Komandan Puslatpurmar 7 Lampon Hadiri Upacara Petik Laut Di Lampon Banyuwangi

Komandan Puslatpurmar Saat Hadiri Petik Laut Di Lampon

MEMOPOS.com,Banyuwangi  ----  Komandan Puslatpurmar 7 Lampon Letkol Marinir Dodik Eko Siswanto yang diwakili Perwira Seksi Operasi (Pasi Ops) Mayor Marinir Suhartoyo beserta seluruh anggota, menghadiri upacara ritual petik laut yang diselenggarakan nelayan di kawasan pesisir Pantai Lampon Kecamatan Pesanggaran Kabupaten  Banyuwangi, Kamis (20/08/2020)

Upacara petik laut adalah tradisi rutin bagi masyarakat di pesisir Pantai Lampon yang digelar tiap tahun yang bertepatan dengan 1 (satu) Suro atau tahun baru Islam 1442 Hijriyah. Kegiatan ini adalah sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan YME yang telah memberikan rezeki kepada para nelayan atas hasil tangkapan laut yang menjadi mata pencahariannya

Masyarakat dan warga sekitarnya nampak memenuhi areal pantai Lampon. Sebagaimana perayaan upacara tradisi petik laut sejumlah sesaji yang dilarung nelayan diangkut dengan menggunakan miniatur perahu atau perahu kecil, sesaji yang berupa cemiti emas, kepala sapi serta sejumlah hasil bumi dan laut. Perahu kecil tersebut dibawa ke perahu besar dengan di iringi sholawat oleh warga, puluhan nelayan mengiringi proses pelepasan sesaji tersebut ke tengah laut.


Saat ditemui  di tengah maraknya petik laut, Pasiops  mengatakan; "Tradisi petik laut di pantai Lampon ini merupakan salah satu kearifan budaya lokal  yang harus dilestarikan dan dipertahankan agar tetap tumbuh dan berkembang di tengah masyarakat modern, dan yang terpenting dari semua event kegiatan ritual petik laut  ini adalah wujud simbol sinergitas kekompakan dan kebersamaan antara TNI- AL (Marinir), Pemerintah daerah dan masyarakat," tuturnya.

Ritual petik laut ini dimulai sejak satu hari sebelum pelaksanaan, didahului dengan bersih bersih pantai Lampon oleh masyarakat bersama anggota Puslatpurmar 7 Lampon, dilanjutkan dengan istighosah dan pagelaran wayang kulit.

Hadir dalam acara tersebut; Bupati Banyuwangi Drs. Abdullah Azwar Anas, Pasiops Puslatpurmar 7 Lampon Mayor Marinir Suhartoyo, Ketua DPRD Banyuwangi  yang diwakili Sugirah, Camat Pesanggaran Ir Sugiono S.P.A.Msi, Tokoh Agama, Relawan RAFI Banyuwangi, Tokoh Masyarakat. (Deni.M)

Related

Headline 1133208556925138504

Posting Komentar

emo-but-icon

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik
Semoga Almarhum Di Terima Disisinya Dan Yang Ditinggalkan Diberi Ketabahan (Selamat Jalan Komandan Kami Keluarga Besar Memo Pos Jember Selalu Panjatkan Doa Untukmu)

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Ciptakan Pilkada Jember Aman Dan Damai

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item