Pentingnya Pengelolaan Aset Daerah Bagi Pertumbuhan Ekonomi Dan Reputasi Yang Berwenang



Oleh : Putri Normalita Dwi Sekarini
Prodi Administrasi Publik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Pentingnya Pengelolaan Aset Daerah Bagi Pertumbuhan Ekonomi dan Reputasi yang Berwenang - Apapun yang berkaitan dengan aset akan selalu penting, apalagi ini menyangkut aset daerah yang pengelolaanya harus disertai berbagai strategi dan juga keseriusan. Supaya aset daerah bisa memberikan kontribusi maksimal, khususnya bagi pemerintah daerah yang bersangkutan.
Aset daerah meliputi barang bergerak dan tidak bergerak yang dikuasai oleh Pemerintah Daerah. Pengelolaan aset daerah dibiayai dari anggaran dan belanja daerah. Baik sebagian atau keseluruhan.
Sebagaimana Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 17 Tahun 2007 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Barang Milik Daerah. Aset daerah diberikan jaminan keamanan mulai dari pengurusan barangnya sampai langkah-langkah Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah secara integral.
Mengenai legalitas aset daerah dikelola bertujuan untuk menopang perekomian daerah, untuk hal tersebut diperlukan kebijakan strategis dari Kepala Daerah. Seperti mengenai penilaian terhadap aset  daerah, tujuan dari penetapan nilai barang, biaya untuk menilai barang milik daerah, serta pihak yang berwenang melakukan penilaian tersebut. Prosedur pengelolaan aset secara terintegrasi yang terdiri dari enam langkah penting demi keberhasilan pengeloaan yang sudah tercantum dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 17 Tahun 2007 tersebut.
Pertumbuhan ekonomi akan menguat jika pengelolaan aset daerah berhasil dilakukan secara serius dan terintegrasi sesuai dengan prosedur yang telah terprogram dari Peraturan Menteri Dalam Negeri tadi. Ditambah dengan kepercayaan masyarakat terhadap pengelola keuangan daerah apabila dilakukan secara profesional dan mengedepankan good governance.
Masyarakat tidak akan ragu lagi terhadap peran abdi pihak yang berwenang mengelola aset tersebut. Masyarakat juga akan mempunyai teladan yang baik untuk dicontoh ketika tongkat estafet pemerintahan berada di tangan salah satu dari mereka. Jika semua itu terealiasi, tidak menutup kemungkinan pengeloaan aset daerah akan terus baik dan berkembang dari waktu ke waktu.
Sebaliknya, pertumbuhan ekonomi  daerah akan menurun apabila tidak dikelola sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. Bersumber dari RADARSEMARANG.ID, dilansir di halaman tersebut pada Agustus tahun 2019, Sekretaris Komisi A DPRD Jateng, Ali Mansyur mengatakan pengelolaan aset daerah yang bermasalah akan menyebabkan eksistensi aset tidak bisa dimanfaatkan untuk kepentingan daerah yang bersangkutan.
Sebagaimana yang beliau temukan di Jawa Tengah, banyak sekali masalah tentang aset yang ditemukan di daerah-daerah. Berdasarkan fakta tersebut Komisi A DPRD mengambil posisi fokus melakukan pengawasan secara terus menerus mengenai pengelolaan barang milik daerah di Jawa Tengah, sebagai upaya untuk menstabilkan kembali proses pengelolaan dan yang terpenting lagi output dari proses tersebut.
Diungkap juga latar belakang dari persoalan tentang buruknya pengelolaan aset, ada beberapa hal yang menurutnya mempengaruhi permasalahan ini terjadi. Baik dari sisi ketidakjelasan status hukum, pemanfaatan aset oleh pihak luar yang menyimpang dari prosedur, tukar-menukar aset negara serta sumber daya manusia yang bertanggung jawab tidak memahami dengan baik terkait administrasi pengelolaan aset negara. Padahal menurut beliau (Sekretaris Komisi A DPRD Jateng), aset daerah bila dikelola dengan baik akan memberikan peran strategis untuk menopang pendapatan anggaran daerah.
Selain buruknya aset daerah dari segi kemanfaatannya terhadap anggaran daerah, citra dari yang bertugas mengelola aset daerah pun akan rusak. Kepercayaan dari masyarakat terhadap pengelola akan luntur. Lebih bahayanya lagi apabila hal buruk tersebut memberikan efek negatif bagi generasi yang akan menggantikan posisi pengelolaan aset ini ke depannya. Jika sudah sampai pada kondisi ini, keberadaan barang milik daerah akan terancam.
Dilihat dari prinsipnya, pengelolaan aset daerah memang mempunyai fungsi yang urgen terhadap nasib negara ini dengan alasan dua dampak buruk di atas khususnya dalam lingkup daerah. Mulai dari fokus untuk mewujudkan ketertiban administrasi terkait kekayaan daerah yang menyangkut inventarisasi tanah dan bangunan, sertifikasi kekayaan daerah, penghapusan dan penjualan aset daerah.
Pentingnya yang lain, pengelolaan aset ini juga berpengaruh terhadap terciptanya efesiensi dan efektivitas penggunaan aset daerah, keamanan aset daerah dan juga ketersediaan data atau informasi yang akurat mengenai jumlah total aset daerah setempat tersebut.
Sedikit banyak penulis mengungkap tentang pengelolaan aset daerah, dipikir penting sekali seorang Pemerintah Daerah menyiapkan instrumen atau sebuah aplikasi yang secara digital bisa melakukan pendataan aset daerah secara keseluruhan terkait dengan Kabupaten atau Kota, keprofesionalan pengelolaan barang milik daerah  mulai dari tingkat transparansi, akuntabel, efesiensi dan efektifitas terkait tahap perencanaan, pendistribusian dan pemanfaatan hingga pengawasannya, misalnya aplikasi e-Aset Daerah.
Tidak lupa juga pensosialisasian terhadap yang bertugas terhadap pengelolaan aset daerah supaya tidak terjadi lagi yang semisal di Jawa Tengah. Dimana Sekretaris Komisi A DPRD Jateng yang sudah disebutkan di atas, bahwa beliau banyak sekali menemukan permasalahan pengelolaan aset yang menurutnya bisa jadi disebabkan oleh SDM yang kurang profesional. Ketidakprofesianalan inilah yang menjadi pengantar kerusakan moral generasi yang akan mengantikan posisi tugas negara ini ke depan. Ada baiknya, memang harus segera dipikirkan dan diberikan tindakan yang tepat dan lebih intensif.


Related

Opini 5795952502413783807

Posting Komentar

emo-but-icon

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik
Semoga Almarhum Di Terima Disisinya Dan Yang Ditinggalkan Diberi Ketabahan (Selamat Jalan Komandan Kami Keluarga Besar Memo Pos Jember Selalu Panjatkan Doa Untukmu)

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Ciptakan Pilkada Jember Aman Dan Damai

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item