Kendala Anggaran Pilkada Serentak Ditengah,APD Sangat Dibutuhkan

Nama : An nisa’Reigi Tadasi
Prodi : Adiministrasi publik A1 SMT 4
Nim : 182020100058

   
Ditengah pandemi covid’19 masih terjadi indonesia dihadapkan dengan hajat besar yang tak kalah penting pilkada serentak 2020 yang diselengarakan 9 desember 2020 mendatang pilkada yang digelar di 270 daerah yang semula direncanakan digelar 23 september mundur menjadi 9 desember 2020.sebelumnya pemilihan umum meresmikan pilkada serentak 2020 Yang pelaksanaanya nanti menerapkan protokol kesehatan unutuk mencegah penularan covid 19.peresmian pilkada serentak ini diikuti oleh penyelenggara pemilu yaitu kpu,bawaslu dalam lembaga pengawas yakni DKPP.turut hadir perwakilan kemedagri yang sekaligus menyerahkan data pemilu dan BMPB yang akan berkoordinasi terkait penerapan protokol kesehatan saat pemilihan. Ketua kpu menyatakan kesehatan tetap menjadi prioritas utama dalam pelaksanaan pilkada serentak. bulan maret menetapkan penundaan berdasarkan perpu 2020.persetujuan diganti hak kpu bahwa kpu,pemerintah dan DPR  sudah bersetuju untuk tanggal 9 Desember menjadi hari pemungutan suara dan sudah ditindak lanjuti oleh pkpu.pkpu sudah mempersiapkan beberapa hal penting bagi kita untuk melaksanakan pilkada dimasa ini.
2 hal ,menjadi prioritas kita yang pertama,kesehatan.yang kedua keselamatan. Mundurnya pelaksanaan pilkada ditengah pandemi virus corona menjadi persoalan karena membengkaknya anggaran yang dibutuhka khususnya dalam menerapkan protokol kesehatan amggota komisioner.kpu PRAMONO UBAIDTHANTOWI menyatakan “secara keseluruhan,kpu mengajukan permohonan anggaran kepada mentri keuangan mencapai RP.4.768 Triliun.untuk memenuhi kebutuhan barang atau jasa imbas penyesuaian tahapan plkada dengan protokol kesehatan”.KPU RI membutuhkan dana sebesar RP.83,7 M.dan sisanya disalurkan ke KPU  kabupaten atau kota. Maupun jajaran penyelenggara sementara anggaran tambahan pilkada 2020 pemilu AD.HOC.komisi  pemilu KPU tahap pertama disetujui menteri keuangan sebesar RP.9,41M.UU No.8 Tahun 2015 pasal 27 ayat 1.bahwa jumlah peilih per TPS paling banyak 800 orang.Kategori A Jumlah TPS Maksimal 800 pemilih . Kategori B. Jumlah TPS Maksimal 500 pemilih.
4.7 Triliun dari bawaslu anggaran tambahan,anggaran tambahan terkait dengan penyesuaian pilkada ditengah pandemi sebelum anggaran tambahan KPU bawaslu sudah punya anggaran pada saat normal ketika sudah di anggarkan lewat NPHD di daerah-daerah.artinya anggaran ini bukan perangkat O.artinya sudah ada baku anggaran yang memang sudah dimiliki oleh kepala penyelanggara yang terkait dengan tambahan anggaran yang diajukan KPU 4,7Triliun.dan itu sudah disepakati antara menteri keuangan.disetujui dengan 3 tahap.tahap pertama yaitu 1,triliun lebih itu akan dicairkan di bulan juni ini.tahap kedua dibulan Agustus.semisal 1,riliun lebih anggaran yang sudah tersedia pada saat normal KPU atau bawaslu sudah bisa untuk melakukan proses tahapan pilkada berjalan.1,Triliun yang disepakati oleh menteri keuangan pada saat rapat dengan komisi 2 itu hanya soal teknis saja.KPU dan Bawaslu maupun DKPP untuk bisa mempercepat anggaran itu bisa segera dicairkan.

Anggaran memang sudah dianggarkan di APBD tetapi perlu diketahui bahwa APBD waktu itu tidak menganggarkan untuk APD.untuk kepentingan kebutuhan rutin pelaksanaan sehingga untuk kepentingan proses kebutuhan rutin untuk pengawasan,kira-kira mencukupi.ini belum ada di anggaran APBD yang ada di NPLD.maka perlu adanya dukungan tambahan anggaran yang melalui APBN.kalau abeberapa melakukan restursasi agar barangkali di anggaran APBD masih mencukupi utuk APD namun sebagian besar dari 270 daerah belum cukup untuk penganggaran APD.untuk penambahan kosekuensi dari penambahan jumlah TPS yang semula maksimal 800 kemudian dikurangi menjadi 500.maka konsekuensi tambah personil.maka jumlah penambahan TPS pun juga masih ada beberapa daerah yang belum mencukupi dari APBD.bahwa ini adalah kebutuhanyang mendesak.Maka APD terkait soal protokol covid sudah menjadi sebuah keharusan.maka meminta kepada menteri keuangan untuk memastikan tentang jaminan bahwa anggaran itu memang bisa memenuhi anggaran yang diminta oleh penyelenggara dan itu lewat APBN.
Dari hasil rapat oleh penyelenggara semuanya disetujui dengan tahap-tahapan pencairan termasuk pencairan awal dana tambahan yang dicairkan bulan juni.komisi 2 akan terus membantu komunikasi dengan mentri keuangan dan Mendagri.bukan hanya soal komitmen untuk menyetujui julah anggaran yang diperlukan tetapi adalah apakah alokasi anggaran tersebut diberikan dengan tepat waktu.teknis yang tidak sejalan dengan waktu itu bisa membuat segala protokol yang dilaksanakan menjadi amburadul.petugas KPU mengandalkan APD meskipun dalam bentuk masih sangat sederhana yang milik sendiri.sementara aktivitas berkumpul sudah mulai dilakukan.problemnya adalah janji yang diberikan untuk memulai tahapan dengan persiapan yang baik mulai dari perangkat regulasi,anggaran,dll.realisasinya tidak seperti yang menjadi komitmen awal,bukan berarti kemudian tidak menganggap pilkada itu pemberian suara menjadi suatu yang sangat penting.ada prioritas soal keselamatan soal keselamatan dan kesehatan.tetapi selain itu juga yang menjadi prioritas kita bagaimana pelaksanaan tahapan pilkada itu berkualitas sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi.dan dipastikan lagi anggaran turun pada bulan juni ini.

Related

Opini 8908706130292677304

Posting Komentar

emo-but-icon

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik
Semoga Almarhum Di Terima Disisinya Dan Yang Ditinggalkan Diberi Ketabahan (Selamat Jalan Komandan Kami Keluarga Besar Memo Pos Jember Selalu Panjatkan Doa Untukmu)

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Ciptakan Pilkada Jember Aman Dan Damai

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item