PMI Jember Layani Antar Jenazah Dan Jenazah Terkait Covid 19

PMI Kabupaten Jember Dua Belas Petugas untuk Dua Ambulans

MEMOPOS..com,Jember – PMI Kabupaten Jember Jawa Timur menyediakan layanan penjemputan dan mengantar jenazah, termasuk jenazah terkiat Covis-19. Antara lain jenazah yang masuk kategori Orang Dalam Pantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) bahkan yang sudah terkonfirmasi positif Covid-19. PMI Kabupaten menyiagakan dua armada ambulans untuk melayani Jenazah Covid-19 dengan dua belas petugas siaga 24 jam.

H EA. Zaenal Marzuki Ketua PMI Kabupaten Jember mengatakan selama pandemi Covid-19, PMI membuka layanan ambulans jenazah 24 jam untuk melaksanakan penjemputan dan pengantaran jenazah dari rumah sakit menuju pemakaman umum.  "Selama pandemi Covid-19 PMI melayani ambulans jenazah 24 jam, hingga hari ini (Selasa, 14/7/2020) tercatat 9 kali melayani pengantaran jenazah," ungkap H EA. Zaenal Marzuki.

Dia menjelaskan,  ambulans jenazah PMI cukup aktif melayani masyarakat, sering kali ambulans jenazah PMI mengantarkan jenazah dari rumah sakit menuju rumah duka atau dari rumah duka ke pemakaman. Bahkan, yang terkonfirmasi Covid-19, PMI sering melayani pengantaran jenazah dari rumah sakit langsung ke pemakaman.  Sedangkan dalam proses pemakaman, jenazah dari mobil ambulans ke liang kubur ada tim sendiri yang bertugas. Yang melibatkan aparat kepolisian dan TNI serta dinas kesehatan. Petugas PMI, dalam pengentaran jenazah dari ambulans hingga ke liang lahat, sifatnya hanya memberikan bantuan.

Hanya saja, sambungnya, untuk jenazah terkait Covid-19 dilakukan sesuai protokolnya. “Tim ambulans jenazah PMI hanya menjemput dari rumah sakit sampai ke pemakaman saja dan Jenazah terkait Covid-19 harus sudah dalam peti saat penjemputan. Itu protokol penjemputan dan pengantaran jenazah terkait Covid-19,” ujarnya.

Petugas ambulans jenazah PMI hanya mengantarkan sampai pemakaman saja. Sedangkan dari ruang perawatan hingga ke kamar jenazah menjadi kewenangan pihak rumah sakit. PMI Kabupaten Jember menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan ketat. Terutama saat new normal.

Dia menambahkan, bahwa petugas ambulans jenazah PMI Kabupaten Jember dibekali alat pelindung diri (APD) lengkap saat mengantarkan jenazah terkait Covid-19. “Petugas pengantar jenazah PMI  juga pakai APD lengkap. Mereka sudah dilatih secara khusus dalam penanganan jenazah terkait Covid-19,” ujarnya. (Beni/Yanto)

Related

Sosial Budaya 3651342698927177422

Posting Komentar

emo-but-icon

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik
Semoga Almarhum Di Terima Disisinya Dan Yang Ditinggalkan Diberi Ketabahan (Selamat Jalan Komandan Kami Keluarga Besar Memo Pos Jember Selalu Panjatkan Doa Untukmu)

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Ciptakan Pilkada Jember Aman Dan Damai

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item