Arum Sabil, Pramuka Berkemajuan

Oleh : Rully Efendi

Mengenal Pramuka sejak pelajar. Mencintai Pramuka, tak pernah surut di jiwanya. Bahkan di beberapa momen, berseragam Pramuka menjadi kebanggannya.


Haji Muhammad Arum Sabil. Selain praktisi dan aktivis pertanian dan perkebunan, dia dikenal sebagai Ketua Saka Taruna Bumi Kwarcab Jember. Tak pernah surut semangatnya ber-Pramuka. Sampai  terpilih menjadi Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur, masa bakti 2020-2025 hasil Musda di Batu, 16 Desember 2020.


*Loyalitas, Totalitas, Pramuka Arum Sabil*


Pemilik lencana penghargaan Panca Warsa V yang diterimanya lima tahun lalu, menandakan bahwa Arum Sabil, sudah 30 tahunan berproses di Pramuka. Sebuah dedikasi panjang, untuk organisasi yang dicintainya.


Loyalitas lain yang ditunjukkan Arum Sabil, dengan menjadikan area perkebunan yang merupakan laboratorium ketahanan pangan di Jember dan Banyuwangi, sebagai tempat berkegiatan Pramuka yang sangat representatif. Sebuah bumi perkemahan yang berkarakter pertanian, perkebunan dan peternakan, serta lingkungan hidup.


Ya begitulah Arum Sabil. Tegas menjadikan Pramuka bagian dari hidupnya. Memperjuangkan masa depan lingkungan dan ketahanan pangan, melalui instrumen perjuangan yang disebutnya Gerakan Pramuka.


Layak akhirnya, saat dia hadir layaknya tamu khusus, saat launching East Java Green Scout Innovation Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Jatim, di halaman Hotel Singgasana Surabaya, Selasa15 November 2020. Bahkan sejumlah media menyoroti keakraban Arum Sabil dengan Gus Ipul serta Gubernur Khofifah Indar Parawansa.


*Menjawab Tantangan 30 Tahun ke Depan*


Arum Sabil, begitu detail saat bermain data. Bahkan bisa disebut di luar kepala, ketika memaparkan data di atas podium. Kehebatan orasinya, menyempurnakan setiap diksi menjadi motivasi.


Dia mengurai tentang tantangan bangsa di 30 tahun mendatang. Di mana setiap belahan dunia, terancam krisis energi dan pangan. Sebab versi data yang dikutip Arum Sabil, tahun 2050, diperkirakan jumlah populasi penduduk bumi menembus angka10 miliar orang.


Dia pun mengungkapkan, hari ini jumlah manusia sudah ada di angka sekitar 7 miliar jiwa. Sementara luas permukaan bumi kurang lebih sekitar 510.072.000 kilo meter persegi. Dengan luas daratan sekitar 148.940.000 kilo meter persegi atau setara 29,2 persen dari total luas permukaan bumi. 


Tantangan itu perlu ditranformasi dengan berbagai program unggulan Pramuka yang dipimpinnya, dengan mendorong produktivitas pangan terbaru dan energi alternatif terbarukan. 


Namun ada keyakinan, Pramuka Jatim bisa menaklukan tantangan zaman. Sebab Arum Sabil, sudah sejak lama konsen melakukan berbagai kajian serta eksperimen menghasilkan energi terbarukan ramah lingkungan. 


*Mimpi Pramuka Kekinian*


Minat ber-Pramuka semakin hari tambah menurun. Tak dipungkiri, penyebabnya arus modernisasi di kalangan anak dan remaja. Mereka lebih asik bermain gadget dan produk digital lainnya.


Padahal Pramuka memiliki sejuta manfaat. Seperti yang disampaikan Gubernur Khofifah di Musda Pramuka Jatim 2020, yang meyebut Pramuka mesin pencetak character building (pembentukan karakter) anak bangsa. Tentu jurus itu menjadi penting, untuk mengendalikan era kekinian.


Penulis yakin, Arum Sabil mampu mengkalaborasikan Pramuka digitalisasi. Berbagai terobosan kekinian, bakal membalikkan keadaan, menjadikan Pramuka kembali diminati.


Sederhana bagi Arum Sabil yang melek digitalisasi. Membuat animasi booming kekinian, dengan pemeran para tokoh Pramuka. Kemudian, diselipkan berbagai pesan yang terkandung dalam Dwi Darma maupun Dasa Darma Pramuka.


Arum Sabil juga tak akan keberatan, jika memainkan penjelajahan Pramuka, dibuat semacam game ketangkasan online semacam mobile legends yang sedang booming. Sebab dengan cara pendekatan digitalisasi, Pramuka akan kembali memenangkan tren kekinian.


Terlebih di masa pandemi Covid-19. Mengisi kevakuman di tengah bahayanya berkegiatan dengan kerumunan, bakal menjadi solusi alternatif Pramuka tetap eksis di masa pandemi. Semua akan terjawab dengan kemampuan mumpuni leadership Sang Arum Sabil.


Jaya Pramuka :  Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan. (*)

Related

Opini 3506551853391610666

Posting Komentar

emo-but-icon

Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin SIK.MH.

Kapolres  Jember AKBP Arif Rachman Arifin  SIK.MH.
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Jatuhnya Pesawat Sriwijaya SJ - 182

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Ciptakan Pilkada Jember Aman Dan Damai

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item