Implementasi Anggaran Negara Sebagai Bentuk Penyelamatan Covid - 19



Nama : Jihan Andita Firdausi
Prodi : Administrasi Publik/A1
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO


MEMOPOS.com,Sidoarjo - Adanya pandemi COVID-19 ini, Peraturan Pemerintah mengeluarkan kebijakan keuangan tahun lalu dengan tahun ini berubah sebab untuk mengatasi perekonomian karna adanya pandemi COVID-19. Rician APBN 2020 ini ditetapkan dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 54 tahun 2020.
Dalam Peraturan Pemerintah pengganti UU (Perppu) Nomer  1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan COVID-19 dan menghadapi sebuah ancaman perekonomian serta pada sistem keuangan.
Defisit APBN tahun 2020 ini mengalami kenaikan hingga 6,27 persen atau Rp 1.028,5 triliun jika dibandingkan pada tahun lalu. Bahkan pada Anggaran Belanja Negara pada tahun lalu Rp 2.540,422 triliun tahun ini naik menjadi Rp 2.613,8 triliun.
Rincian dari anggaran tersebut telah digunakan untuk penanganan pandemi COVID-19 yang penelitian, pengambangan pendidikan, kebudayaan, dan perguruan tinggi yang berjumlah RP 29 triliun di bidang pendidikan.
Perpres telah menetapkan rincian dari Anggaran Belanja Pemerintah Pusat sebesar Rp1.851,10 triliun (termasuk di dalamnya tambahan belanja untuk penanganan pandemic COVID-19 sebesar Rp255,110 triliun), rincian Anggaran Transfer ke Daerah dan Dana Desa sebesar Rp762,718 triliun, dan rincian Pembiayaan Anggaran termasuk perubahannya menjadi dasar penyusunan dan pengesahan revisi Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran Tahun Anggaran 2020.
Termasuk dalam Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) dalam menangani kasus COVID-19 di Sidoarjo telah dibagi kedalam berbagai tingkatan yaitu :
Polresta Sidoarjo
Memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui respon cepat dalam penanganan Virus Corona (Covid-19), dengan membagikan Alat Pelindung Diri (APD) berupa baju hazmat, sepatu boat, termogun, sarung tangan, masker, helm dan pelindung mata, serta Polresta Sidoarjo imbau masyarakat agar tidak mudik pada saat lebaran 2020.
Kodim 0816
Mengkoordinasikan mendirikan Posko Covid-19 tingkat desa di Sidoarjo beserta perangkatnya secara lengkap untuk pelayanan Covid-19. Posko tersebut harus wajib menyediakan peta, hand sanitizer, data isolasi, data petugas atau piket posko, harus ada buku mutasi piket, papan tabulasi kegiatan dan lain-lain. Analisis dan evaluasi tingkat kecamatan akan dilaksanakan setiap hari pukul 15.00 Wib.  Petugas gugus tugas selain standby juga mobiling jika dibutuhkan membantu oleh gugus tugas desa yang terdiri dari 15 desa. Tugas gugus tugas lainnya antara lain penyemprotan, tangkal hoax dan penyuluhan.
Perusahaan Listrik Negara (PLN)
PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) di seluruh Jawa Timur mengkoordinasikan mendukung penuh kebijakan Pemerintah untuk membebaskan pembayaran listrik 24 juta pelanggan pengguna daya 450 Volt Ampere (VA), serta memberikan diskon 50 persen bagi 7 Juta pelanggan dengan daya 900 VA bersubsidi. Keringanan biaya listrik itu akan berlaku selama tiga bulan, terhitung mulai April, Mei, dan Juni 2020. Program pembebasan tagihan dan keringanan pembayaran tersebut, menurutnya bertujuan melindungi masyakarat yang pendapatannya menurun drastis akibat lesunya perekonomian.
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP)
Mengkoordinasikan untuk menertibkan semua kegiatan yang bisa menimbulkan terjangkit dan menyebarnya virus corona. Termasuk kegiatan-kegiatan di kafe atau hiburan malam. Dan juga melakukan upaya penutupan hiburan malam dan lainnya adalah sebagai upaya melindungi masyarakat Sidoarjo. Selain itu, sejumlah tempat nongkrong dan berkerumun yang berpotensi penyebaran Covid-19 juga bakal dibubarkan (ditiadakan).
Camat
Kecamatan Sidoarjo dan Candi saat ini mendapatkan presikat zona merah yang terpapar virus Corona. Peta sebaran virus corona yang dirilis Satgas Covid-19 Pemkab Sidoarjo diharapkan akan menjadi informasi bersama guna meningkatkan kewaspadaan untuk menekan angka persebaran virus corona di wilayah Sidoarjo. Satgas Covid-19 Sidoarjo juga menghimbau jika ada warga yang mengalami keluhan batuk-batuk, sesak nafas dan dada sakit segera memeriksakan diri ke rumah sakit rujukan yang ditunjuk. Sidoarjo memiliki lima rumah sakit rujukan penangan covid-19 antara lain RSUD Sidoarjo, RSI Siti Hajar, RS Mitra Keluarga Waru, RS Siti Khadijah Sepanjang Taman dan RS Anwar Medika Balongbendo.
Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu)
Bawaslu Jawa Timur khususnya di daerah Surabaya dan Sidoarjo berkoordinasi dan aktif memberikan informasi kepada Kepala Daerah/Ketua Gugus Tugas tentang aktivitas yang berpotensi mengganggu upaya pemerintah dalam pengendalian penyebaran Covid 19. Juga menggelar bakti Sosial dalam bentuk penggalangan dana sukarela terhadap jajaran Pengawas Pemilu. Sumbangan itu akan diperuntukkan untuk mendukung kinerja tenaga medis dan pemerintah dalam pengendalian penyebaran dan penanganan Covid 19.
Dari organisasi pemerintah tersebut dapat disimpulkan bahwa pembagian upaya pencegahan COVID-19 di Sidoarjo sudah tersebar secara merata baik untuk pelayanan publik hingga sampai penduduk desa. Upaya ini sangat berpotensi sebagai wujud pemerintah dalam mengayomi masyarakatnya secara merata dan adil. Diharapkan tidak hanya di Jawa Timur saja tetapi juga pada wilayah lain khususnya wilayah dengan indikator penyebaran COVID-19 terbanyak.

Related

Opini 411715825004317735

Posting Komentar

emo-but-icon

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik
Semoga Almarhum Di Terima Disisinya Dan Yang Ditinggalkan Diberi Ketabahan (Selamat Jalan Komandan Kami Keluarga Besar Memo Pos Jember Selalu Panjatkan Doa Untukmu)

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Ciptakan Pilkada Jember Aman Dan Damai

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item