Bupati Blora Pimpin Upacara Bendera Peringati Hari Kemerdekaan RI Ke - 75 Di Halaman Kantor Sekda Blora Penuh Khidmat

Bupati Blora Saat Pimpin Upacara HUT Ke 75 

MEMOPOS.com,Blora - Bupati Blora H. Djoko Nugroho,selaku  pemimpin upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, Senin (17/8/2020).dihalaman kantor Sekda Blora.

Upacara dilaksanakan secara khidmat dihadiri  instansi TNI,Polri,DPRD,dan perwakilan OPD Kabupaten Blora,dalam upacara tersebut  adanya penyebaran pemdemi/Covid-19 ini, dengan mengikuti  protokol kesehatan (Prokes) dan jumlah peserta juga dibatasi.

Forkopimda Blora, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan peserta upacara dari Kodim 0721/Blora, Yonif 419/Alugoro, Polres Blora, Aparatur Sipil Negara dan Korpri mengikuti upacara pengibaran bendera merah putih penuh khidmat.

Setelah membacakan teks Pancasila oleh Bupati Blora H. Djoko Nugroho, dilanjutkan pembacaan Pembukaan UUD 1945 oleh Ketua DPRD Blora HM Dasum, SE, MMA.

Berikutnya Bupati Blora membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, SH, M.IP.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berbagi kisah ketika mengunjungi Dusun Girpasang, Kemalang di Kabupaten Klaten.

“Ini dusun terpencil di lereng Gunung Merapi. Untuk mencapai dusun ini saya mesti berjalan kaki naik turun bukit, menapaki seribu lebih anak tangga. Ngos-ngosan dan sangat melelahkan,” kata Guberur Jawa Tengah.

Tapi, rasa capek itu seolah hilang ketika bertemu dengan Mbah Padmo Darsono yang usianya sekitar 70 tahun.

“Ia begitu bersemangat mengajak saya masuk ke rumahnya yang amat sangat sederhana, karena dindingnya sebagian besar masih pakai bambu alias gedeg,” terangnya.

Kemudian, lanjutnya Gubernur Jawa Tengah, kita ngobrol di dapur yang suasananya persis seperti rumah orang tua saya di Tawangmangu dulu, ada tungku dari tanah liat, tumpukan kayu, perkakas masak yang menghitam dan ada jagung yang digantung.

“Waktu ngobrol di dapur itulah Mbah Padmo nuturi (memberi nasehat) saya, urip kui senajan abot kudu tetep dilakoni. Ojo sambat lan ojo ngeluh. Ojo mandeg senajan dengkul wis dhredheg,” ucapnya.

(Hidup itu meskipun berat tetap dilakukan. Jangan mengeluh. Jangan berhenti meskipun lutut gemetar,red).

Di usia yang ke 75 tahun ini, spirit jangan mengeluh itulah yang mesti ada di setiap dada kita. Termasuk kondisi di tengah pandemi sebagaimana yang kita rasakan sekarang.

“Dari keteguhan tekad dan spirit Mbah Padmo itulah kita mesti bercermin,” tandasnya.

Inilah, saatnya kita menengok sanubari untuk menakar seberapa besar kadar cinta kita terhadap negeri. Kadar itu tidak ditentukan seberapa penting posisi kita atau seberapa tenar nama kita.

“Kadar cinta itu diukur layaknya yang diajarkan Mbah Padmo pada orang-orang Girpasang untuk menjalani kehidupannya .Agar semuanya menjalani tugasnya dengan ikhlas dan tatag,” ungkapnya.

Menurut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, kondisi ini tentunya juga bisa kita simak lewat heroisme perjuangan para pendahulu kita baik sebelum atau setelah kemerdekaan.

Namun, kita mempunyai satu senjata pamungkas, yakni tekat bulat terbebas dari penjajahan serta tekad bulat mempertahankan kemerdekaan.

Maka ketika pecah pertempuran di Surabaya, Semarang, Ambarawa, Bandung, Jakarta, Medan bahkan di Manado, semangat rakyat sama sekali tidak luntur.

Meski ribuan saudara-saudara kita gugur dihantam peluru di medan tempur, tapi rakyat pantang mundur. Dan akhirnya kita mampu meraih kemerdekaan sekaligus mempertahankannya.

“Spirit itulah yang harus kita jaga. Sekali lagi saya mengutip ungkapan Mbah Padmo, urip kui senajan abot kudu tetep dilakoni. Ojo sambat lan ojo ngeluh. Ojo mandeg senajan dengkul wis dhredheg,” tutupnya.

Setelah upacara selesai, Bupati Blora menyerahkan penghargaan kepada sejumlah ASN, Purnawirawan TNI dan memberi remisi kepada perwakilan warga binaan  terkait kasus terpidana dirumah tahanan Blora.

Djoko Nugroho, berpesan kepada warga binaan  ini,"dihari perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia,memberikan keringanan atau remisi kepada kalian yang memakili,semoga insaf ingat kepada Allah Swt dan jangan diulangi perbuatanya.pungkasnya.(Ardy)

Related

Headline 6529254885756212577

Posting Komentar

emo-but-icon

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik
Semoga Almarhum Di Terima Disisinya Dan Yang Ditinggalkan Diberi Ketabahan (Selamat Jalan Komandan Kami Keluarga Besar Memo Pos Jember Selalu Panjatkan Doa Untukmu)

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Ciptakan Pilkada Jember Aman Dan Damai

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item