Pemprov Riau Masih Salurkan BLT Meski PSBB Sudah Berakhir Ke Warga Terdampak Covid 19 Di Riau


Oleh : Yonki Agustian, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Program Studi Administrasi Publik 2020


Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau masih menyalurkan berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada warga di kabupaten/kota se-Riau yang terdampak Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), meski Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ini di Riau sudah berhenti."Untuk BLT tetap kita salurkan, karena skenario yang kita buat dianggarkan untuk tiga bulan, yakni untuk bulan Mei, Juni dan Juli," Asisten III Setdaprov Riau, Syahrial Abdi kepada wartawan, Jumat (6/6/2020).
Syahrial menjelaskan alasannya mengapa masih melanjutkan bantuan sosial dari Pemprov Riau melalui program BLT. Hal ini disebabkan BLT termasuk dalam program jaring pengaman sosial, yakni berupa bantuan diberikan kepada masyarakat dampak Covid-19. Lebih lanjut Syahrial menyampaikan, bahwa dampak sosial ini akibat Covid-19 bisa saja terjadi setelah PSBB atau pada saat berjalannya new normal.
Syahrial mengatakan, bantuan tersebut sudah disalurkan melalui  kabupaten/kota beberapa waktu lalu, langsung dikirimkan untuk dua bulan yakni Mei dan Juni."Jadi yang belum disalurkan hanya tinggal satu bulan lagi. Karena itu masih ada waktu untuk melakukan evaluasi yang dilakukan oleh dinas yang terkait," ujarnya. Oleh karena itu menurutnya, evaluasi ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui sudah sejauh mana bantuan tersebut disalurkan kepada masyarakat, dan apakah semuanya sudah tepat pada sasarannya.
"Kalau masih ada yang belum tepat sasaran penerima di masyarakat, maka untuk penyaluran bulan ketiga bisa diganti. Dan yang untuk tahap pertama dan kedua, bisa saja dananya tidak dapat disalurkan jika ternyata penerimanya tergolong mampu," ungkapnya.
Seperti yang diketahui, BLT yang sudah disalurkan melalui Pemprov Riau untuk tahap pertama dan kedua ke kabupaten/kota di Riau sebesar Rp191,603 miliar. BLT diperuntukkan untuk 212.893 kepala keluarga (KK).
Terkait berita di atas, saya berpendapat bahwa program bantuan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) berdampak sangat baik khususnya bagi masyarakat yang terkena dampak dari Covid-19 ini. Dan kita semua sudah tahu bahwa fenomena /gejala yang terjadi saat ini benar - benar membuat warga yang terkena dampak sulit untuk memenuhi kebutuhan hidup bagi mereka. Sebab banyaknya karyawan yang dirumahkan akibat dampak Covid-19 ini, beberapa diantaranya juga banyak yang ikut terkena PHK juga, bahkan beberapa warga sempat melakukan tindakan kriminal akibat covid-19 untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka, bahkan untuk mencari makanpun warga tidak mampu. Melihat fenomena/gejala yang ada, saya menilai bahwa yang terjadi terhadap BLT tersebut malah diberikan kepada rumah - rumah yang mampu atau yang seharusnya tidak layak untuk menerima berupa bantuan tersebut. Saya merasa sangat perihatin ketika melihat kondisi seperti ini, oleh karena itu sebaiknya pemerintah supaya menindak lanjuti dan lebih benar-benar memperhatikan masyarakat atau rumah - rumah yang lebih layak untuk menerima bantuan tersebut.

Related

Opini 8920554755133200758

Posting Komentar

emo-but-icon

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik
Semoga Almarhum Di Terima Disisinya Dan Yang Ditinggalkan Diberi Ketabahan (Selamat Jalan Komandan Kami Keluarga Besar Memo Pos Jember Selalu Panjatkan Doa Untukmu)

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Ciptakan Pilkada Jember Aman Dan Damai

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item