Pendapatan Dan Pengelolaan Kabupaten Boyolali Dalam Peningkatan Pendapatan Asli Daerah


Oleh :
Maria sarina dhuge Administrasi publik
Universitas muhammadyah sidoarjo

Setelah adanya Undang-Undang tentang Pemerintahan Daerah, sampai saat ini terus berproses terjadinya perubahan paradigma sistem tata pemerintahan daerah. Tatanan kehidupan pemerintahan daerah dimasa lalu, daerah lebih banyak hanya sebagai objek perolehan pendapatan daerah mulai ditinggalkan. Kedepan, pemerintah daerah dalam hal ini Kabupaten dan Kota mewakili kewenangan yang besar untuk mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri. Tanpa adanya otonomi keuangan daerah tidak akan pernah ada otonomi bagi pemerintah daerah. Jelas hal ini merupakan sesuatu yang dapat dikatakan baru sama sekali, karena selama ini tidak ada kausal yang setegas ini dalam UU pemerintahan daerah yang pernah diberlakukan di Indonesia. Pemberlakuan otonomi daerah ini berimplikasi kepada perubahan cara pandang dan strategi pembangunan wilayah. Dalam rangka pengembangan maupun pemecahan masalah bersama. Disini nampak bahwa pemerintah daerah memiliki kewenangan yang luas dan nyata dalam mengurus rumah tangganya sendiri. Pemberian kewenangan ini membawa konsekuensi kepada pemerintah daerah untuk mencari sendiri sumbersumber pendapatan bagi pembangunan daerahnya sesuai dengan kondisi dan potensi yang ada untuk membiayai belanja rutin atau belanja pembangunan di daerah tersebut. Oleh sebab itu daerah perlu pendapatan daerah yaitu semua hak daerah yang diakui sebagai penambah nilai kekayaan bersih dalam periode tahun anggaran yang bersangkutan. Menurut UU No. 32 tahun 2004, yang menjadi sumber pendapatan daerah adalah: pendapatan asli daerah yang selanjutnya disebut PAD, dana perimbangan, lain-lain pendapatan daerah yang sah. Secara alamiah, potensi ekonomi atau potensi sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM) antar daerah tidak sama. Sehingga menghasilkan perbedaan dalam jumlah PAD yang diperoleh masing-masing daerah. PAD yang belum mampu memenuhi kebutuhan daerahnya akan mendapatkan DAU (UU 32 tahu 2004, pasal 161, ayat 1 dan ayat 2). Memang ada ketergantungan yang tinggi terhadap penerimaan dari pusat bagi daerah yang PAD nya rendah. Kabupaten Boyolali, juga memerlukan pendapatan daerah, guna menopang keberhasilan pelaksanaan otonomi daerah. Peningkatan PAD Kabupaten Boyolali selama 5 tahun terakhi tidak lepas dari peran Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD). Tujuan. Mengetahui Kinerja Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Boyolali dalam peningkatan pendapatan asli daerah (PAD). Metode Penelitian. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif. Subjek penelitian dipilih dengan metode purposive sampling dan data yang diambil berupa wawancara, dokumen dan observasi secara langsung di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Boyolali. Kemudian dilakukan triangulasi data, dan kemudian data disajikan dalam bentuk uraian uraian yang akhirnya diambil kesimpulan. Peneliti menggunakan indikator produktivitas,

kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas dan akuntabilitas sebagai tolak ukur pengukuran dan evaluasi kinerja Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Boyolali dalam peningkatan PAD. Hasil. Dari tolak ukur penilaian kinerja Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Boyolali dalam peningkatan PAD, indikator produktivitas didapatkan hasil sumber dana dari APBD yang masih terbatas, tingkat pendidikan sumber daya manusia mayoritas sudah memenuhi syarat, dan sumber daya waktu dalam pelaporan dan pendataan masih kurang. Indikator kualitas pelayanan menunjukkan penyampaian informasi dari berbagai media komunikasi (internet, Papan Ikllan dll) dan pelayanan kepada masyarakat sudah dilakukan secara optimal. Indikator responsivitas ditunjukkan dengan menanggapi keluhan masyarakat dan memberikan detail informasi yang diminta. Dapat disimpulkan kinerja Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Boyolali dalam peningkatan PAD menunjukkan hasil yang baik walaupun terdapat kendala dalam pendataan wajib pajak dan pelaporan sistem rapel, diharapkan kendala diminimalisasi dengan kerjasama DPPKAD Kabupaten Boyolali dengan segala pihak, pelatihan dan pendidikan khusus tentang teknik pelaksaan pengelolaan PAD dan usulan anggaran untuk sosialisasi, penyuluhan kepada masyarakat serta sarana dan prasarana sebagai penunjang. Kata kunci : Peningkatan PAD, Kinerja Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Boyolali. pemerintahan daerah, potensi dan keanekaragaman daerah, peluang dan tantangan persaingan global dengan memberikan kewenangan yang seluas-luasnya kepada daerah disertai dengan pemberian hak dan kewajiban menyelenggarakan otonomi daerah dalam kesatuan sistem penyelenggaraan pemerintahan negara. Setelah adanya Undang-Undang tentang Pemerintahan Daerah, sampai saat ini terus berproses terjadinya perubahan paradigma sistem tata pemerintahan daerah. Tatanan kehidupan pemerintahan daerah dimasa lalu, daerah lebih banyak hanya sebagai objek perolehan pendapatan daerah mulai ditinggalkan. Kedepan, pemerintah daerah dalam hal ini Kabupaten dan Kota mewakili kewenangan yang besar untuk mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri. Tanpa adanya otonomi keuangan daerah tidak akan pernah ada otonomi bagi pemerintah daerah.

Related

Opini 1113285596017170853

Posting Komentar

emo-but-icon

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik
Semoga Almarhum Di Terima Disisinya Dan Yang Ditinggalkan Diberi Ketabahan (Selamat Jalan Komandan Kami Keluarga Besar Memo Pos Jember Selalu Panjatkan Doa Untukmu)

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Ciptakan Pilkada Jember Aman Dan Damai

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item