Jelang Hari Jadi Kabupaten Blora Ke - 271 ,Sejumlah Benda Pusaka Di Jamas

  Pusaka Pusaka Saat Di Jamas

MEMOPOS.com,Blora - Sejumlah benda pusaka Kabupaten Blora dicuci atau dijamas menjelang peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora ke-271. Jamasan pusaka dilaksanakan di area lapangan tenis sebelah rumah dinas Bupati Blora, Selasa (1/12/2020).

Kepala Dinas Kepemudaan Olah Raga Kebudayaan Priwisata (Dinporabudpar) Slamet Pamudji, SH, M.Hum melalui Kepala Bidang Kebudayaan Dinporabudpar Solichan Mochtar, SH, AP mengemukakan agenda jamasan pusaka ini sebagai bentuk pelestarian seni budaya yang ada di kabupaten Blora.

Prosesi jamasan pusaka, menurut dia, sama seperti di tahun sebelumnya. Hanya saja yang membedakan kali ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan dan sederhana sebagai rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora ke-271. Prosesi jamasan kali ini diserahkan kepada Yayasan Mahameru.  

“Jamasan pusaka sudah menjadi tradisi setiap tahun sebagai bentuk penghormatan terhadap benda-benda pusaka peninggalan leluhur yang secara administrasi milik pemkab Blora agar tetap terawat dan terjaga keasliannya. Meski di tengah pendemi, tetap eksis dilaksanakan,” terangnya.

Sebelum penjamasan dilsaksanakan terlebih dulu diawali dengan doa bersama memohon keselamatan kepada Tuhan. Selain itu ada nasi tumpeng dan beberapa kue dan makanan tradisional serta sesaji lainnya.

Lebih kurang sembilan jenis pusaka yang dijamas, di antaranya keris dan tombak.

Ketua Yayasan Mahameru Gatot Pranoto menyampaikan jamasan ini merupakan bentuk perawatan rutin setiap tahun pada pusaka peninggalan yang secara adminitrasi milik Kabupaten Blora agar tidak terjadi oksidasi.

“Jadi ini perawatan rutin setiap tahun. Dari sisi teknis itu perawatan logam agar tidak terjadi oksidasi,” jelasnya.

Jadi, kata dia, tidak usah dimaknai yang bukan tidak-tidak, tetapi bagaimana prinsipnya berdasarkan referensi masa lalu dilaksanakan aktivitas ini.

“Sebagaimana data yang pernah kita dapatkan, kita melaksanakan aktivitas ini. Saya sepakat dengan Kabid Kebudayaan Dinporabudpar bahwa aktivitas budaya ini terus dilaksanakan. Melestarikan dan menyelamatkan peninggalan cagar budaya yang pernah ada,” ungkap Gatot Pranono.

Terkait dengan keris pusaka Kyai Bisma, menurut Gatot Pranoto, secara normatif itu yang dipakai sebagai inventaris kabupaten Blora yang merupakan kekancingan kepada Bupati Blora yang menjabat pertama kali atas berdirinya kabupaten Blora.

Prosesi jamasan diperlukan warangan yakni sejenis bahan kimia yang terdapat di toko bahan kimia.

“Warangan berguna membersihkan permukaan besi tosan aji (pusaka), sekaligus untuk lebih mempertajam pamor benda pusaka itu sendiri,” jelasnya.

Sesudah dipoles dengan warangan, guratan estetis batu meteor atau pamor dan inti baja pada benda pusaka (khususnya mata tombak dan keris) akan menjadi tampak jelas dan terlihat kontras hingga mudah dibaca dan dipahami apa arti pamor benda pusaka tersebut.

Beberapa piranti jamasan pusaka yang diperlukan yaitu kembang (bunga) setaman terdiri dari 5 macam bunga antara lain bunga mawar merah, melati, kanthil, mawar putih, kenanga.

Kemudian pewangi (minyak wangi) dengan bahan dasar bunga melati atau kayu cendana, jeruk nipis, atau belimbing wuluh, nampan atau baki, menyan(kemenyan) atau dupa (ratus), kelapa, kain mori sekitar 1-2 meter dan tikar serta sikat gigi yang baru. Setelah dijamas kemudian dijemur hingga beberapa waktu.

Sementara itu, Bupati Blora Djoko Nugroho bersama unsur Forkopimda dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pada hari yang sama melaksanakan ziarah dan tabur bunga ke sejumlah makam bupati Blora terdahalu dan lelehur yang ada di wilayah kabupaten Blora.

Yakni ziarah di komplek makam gedong Tirtonatan Desa Ngadipurwo, makam Sunan Pojok dan makam almarhum Bupati Blora Ir. Basuki Widodo serta keluarga di Cepu.  

Selanjutnya, berdasarkan agenda kegiatan, pada Selasa (1/12/2020) pukul 00.00 WIB dilaksanakan Kirab Pusaka (Temu Gelang).

Rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora ke-271 dilaksanakan secara sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan. Hari Jadi Kabupaten Blora diperingati setiap 11 Desember.pungkasnya.(ardy)

Related

Headline 6178189364220976541

Posting Komentar

emo-but-icon

Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin SIK.MH.

Kapolres  Jember AKBP Arif Rachman Arifin  SIK.MH.
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Jatuhnya Pesawat Sriwijaya SJ - 182

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item