Desa Pengkoljagong Dimeriahkan Dengan Festival Bambangan Cakil ,Peserta Dari Berbagai Daerah

Desa Pengkoljagong  Adakan Festival

MEMOPOS.com,Blora - Setelah berbagai festival yang telah di selenggarakan  Mural Festival 2020 pada akhir Agustus lalu, Desa Pengkoljagong, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora kembali menggelar event bertaraf nasional.

Festival Bambangan Cakil 2020. Festival yang akan diikuti oleh penari dari berbagai daerah di Indonesia tersebut, bakal digelar di Pendopo Balai Desa setempat selama 12 hari mulai 20-31 Desember 2020 mendatang.

“Digelarnya Festival Bambangan Cakil ini, sebagai salah satu wadah untuk menjaga dan melestarikan budaya serta untuk mengenalkan kembali seni tari Bambangan Cakil ke masyarakat terutama generasi muda,” kata Ketua panitia Festival Bambangan Cakil 2020, Ninda A Wiguna saat dihubungi blora-ekspres.com melalui sambungan seluler, Jum’at (18/12/2020).

Ninda mengaku, ini sangat penting, karena budaya yang berasal dari Jawa Tengah ini hampir punah di kalangan generasi muda.

Festival ini, lanjut Ninda, akan diikuti oleh 150 peserta dari 30 tim.yang berasal dari dari berbagai daerah di Indonesia.

Para peserta nantinya akan menampilkan koreografi yang akan disiarkan langsung streaming melalui channel Youtube Pengkoljagong Sapta Pesona selama acara berlangsung.

Ninda juga mengaku, untuk memperlancar siaran langsung saat acara nanti telah melakukan uji coba penyiaran.

Selama terselenggaranya Festival Bambangan Cakil 2020 ini, Pemerintah Desa Pengkoljagong mengaku tak akan main-main dengan terselenggaranya festival yang digelar di tengah situasi pandemi covid-19 ini.

Panitia melakukan uji coba siaran langsung,Kepala Desa (Kades) Pengkoljagong, Sugiyono telah memastikan festival ini tetap berlangsung meski di tengah situasi pandemi-19.

“Panitia telah merumuskan format acara dengan tetap menaati protocol kesehatan sesuai standar protokol kesehatan (prokes) yang ditetapkan pemerintah,” ujar Sugiyono.

Sugiyono mengaku, tak akan kompromi terkait pencegahan covid-19.

“Ada beberapa hal yang harus kita lakukan. Kita optimalkan di pembatasan kerumunan dengan sistem pemberlakuan tiket masuk,” terang Sugiyono.

Pihaknya juga mengaku, telah melakukan komunikasi dengan Dinas Kesehatan untuk ketersediaan tenaga kesehatan dan sejumlah alat kesehatan selama acara berlangsung. Termasuk penambahan masker.

Perlu diketahui, Festival Bambangan Cakil 2020 ini terselenggara atas kerjasama antara Pemdes Pengkoljagong dengan Karang Taruna desa setempat.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Blora, Achlif Nugroho Widi Utomo menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya agenda seni tersebut.

“Kami atas nama Karang Taruna Kabupaten Blora menyampaikan apresiasi atas acara ini. Selain sebagai wujud uri-uri budaya, even ini juga merupakan media branding menuju destinasi paket desa wisata di Blora Selatan,” harapnya.(ardy)

Related

Sosial Budaya 5510636278422893864

Posting Komentar

emo-but-icon

Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin SIK.MH.

Kapolres  Jember AKBP Arif Rachman Arifin  SIK.MH.
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Jatuhnya Pesawat Sriwijaya SJ - 182

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Ciptakan Pilkada Jember Aman Dan Damai

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item