Fasilitas Uji Kopetensi Kepada Para Pelaku Koprasi USP Dan KSPPS Sari"ah

Peedagangan Koprasi Dan UMKM Kabupaten Blora

MEMOPOS.com,Blora - Dinas  Perdagangan,Koprasi dan Umkm  Kab Blora  pada hari Selasa (10/11/2020) di tempat resto Mr Grenn. Memfasilitasi Uji Kopetensi atau menghadirkan para pelaku koprasi khususnya Manager koprasi mikro atau mitra mikro dan Kepala Cabang USP dan KSPPS Sari'ah.

Kepala Dinas Perdagangan,Koprasi dan Umkm  Kab Blora Sarmidi S.P.M.M.melalui Kabid Umkm dan Koprasi Edi Suprapto, mengatakan kepada awak media , Ini suatu hal yang luar biasa kita menghadirkan  atau menfasilitasi uji kopetensi kepada saudara-saudara kita dari para pelaku-pelaku manager koprasi atau kepala cabang.


Peserta yang hadir dari tindaklanjut yang beberapa hari kemarin dengan mengikuti  pelatihan,  sehingga kegiatan ini yang hadir sejumlah 47 orang, terdiri dari koprasi pola konfensional 28 peserta dan 19 peserta dari KPPS koprasi pola Sari'ah.  Dengan tujuan kegiatan Uji Kopentensi ini berdasarkan PP No 9 tahun 95 dan Permen 15 tahun 15,  suatu yang harus dimiliki para manager atau kepala cabang pengelola koprasi untuk merealisasi atau memenuhi persyaratan uji kopetensi. sehingga untuk  pengembangan bagi para pelaku koprasi itu sendiri bisa mampu atau punya basis- basis yang kuat  dalam pengelolaan.


 Sehingga dengan uji kopetensi ini suatu untuk peningkatan kapasitas potensi bagi pengelola USP atau kpps koprasi Sari'ah.


Dengan adanya para pelaku pengelola USP atau KPPS Sari'ah ini,  suatu penyedia modal atau pinjaman untuk pengembangan usaha, karena usaha mikro atau mitra mikro rata-rata kesulitan mengakses perbankan,  sehingga dengan bersinergi jadi anggota koprasi bisa mampu untuk pengembangan usahanya.

Menurut Edi Suprapto menyampaikan, dari jumlah koprasi yang ada di Blora perseptember 713 koprasi, dengan suku bunganya  kita  tidak bisa intervensi  karena itu suatu kelompok yang telah diputuskan atau di sepakati bersama.jelasnya

Kemudian dilanjutkan dari Manager  Sertifikasi  Uji Kopetensi  Lembaga profesi sertifikasi Jasa Keuangan Koprasi dari Jakarta, Wahyu  menyampaikan kepada awak media, terkait uji kopetensi ini dengan tujuan  pada skekma dimana koprasi pola konfensional dan koprasi pola Sari'ah dengan uji kopetensi ini untuk merealisasi memenuhi persyaratan berdasarkan Menteri Koprasi No 15 tahun 15  untuk KSP dan Menteri Koprasi Sari'ah No 11 tahun 2017.


Dimana materinya yang kita ujikan adalah ada 11 poin:

Pada poinya;


Dimulai dari:

1.Managemen Koprasi.

2.Pengendalian internal KSP.

3.Membuat perencanaan strategis.

4.Memberikan motivasi.

5.Mengamankan aset bagi koprasi.

6.Melakukan kontrak pinjaman.

7.Kemitraan bagi koprasi.

8.Negoisasi bagi koprasi.

9.Presentasi bagi koprasi

10.Pelayanan bagi koprasi.

11.Penyedia bagi koprasi.


Dalam materi uji kopetensi ini dimana mereka yang dilakukan sehari-hari diharapkan tidak merasa kesulitan, di dalam kegiatan uji kopetensi ini dari peserta yang tidak lulus bisa remedial atau melanjutkan ulang,"imbuhnya Wahyu.


Kemudian dari perwakilan peserta yang telah mengikuti uji kopetensi ini, Yesy Nilasari dari KSP Joyo Lestari Cepu dan Mei Shinta Eka Suswanti dari perwakilan KSP Sumber Rejeki, menyampaikan saya ikut di koprasi sudah lama hampir lima tahunan, ya ikut dikoprasi ada senangnya juga ada susahnya, kalau senanganya  lebih bersifat  kekeluargaan kalau susahnya kopentitip  kepada jasa keuanganya, bagaimana yang rasa mengikuti uji kopetensi ini?  Ya gimana, iya sulit lah tetapi saya Yakin lulus uji kopetensi ini untuk meningkatkan pengetahuanya,".kata Yesy.


Ditambahkan dari perwakilan KSP Sumber Rejeki,  Mei Shita Eka Suswanti, yang sudah ikut koprasi selama Delapan tahunanan, dengan tujuan mengikuti uji kopetensi ini, untuk menambahkan pengetahuan management dan tambah lebih profesional lagi harapanya, dan saya kan bagian pembukuan keuangan KSP, mudah-mudah bisa lulus uji kopetensi ini, saya yakin dan insyaallah,"ucap Mei,  pungkasnya.(ardy)

Related

Ekonomi Bisnis 6793546156076511933

Posting Komentar

emo-but-icon

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik
Semoga Almarhum Di Terima Disisinya Dan Yang Ditinggalkan Diberi Ketabahan (Selamat Jalan Komandan Kami Keluarga Besar Memo Pos Jember Selalu Panjatkan Doa Untukmu)

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Ciptakan Pilkada Jember Aman Dan Damai

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item