Tiga Desa Di Ngawen Gelar MusrenbangDes Untuk Prioritaskan Program Pembangunan Berkelanjutan

Tiga Desa Di Ngawen Saat Ikuti Musrenbangdes

MEMOPOS.com,Blora - - Pemerintah Kecamatan Ngawen Kab Blora melaksanakan kegiatan MusrenbangDes di Tiga Desa di wilayah Ngawen diantaranya Desa Karangtengah,Desa Kendayaan dan Desa Plumbon.Kegiatan MusrenbangDes tersebut, dilaksanakan sesuai  jadwal yang di sepakati oleh Tim Kecamatan Ngawen pertama di Pendopo Desa Karangtengah, dalam pelaksanaaan pembahasan RKPDes tahun 2021 Dan RKPD Kabupaten Blora tahun 2022.

Dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan, mengundang berbagai komponen dan Kelompok Masyarakat Desa dan, ketua BPD, Pendamping Desa, Bidan Desa,LKMD, Babinsa ,Babinkamtibmas,  Ketua BumDes, Ketua RT , dan Tokoh masyarakat. Turut hadir Camat Ngawen Minar Ami bin Sarno, S.sos, MM,  beserta jajarannya. Sekitar 50 orang yang hadir dan tetap mengikuti aturan covid 19

Camat Minar menyampaikan beberapa hal,  Dimana beliau menekankan pelaksanaan MurenbangDes hari ini diharapkan bisa menentukan atau mengusulkan apa yang menjadi usulan sekala Prioritas pembangunan, memilih dan menetapkan delegasi Desa untuk mengikuti Musrenbang Kecamatan Tahun 2021.          

“Kami minta untuk mengemas kegiatan MusrenbangDes ini untuk lebih bermanfaat, mengedepankan Sekala Prioritas Pembangunan secara demokrasi, menyepakati RKPDes 2021 usulan Perioritas sekala Desa, membuat data usulan yang nantinya diusulkan di MusrenbangCam tahun 2021 kita maksimalkan sarana dan prasarana"karena kita tidak tahu di tahun 2021 untuk penangan covid-19 sudah selesai atau belum, iya mudah-mudahan virus pandemi segera hilang, dan tetapi jangan di remehkan penyebaran covid-19 ini tetap jaga kesehatan, itinya M3 kata Minar.

Sementara itu Kepala Desa Karangtengah Didik Hariyanto dalam penjelasanya menyampaikan "Terkait dana anggaran terbatas dan kebutuhan semakin meningkat,hal ini juga akan mempengaruhi segala sektor, dan hal ini mohon di mengerti dan dipahami oleh semua undangan dari semua perwakilan khususnya pemuda karang taruna yang tahun ini tidak terealisasi karena dari anggaranya semua difokuskan kepenangan covid-19. Melalui proses MusrenbagDes ini harus ada skala prioritas tindaklanjutan menurut saya untuk program yang di ajukan karang taruna saya persilahkan untuk kebutuhan pemberdayaan karangtaruna, semoga tahun depan bisa terealisasi semuanya.

Karena  anggaran Dana Desa(DD) di Karang Tengah tahun ini menurun hampir 27 juta daripada tahun kemarin.

Adapun  dalam MusrenbangDes untuk melanjutkan "rencana kegiatan di tahun 2021 dan yang akan menjadi prioritas, serta evaluasi kegiatan di Tahun 2020 yang sudah dan belum terlaksana ,karena progam tahun 2020 diprioritaskan untuk penanganan covid, sehingga usulan-usulan yang  nanti akan dilaksakan lanjutan yang belum terealisasi, karena pencegahan pengendalian penanganan covid. Sehingga untuk  pembangunan talut dan drainase di Dukuhan Karangtengah dan Banyurip"bisa diproritaskan dulu.jelasnya.

Sementara Camat Ngawen Minar, yang diwakili Sekcam Aris Rusnono Hadi menyampiakan "untuk pengawasan Dana Desa lebih ketat mulai dari Kecamatan,Pendamping,BPD, dan masyarakat untuk itu diberikan keterbukaan informasi publik atau pasang benner infografisnya," jelasnya.

Dilanjutkan MusrenbangDes Kendayaan bertempat Pendopo Desa Kendayaan,  Kepala Desa Kendayaan Siti Indang Kuswanti,menyampaikan dari hasil usulan-usulan yang dipriotaskan " mulai untuk progam  JUT jalan usaha tani, penanggulangan bencana , pemberdayaan karang taruna dan PKK,Maddin,Gedung Serba Guna,Perumahan Bidan Desa penambahan kanovi, dan terkait dari anggaran Dana Desa di tahun depan mengalami penurunan dan ini yang harus dipahami bersama sekaligus  perlu di perhatikan untuk efisiensi skala prioritas, semoga dalam hasil musyawarah bersama apa yang telah di usulkan bisa terealisasi semuanya.jelas Kades Kendayaan.

Menambahkan Bidan Desa Kendayaan Kustika di sela- sela kegiatan Musrenbangdes ,saat ditanyai terkait angka stunting di Blora. ditemui wartawan, kustika menjelaskan terkait angka Stunting khususnya di Desa Kendayaan untuk biodatanya tinggal 5 orang, dengan  tingginya angka Stunting di Blora, program pemerintah mulai dari ibu hamil dan sampai kelahiran untuk banyinya harus ada penanganan khusus,  eksekusi mulai bayi lahir di beri obat sirup penumbuhan tiap hari berturut-turut sampai tiga bulan,sambil santai dengan gaya ramahnya.

Dan kegiatan selanjutnya "MusrenbangDes  ada 20 usulan yang disampaikan oleh perwakilan masyarakat yang dan tokoh, namun disini ada skala prioritas kegiatan yang tertunda akibat penyebaran covid 19, namun untuk progam kelanjutan pembangunan Rabat Beton dan Talut. Dari anggaran Dana desa tahun ini Desa Plumbon naik  sedikit, dengan kegiatan untuk antisipasi penyebaran covid 19.Sehingga untuk program berkelanjutan nanti  ada dana cadangan"untuk antisipasi perkembangan.

Kades Plumbon Suyono, berpesan kepada warga dengan adanya penyebaran virus pandemi ini, tetap berhati-hati jaga kesehatanya,".pungkasnya.red.(ardy)

Related

Pemerintahan 8865547119275561318

Posting Komentar

emo-but-icon

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik
Semoga Almarhum Di Terima Disisinya Dan Yang Ditinggalkan Diberi Ketabahan (Selamat Jalan Komandan Kami Keluarga Besar Memo Pos Jember Selalu Panjatkan Doa Untukmu)

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Ciptakan Pilkada Jember Aman Dan Damai

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item