Pemdes Desa Tamanrejo Motivasi Dukuh Setro Untuk Pembuatan Pakan Ternak Sapi Dari Bahan Murahan

  Produktifitas Pakan Ternak

MEMOPOS.com,Blora -  - Produktifitas bahan pakan ternak di awali pelatihan sehingga nanti bisa  dikembangkan, guna untuk meningkatkan kualitas hasil dari para peternak sapi itu sendiri.

Sekaligus untuk mendorong produktifitas peternak dalam  mewujudkan kesejahteraan masyarakat,dengan di dasari ketekunan demi menghasilkan kesuksesan.

Dengan Sistem Selase,  Fermentasi Tahun 2020". yang dikerjakan para peternak sapi mandiri.dilingkungan  rumah  Supardi.Dukuh Setro Desa Tamanrejo  Sabtu , (31/10/2020)

Dalam kegiatan tersebut,hadir Kepala Desa Tamanrejo Suratman,Perangkat desa Kepala dusun Setro Sukarmin, Babinsa Serka Diding korami 4 Tunjungan, Babinkamtibmas Polsek Tunjungan serta 30 orang para peternak sapi,karena situasi pandemi para perternak tetap mematuhi  protokoler kesehatan untuk antisipasi penyebaran covid 19.

Kepala Desa Tamanrejo Suratman, menyampaikan,  dari segala sektor untuk meningkatkan kualitas masyarakat yang sejahtera, Dengan sektor perternakan melalui teknologi yang canggih dan modern,bisa

untuk peningkatkan pemberdayaan,  pemanfaatan efisiensi dan efektifitas teknologi dengan cara pembuatan pakan ternak sapi.  Bersama perwakilan pertenak berupaya mengikuti study banding pelatihan di Koprasi Maju Bersama Desa Drokilo Kec Kedung Adem Kab Bojonegoro di bawah bimbingan H. Sabat dan Pardji selama 3 hari" ungkapnya.

Kata,Suratman  mengenai program pemerintah  terkait  bantuan,  saya kira sudah  maksimal,mulai dari pemerintahan desa sudah hampir merata kata dia, dan untuk membangkitkan rasa semangat yang harus di kembangkan demi kemakmuran warga biar bisa mandiri tentunya.

Dari  kepengurusanya kelompok tani sementara sudah kita bentuk nanti biar di kelola oleh Bumdes.Dari jumlah penduduk Desa Tamanrejo kurang lebihnya hampir 4000 an orang  dengan potensi 35 % merupakan peternak sapi, Ini yang harus juga ditingkatkan biar warga merasakan hasilnya dengan pegemukan sapi  milik pribadi,dan untuk kandangnya ya kata Suratman di kadang rumahnya masing-masing,intinya berjalan dulu.

Warga yang tergabung sangat menanggapi positif dan siap untuk mengembangkan dengan cara yang sederhana tapi bisa untuk penggemukan sapi.

Dan segala bentuk kegiatan dalam untuk meningkatkan kesejahteraan kelompok tani, sementara mulai dibentuk Kepengurusan:

Kelompok Tani Dukuh Setro.Desa Tamanrejo.Tunjungan Blora.


  LEMBU JAYA MAKMUR 


Ketua:


Sutik.

Wakil Ketua:

Sukarmin.


Sekertaris:

Suti.


Bendahara

Antock.

Kesehatan:

Dr Tri Yulia.


Saksi pakan ternak:

Supardi

Edi

Ngasipan 


Pemasaran:

Subiyanto.


Lingkungan hidup:

Kholis


Pelindung/Penanggung Jawab:


Suratman. 

Hal ini  di lakukan dengan tujuan untuk memotivasi Kelompok tani kedepanya.bisa berkembang demi meningkatkan  hasil ternak itu sendiri.

Dan ini baru pertama kali, dari 15 tahun yang lalu.

" Gapoktan saat itu menerima bantuan dari dinas pertanian  berupa mesin untuk pengolahan pupuk kompos.karena mesin itu belum terpakai masih baru, akhirnya saya punya tujuan mesin ini bisa dimanfaatkan.

Bersama 'Kelompok tani   mencoba untuk membuat pakan ternak sapi secara fermentasi,  ber anggotakan 30 orang, tujuan utama dalam pembentukan anggota ini,  demi pengembangan kolompok tani dengan cara mencari bahan pakan ternak yang dipandang sudah terbuang, padahal bahan tersebut bahan-bahan yang dipandang tidak bisa,tetapi dari berbagai pelatihan hasil study banding ternyata bahan hijauan bisa lebih manfaat untuk penggemukan  sapi juga bisa kambing  lebih efektip, dari bahan tersebut ditambah

Fermentasi. Pembuatan Selase adalah bahan pakan hijau yang diawetkan, adapun bahan bahannya  berasal dari  hijauan daun, contohnya,.  rumput,daun ketela, pohon jagung, tebon dan sejenisnya, dan itu ditambah campuran dedak / katul dan prebiotik EM4, dan ditambah obat ciaran tetes tebu, adapun teknis pembuatannya,  perbandingan dedak / katul 5 % dari jumlah pakan pokok  rumput hijauan. juga disediakan alat Foging kecil. Dalam semalam nyamuk yang dikandang pasti akan tuntas atau mati"

Kata," Sutik Spd.

Harapan Kades Tamanrejo Suratman,  dengan sosialisasi dan pelatihan pratek pembuatan pakan ternak dari bahan-bahan murahan,bisa memberi motivasi warga dukuh Setro,khususnya kelompok tani bisa bermanfaat.Kata Suratman.(ardy)

Related

Ekonomi Bisnis 5484460510200797632

Posting Komentar

emo-but-icon

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik
Semoga Almarhum Di Terima Disisinya Dan Yang Ditinggalkan Diberi Ketabahan (Selamat Jalan Komandan Kami Keluarga Besar Memo Pos Jember Selalu Panjatkan Doa Untukmu)

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Ciptakan Pilkada Jember Aman Dan Damai

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item