Pemkab Blora Melaksanakan Upacara Hari Pahlawan Nasional

Upacara Dipimpin Langsung Bupati Blora

MEMOPOS.com - Pemkab Blora melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional tahun 2020 dengan  menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Jumlah peserta upacara dibatasi terdiri perwakilan Forkopimda, TNI, Polri, ASN, legiun veteran, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  mahasiswa dan pelajar.

Pelaksanaan upacara berlangsung khidmat dan lancar dipimpin Bupati Blora , H. Djoko Nugroho di halaman kantor Bupati, Selasa (10/11/2020).

Selain pengibaran bendera merah putih, rangkaian upacara peringatan Hari Pahlawan antara lain pembacaan teks Pancasila, Pembukaan UUD 1945 dan pesan-pesan pahlawan serta doa. 

Pada upacara itu, Bupati Blora membacakan sambutan Menteri Sosial RI Juliari P. Batubara.

"Kita dapat melaksanakan upacara mengibarkan bendera dan mengheningkan cipta secara serentak selama 60 detik untuk memperingati hari pahlawan 10 November 2020 dengan khidmat, meskipun di tengah masa pandemi Covid ini," kata Bupati Blora.

Tentunya dengan jumlah peserta yang terbatas dan disesuaikan dengan protokol kesehatan.

Hari pahlawan kiranya tidak hanya sekadar diingat pada setiap tanggal 10 November saja, namun lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah gugur mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan negara kesatuan republik Indonesia, perlu terus dikenang sepanjang masa oleh semua rakyat negara indonesia,  sebagaimana tentang tema hari pahlawan tahun 2020 yaitu ”Pahlawanku Sepanjang Masa“.

"Apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka," lanjutnya.

Kalau dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa, seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham- paham radikal, dan termasuk berjuang melawan pandemi Covid-19 yang saat ini melanda dunia.

Meskipun dalam masa pandemi Covid-19, peringatan hari pahlawan tahun 2020 diharapkan dapat berlangsung secara khidmat dan tidak kehilangan makna.

 Bahkan dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa.

Nilai-nilai kepahlawanan seperti percaya kepada Tuhan YME, rela berkorban, pantang menyerah, suka membantu, bergotong royong, perlu terus dirawat dan dipupuk agar dapat tumbuh bersemi di dalam hati sanubari setiap rakyat Indonesia

"Semangat kepahlawanan yang terus menyala, dapat dijadikan sebagai motor penggerak dalam upaya kita mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan cita-cita pendiri negeri ini," tandasnya.

Yakin,  setiap anak bangsa Indonesia tertanam semangat dan nilai-nilai kepahlawanan , maka kita akan dapat menyelesaikan berbagai masalah.

Mari tunjukkan kontribusi kita kepada bangsa dan negara dengan menjadi pahlawan masa kini yang memiliki empati untuk menolong sesama, saling menghargai dan menghormati satu sama lain.

"Pada kesempatan ini saya mengimbau kepada seluruh rakyat Indonesia untuk berpartisipasi memperingati Hari Pahlawan Tahun 2020 sebagai salah satu bentuk penghargaan atas jasa para pahlawan," ungkapnya.

Sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Sukarno yang menyatakan bahwa "hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawan dapat menjadi bangsa yang besar”.

Kita lanjutkan perjuangan para pahlawan dengan bersatu, bergotong royong mengisi kemerdekaan membangun negeri. Jangan sia-siakan perjuangan para pahlawan yang telah gugur rela mengorbankan jiwa dan raganya demi bumi pertiwi ini.

Kita buktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang tangguh, berdaya saing, penuh dengan daya kreasi yang tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

"Selamat Hari Pahlawan Tahun 2020, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, selalu senantiasa memberikan bimbingan dan kekuatan-Nya kepada bangsa Indonesia," tutupnya.

Bupati Blora selaku inspektur upacara mengapresiasi, dan telah melaksanakan peringatan Hari Pahlawan Nasional dengan tertib dan lancar.

Adapun mengikuti upacara  dari Polres Blora AKP Siswanto, Dan Komandan upacara AKP Isnaeni.

Adapun Pembacaan Teks Pancasila dan Pembacaan Pembukaan UUD 1945,  dari perwakilan Dinsos P3A Blora Sutrisno.

Berikutnya pembaca pesan-pesan Pahlawan, dibacakan oleh siswa SMAN 1 Blora yakni Ahmad Faisal Yusril Kisnaya dan Almas Andri Krisnita.

Kemudian petugas pengibar bendera merah putih, Dear Bharuna, Alfiana Fitria dan M.Busthomy.Ketiganya dari SMAN 1 Blora.

Sedangkan pembacaan doa, perwakilan dari Dinkes Blora Suparjan, Korsik dari gabungan Kodim 0721/ Blora , Yonif  Alugoro 410 dan jajaran dari Polres Blora.pungkasnya.(ardy)

Related

Headline 7807015649866320109

Posting Komentar

emo-but-icon

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik
Semoga Almarhum Di Terima Disisinya Dan Yang Ditinggalkan Diberi Ketabahan (Selamat Jalan Komandan Kami Keluarga Besar Memo Pos Jember Selalu Panjatkan Doa Untukmu)

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Ciptakan Pilkada Jember Aman Dan Damai

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item