1.855 Kartu Tani Disalurkan Di Empat Desa

Bupati Jember Saat Menyampaikan Kartu Tani

MEMOPOS.com,Jember - Kepala Desa (Kades) Glundengan, Kecamatan Wuluhan, Heri Hariyanto mengatakan, para petani mendapatkan banyak keuntungan dengan memiliki Kartu Tani yang disalurkan oleh Bupati Jember, dr. Faida, MMR.

“Para pemilik kartu tani bisa mendapatkan pupuk bersubsidi dan juga untuk mengajukan kredit usaha rakyat  (KUR) pada bank BNI,” ujarnya.

Besarnya manfaat tersebut mendorong pihaknya untuk melakukan pendataan ulang petani di wilayahnya. Sebab, ternyata masih ada petani yang belum mendapatkan kartu tersebut.

“Di Desa Glundengan ini ada delapan kelompok tani,” ungkapnya saat acara penyerahan Kartu Tani oleh Bupati Faida, Kamis, 03 September 2020.

Kepada para petani yang belum memiliki kartu tersebut, Heri Hariyanto menyarankan untuk mendaftar melalui kelompok tani dan gabungan kelompok tani masing-masing.

“Dengan mendaftar tersebut, petani bisa mendapatkan kartu tani dari Pemerintah Kabupaten Jember,” harapnya.

Selain itu, ia berharap kartu tani bisa mendorong pertanian ke depan semakin maju. Petani mampu untuk bercocok tanam secara modern dengan menerapkan teknologi.

Ia juga berharap para petani bisa mandiri, tidak hanya mengandalkan pupuk kimia. Petani harus mampu membuat pupuk organik. “Sehingga para petani bisa mandiri dan sejahtera,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Faida melanjutkan penyaluran Kartu Tani. Kali ini penyaluran berlangsung di Kecamatan Wuluhan. Sebanyak 1.855 kartu diserahkan di empat desa.

Rinciannya, di Desa Glundengan membagikan 502 kartu, Desa Dukuh Dempok 474 kartu, Desa Tanjungrejo 611 kartu, dan Desa Kesilir 268 kartu.

Kepada petani dan warga, Bupati Faida kembali menegaskan pemerintahannya membantu petani dalam mendapatkan pupuk bersubsidi.

Sebagaimana diketahui, terjadi kekurangan stok pupuk  dari pemerintah pusat untuk petani Jember. Berdasar Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) Tani, kekurangan tersebut ditanggung oleh Pemkab Jember.

“Kekurangan pupuk ini secara nasional. Di Jember, saya pastikan kekurangan stok pupuk diatasi bersama-sama, dan stok yang ada saat ini akan segera didistribusikan,” tegas Bupati Faida.

Bupati menyebut, program bantuan subsidi pupuk dari Pemerintah Kabupaten Jember akan diberikan ketika e-RDKK telah tuntas. (ndik)

Related

Pemerintahan 6917828827011855690

Posting Komentar

emo-but-icon

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik
Semoga Almarhum Di Terima Disisinya Dan Yang Ditinggalkan Diberi Ketabahan (Selamat Jalan Komandan Kami Keluarga Besar Memo Pos Jember Selalu Panjatkan Doa Untukmu)

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Ciptakan Pilkada Jember Aman Dan Damai

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item