Transparansi Bantuan Langsung Tunai Untuk Warga Terdampak Pandemi Covid 19 Di Jawa Timur


Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Program Studi Administrasi Publik
Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) senilai Rp 3 Miliar telah digelontorkan ke 5.006 keluarga penerima manfaat (KPM) di Jawa Timur. Penyaluran bansos dilaksanakan sejak akhir April 2020 dan merupakan pencairan dana desa pertama di Indonesia. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengatakan BLT DD ini merupakan bansos yang pertama kali diterima keluarga terdampak saat pandemi covid-19. Bansos ini mendahului realisasi Bantuan Sembako, Pra Kerja dan Bansos Tunai yang lain. Adapun penerima BLT DD mengacu DTKS yang dikeluarkan Kemensos RI. Khofifah menjelaskan sesuai dengan Permendes No 6 Tahun 2020 tentang Perubahan Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2020 disebutkan bahwa dana desa dapat digunakan untuk BLT yg besarnya maksimal 35 persen dari alokasi dana desa yang diperuntukkan bagi keluarga miskin terdampak covid-19. Penerima BLT DD ini harus memenuhi tiga kriteria, yaitu berpenghasilan rendah atau miskin, belum mendapatkan bansos dari pemerintah, dan terdampak situasi pandemi covid-19. "Pendataan penerima dilakukan mulai RT/RW dan diverifikasinya melalui musyawarah desa khusus agar benar benar tepat sasaran, obyektif, transparan dan yang terpenting tidak double-double dengan bantuan yang lain," jelas Khofifah. Pelaksanaan BLT DD ini memang terkesan lambat karena dilakukan dengan kehati-hatian agar semua bisa dipastikan clear dan clean. Dengan demikian diharap BLT DD dapat terbagi dengan merata dan bansos ini jangan ada pemotongan atau di bagi-bagi ke orang lain yang bukan penerima.
Setiap keluarga penerima BLT, memperoleh bantuan senilai Rp 600 ribu yang dibayarkan selama tiga bulan. Sehingga jumlah yang diterima total Rp 1,8 juta. BLT DD tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat untuk membeli kebutuhan selama Ramadan dan meringankan beban ekonomi mereka. BLT diberikan selama tiga bulan. Mulai dari April hingga Juni. Skemanya non tunai atau cashless. Menurut Mantan Mensos RI ini, pola penyaluran secara non-tunai dilakukan agar jumlah uang yang diterima tepat, sehingga tepat pula manfaatnya.
Berdasarkan data dari Dinas PMD Jatim, sudah 10 daerah mulai menyalurkan BLT DD di 50 Desa untuk 5.006 KPM senilai Rp 3.003.600.000. 10 Kabupaten tersebut adalah Jombang, Trenggalek, Tulungagung, Malang, Lumajang, Banyuwangi, Bojonegoro, Lamongan, Gresik, dan Pamekasan. Jumlah penyaluran BLT ini akan terus meningkat, karena banyak desa yang minggu ini menyelesaikan musyawarah desa khusus untuk realokasi dana desa dan penetapan sasaran penerima BLT DD akibat covid-19, sehingga ditargetkan minggu kedua Mei semua Desa sudah dapat menyalurkan BLT DD bulan pertama dari 3 bulan yang direncanakan.
Jatim sendiri mendapat alokasi dana desa tahun 2020 sebesar Rp 7,570 triliun dan anggaran maksimal untuk BLT DD bisa mencapai Rp 2,285 triliun untuk 1.265.845 keluarga miskin terdampak covid-19 di 7.724 desa. Provinsi Jawa Timur menempati posisi teratas dalam hal jumlah desa yang telah menerima penyaluran Bantuan Langsung Tunain Dana Desa (BLT DD). Berdasarkan data milik Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), hingga tanggal (15/05/2020) jumlah desa yang telah menerima BLT DD sebanyak 1.566 Desa atau setara dengan 20,7%. Sedangkan jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebanyak 136.477, kemudian jumlah dana yang sudah dicairkan mencapai Rp. 78,725 miliar. Setelah Jawa Timur disusul Jawa Barat 1.107 desa, Sulawesi Tenggara 595 desa, Sulawesi Tengah 555 desa, dan Sulawesi selatan 469 desa. Kemudian pada tanggal (16/05/2020) BLT DD kembali diberikan pada 46 desa Kabupaten Sampang. Acara pemberian dilakukan secara virtual antara Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi dan Bupati Pamekasan, Badrud Tamam di Pamekasan. “kita berpacu dengan waktu agar BLT DD segera mungkin sampai ke masyarakat desa yang terdampak pandemi”, ungkap Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Sabtu (16/05/2020).
Oleh : Erwin Apreliyanto

Related

Opini 8252720020898069280

Posting Komentar

emo-but-icon

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik
Semoga Almarhum Di Terima Disisinya Dan Yang Ditinggalkan Diberi Ketabahan (Selamat Jalan Komandan Kami Keluarga Besar Memo Pos Jember Selalu Panjatkan Doa Untukmu)

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Ciptakan Pilkada Jember Aman Dan Damai

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item