Penyerapan APBD Harus Diarahkan Untuk Persiapan New Normal


Oleh:
Nanda Bayu Saputra
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Sejak pertama kali muncul kasus COVID-19 di Indonesia, tepatnya pada Senin 2 Maret 2020. Pandemi COVID-19 ini langsung menimbulkan kepanikan pada seluruh masyarakat Indonesia. Kepanikan tersebut juga dimanfaatkan oleh para pedagang pedagang dengan menaikkan harga seperti masker, kebutuhan bahan pokok, bahkan juga hand sanitizer dengan harga berkali lipat dari harga sebelumnya. Di sisi yang berbeda dampak pandemi COVID-19 tidak hanya menyerang kesehatan masyarakat tetapi juga menyerang perekonomian, dan kehidupan sosial. Berbagai kebijakan untuk menanggulangi penyebaran COVID-19 serta dampak dari pandemi COVID-19 juga  sudah diluncurkan pemerintah pusat dan derah seperti Sosial Distancing, PSBB serta kebijakan penganggaran APBN senilai Rp.405,1 trilyun guna menanggulangi penyebaran COVID-19 yang dialokasikan ke 4 sektor yaitu sektor kesehatan, perlindungan sosial, intensif perpajakan dan stimulus KUR dan yang terakhir sektor pemulihan ekonomi.
Munculnya selogan “Menuju Masa Transisi New Normal” setelah selama 4 bulan melawan pandemi COVID-19 memberikan nafas lega bagi masyarakat. Dimana yang sebelumnya masyarakat hanya beraktifitas di rumah saja sekarang sudah mulai bisa melaksanakan aktifitas di luar. Untuk mewujutkan persiapan New Normal, selain peran pemerintah pusat, peran pemerintah daerah juga sangatlah penting. Pemerintah daerah harus mengoptimalkan penyerapan APBD dan mempersiapkan strategi untuk mempersiapan Masa Transisi New Normal. Penyerapan APBD yang optimal merupakan bukti akuntabilitas pemerintah daerah dalam pengelolaan APBD. Maka dari itu kebijakan penganggaran harus digunakan untuk pemulihan sektor sosial ekonomi masyarakat yang sebelumnya merosot akibat dari dampak pandemi, seperti penyediaan lapangan pekerjaan, memberikan bantuan modal, serta edukasi dan sosialisasi wirausaha khususnya kepada masyarakat yang kehilangan mata pencarianya saat pandemi COVID-19.
Penyerapan APBD juga harus digunakan untuk optimalisasi pelayanan publik. Tentunya masyarakat juga ingin di era New Normal pelayanan publik juga harus memiliki kualitas baru juga. Pelayanan publik yang berkualitas baik, cepat dan efisien juga merupakan salah satu bentuk protokol kesehatan, hal tersebut berfungsi untuk mencegah pembludakan antrian masyarakat untuk mendapatkan pelayanan publik sehingga pembatasan sosial dan jaga jarak tetap terjaga. Tidak boleh dilupakan juga penyerapan APBD juga untuk optimalisasi pelayanan publik berbasis elektronik. Ditengah wabah COVID-19 dan sekaligus menuju masa transisi New Normal ini pelayanan berbasis elektronik merupakan salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat atas pelayanan publik sekaligus mencegah penularan COVID-19. Selama ini pelayanan berbasis elektronik yang diluncurkan oleh Pemerintah Daerah masih banyak yang belum berjalan optimal. Sering ditemuknya banyak aplikasi yang telah di buat mengalami eror dan bahkan tidak berfungsi lagi. pada aplikasi pelayanan publik berbasis elektronik berfungsi untuk meningkatkan kualitas pelayanan, mengembangkan/meningkatkan sistem pelayanan elektronik yang sebelumnya dibuat, serta memperbaiki kerusakan sistem aplikasi. Sangat disayangkan jika aplikasi pelayanan publik berbasis elektronik yang sebelumnya sudah dibuat dengan menghabiskan dana APBD hanya sebagai pencitraan pemerintah diawal saja dan di akhirnya menjadi sia-sia.

Related

Opini 6385624181319244045

Posting Komentar

emo-but-icon

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik
Semoga Almarhum Di Terima Disisinya Dan Yang Ditinggalkan Diberi Ketabahan (Selamat Jalan Komandan Kami Keluarga Besar Memo Pos Jember Selalu Panjatkan Doa Untukmu)

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Ciptakan Pilkada Jember Aman Dan Damai

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item