Permasalahan Dan Cara Pengelolaan Aset Daerah Yang Baik

Nama : nadela zakaria
Universitas muhammdiyah sidoarjo
Administrasi publik


Permasalahan dan Cara Pengelolaan Aset Daerah yang Baik – Setiap daerah di Indonesia diberikan wewenang untuk mengelola aset yang terdapat di wilayahnya tanpa campur tangan dari pihak pemerintah pusat. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pengelolaan aset secara mandiri oleh daerah dimaksudkan untuk mempermudah kegiataan pengelolaan yang sekiranya paling sesuai dengan keadaan wilayah tersebut.
Aset daerah sendiri merupakan sumber daya yang bernilai ekonomi, dikuasi atau dimiliki oleh suatu daerah yang di dapatkan dari masa lalu dan bisa di manfaatkan di masa yang akan datang. Aset daerah harusnya dapat di ukur dengan satuan uang, termasuk sumber daya non-material yang di pelihara oleh daerah karena menyediakan penyediaan jasa untuk masyarakat umum atau karena alsasan sejarah dan kebudayaan.
Sebelum pengelolaan aset daerah dilakukan, pemerintah daerah atau Pemda perlu menyiapkan instrumen yang tepat. Dengan instrumen tersebut di harapkan pengelolaan aset menjadi lebih transparan, profesional dan efisien.
Salah satu masalah yang terkait dengan pengelolaan aset di daerah-daerah adalah keleluasaan praktik dalam bisnis. Praktik bisnis sebenarnya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, guna memajukan kesejahteraan umum. Namun sayangya, banyak Pemda yang belum mampu mengelola aset daerah yang di miliki, sehingga hanya menguntungkan sagelintir pihak dan tidak membuat masyarakat menjadi lebih sejahtera.
Dengan begitu, diperluan penataan ulang dalam berbagai aspek aset yang di miliki. Selain untuk memberikan kesejahteraan yang lebih merata, laporan kepada Pemda dan pihak yang berwenang tidak perlu di manipulasi agar hasilnya sesuai dengan harapan. Untuk menata ulang aset, diperlukan validasi aset daerah yang dimiliki dengan beberapa tahapan, diantaranya:
Melakukan penetapan pada pengelolaan aset daerah sesuai dengan peraturan Permendagri di tahun 2007.
Menelusuri mutasi ataupun penambahan aset dengan menggunakan data yang aktual dan bisa di pertanggung jawabkan, berupa SPJ, kontrak pengadaan aset, laporan mutasi aset, hingga data DPA dan seksi akuntasi.
Membut daftar inventaris untuk barang, melakukan jurnal penyesuaian, melakukan kerja sama dengan biro keuangan darah, serta memberikan laporan secara rutin kepada bagian Pemda yang berwenang.
Menetapkan saldo awal aset, kemudian melakukan inventarisasi dana secara runtut berikut dengan nilai penggunaan aset yang sudah di nilai ulang.
Tentu saja untuk melakukan pengelolaan aset suatu daerah tidak hanya memerlukan biaya tambahan untuk urusan administratif, namun juga tenaga untuk memperlancar proses pengelolaan. Walaupun begitu, hasilnya tentu akan sepadan dengan apa yang di harapkan, yakni kesejahteraan yang lebih merata pada masyarakat.
Permasalahan lain terkait pengelolaan aset daerah adalah tidak diketahuinya nilai aset yang dimiliki. Apabila suatu aset tidak lengkap administrasinya, tentu akan mempengaruhi kelengkapan buku inventaris. Agar pengeloaan aset sesuai dengan yang diharapkan, maka diperlukan transparansi pengelolaan keuangan, adminstrasi, dan pengendalian aset. Dengan begitu, dukungan antar Pemda dan dinas yang berkaitan bisa saling berintegrasi.
Penambahan database atau media penyimpanan data aset bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Sehingga dari segi administrasi, aset yang datanya kurang lengkap bisa langsung tercatat dan di dukung oleh dokumen tambahan yang legal dan sesuai dengan aturan. Ini juga mengurangi masalah aset yang informasinya tidak akuat, tidak terlaporkan, dan tidak sesuai dengan jumlah dan jenisnya.
Dalam pengelolaan aset pada daerah, diperlukan tiga prinsip agar pengelolaan bisa berjalan sesuai dengan tujuan yang telah di tetapkan, diantaranya adalah:
Perencanaan yang Tepat
Minimalnya Pemda memiliki perencanaan atas kebutuhan dan penggunaan aset, sehinga dinas yang menaungi aset tersebut memiliki rujuan yang jelas untuk melakukan pengelolaan secara mandiri. Setelah menentukan perencanaan yang tepat, anggaran untuk memaksimalkan pengelolaan aset daerah bisa dilakukan dengan baik.

Pelaksanaan Pengelolaan
Eksekusi atau pelaksanaan merupakan langkah selanjutnya setelah perencanaan dilakukan. Pelaksanaan menyangkut beerapa hal, diantarnya distribusi, pengamanan aset, dan perawatannya. Pelaksanaan untuk mengelola aset daerah harus memenuhi akuntabilitas publik, yakni kejujuran dan legalitas hukum, proses yang transparan, serta kebijakan yang adil dan tidak memihak.

Pengawasan
Tahap pelaksanaan berakhir dengan tahap pengawasan, dimana peran Pemda, dinas terkait, serta masyarakat berperan penting dalam tahap ini. Proses pengawasan biasanya dilakukan dengan cara audit internal, dimana pengakuan aset, kebijakan akuntasi, pengukuran dan penilaiannya di beri standar agar praktik pengelolaan aset konsisten dan sesuai dengan aturan yang telah di tetapkan.
Cara pengelolaan aset daerah tersebut bisa di manfaatkan untuk mewujudkan administrasi kekayaan daerah yang baik. Sehingga tanah, bangunan, serta kekayaan daerah bisa di manfaatkan secara efektif dan efisien oleh masyarakat. Selain itu, aset yang di miliki juga bersifat legal, dimana ia memiliki informasi yang akurat dan sesuai dengan ketetapan daerah. Pelibatan tenaga kerja yang profesional akan membantu menjaga penggunaan aset daerah sesuai dengan aturan.

Related

Opini 2251826842249210521

Posting Komentar

emo-but-icon

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik
Semoga Almarhum Di Terima Disisinya Dan Yang Ditinggalkan Diberi Ketabahan (Selamat Jalan Komandan Kami Keluarga Besar Memo Pos Jember Selalu Panjatkan Doa Untukmu)

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Ciptakan Pilkada Jember Aman Dan Damai

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item