40 Monyet Ekor Panjang Dikembalikan Ke Nusa Barong

Dinas Ketahanan Pangan Dan Peternakan 
Saat Kembalikan 40 Ekor Monyet

MEMOPOS.com,Jember - Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Jember bekerja sama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Cabang Jember melepas 40 monyet ekor panjang ke habitat aslinya di Nusa Barong, Kecamatan Puger.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, Nana Suminarsih, menjelaskan, monyet-monyet itu sebelumnya disita dari dari pekerja Topeng Monyet.

"Marilah kita kembalikan hewan ke habitat aslinya, karena untuk monyet itu habitatnya di alam bebas," kata Nana, Minggu, 16 Agustus 2020.

Menurut Nana, monyet itu sebelumnya dipekerjakan tidak sesuai habitatnya. Begitu disita, hewan primata itu ditangkarkan di Cikole Lembang, Bandung, selama 2 tahun

Penangkaran dilakukan oleh JEAN (Jakarta Enimal Aid Nation), sebuah lembaga pecinta binatang khusus monyet. "Setelah beradaptasi dengan lingkungannya, barulah dikembalikan ke habitatnya," ujarnya.

Monyet-monyet itu diperiksa kesehatannya oleh dokter hewan yang disediakan oleh Pemkab Jember, sebelum dilepasliarkan di habitatnya di Pulau Nusa Barong.

Setelah dokter memastikan monyet-monyet itu sehat, baru dilepasliarkan. Ada dua tempat pelepasan. Sebanyak 20 ekor monyet dilepas melalui Pantai Puger, Kecamatan Puger.

Sedang 20 ekor monyet lainnya dilepas melalui Pantai Nyamplung Kobong, Kecamatan Gumukmas.

Nana berpesan apabila ada orang yang mempekerjakan monyet tidak semestinya, seyogyanya dikembalikan lagi ke habitatnya.

Pengembalian hewan tersebut bisa melalui kantor cabang Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA)  ataupun melalui pecinta binatang setempa(ndik)

Related

Headline 8214718727050072203

Posting Komentar

emo-but-icon

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik
Semoga Almarhum Di Terima Disisinya Dan Yang Ditinggalkan Diberi Ketabahan (Selamat Jalan Komandan Kami Keluarga Besar Memo Pos Jember Selalu Panjatkan Doa Untukmu)

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Ciptakan Pilkada Jember Aman Dan Damai

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item