

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item