Anggaran Mall Pelayanan Publik Di Sidoarjo

Nama: Yunita
Prodi: Administrasi publik
Universitas muhammadiyah sidaorjo

Sidoarjo – Mall pelayanan publik di sidoarjo yang berada di Jalan Lingkar Timur, Dusun Rangkah Lor, Bluru Kidul, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61233. Tepat pada tanggal 10 januari 2019  Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) di Sidoarjo. Kendati masih tahap uji coba sejumlah loket telah resmi di buka dan bisa melayani masyarakat. Dintaranya adalah layanan samsat, SIM, SKCK, Imigrasi, Badan Pendapatan Daerah,BPN, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, PDAM, Kejaksaan, Kementrian Agama, Bank Jtim, Telkom, PLN, dan sejumlah layanan lainya.  Peresmian MPP ke-13 di Indonesia itu diharapkan dapat mempermudah pelayanan masyarakat disidoarjo. Sementara untuk jam operasionalnya Mall pelayanan publik buka pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB
Selain itu, MPP juga dinilai dapat menggerakkan perekonomian masyarakat kabupaten berjuluk Kota Delta itu. MPP tersebut menampung 24 instansi dan 134 pelayanan.
Seperti Dinas Imigrasi, Samsat, Pertanahan, PDAM, Perbankan, BPJS, Disnaker, Dinsos, Dikbub, Kemenag, Dispenduk Capil, DPMPTSP, Kejaksaan, Telkom, dan Bank Pemerintah. Para pejabat yang menyaksikan peresmian MPP Sidoarjo ini, diantaranya Deputi Pelayanan Publik Kementerian PAN RB, Diah Natalisa, Asisten Perencanaan Umum dan Pengembangan Polri, Kepala Biro Reformasi Birokrasi Polri, Wakapolda Jatim, para pejabat lingkungan Provinsi Jatim, pimpinan dan anggota DPRD Sidoarjo, Wakil Bupati Sidoarjo, pimpinan Forkopimda Sidoarjo, Sekretaris Daerah Sidoarjo, Kepala OPD, Camat dan Kepala Desa se Kabupaten Sidoarjo. Selain itu, para pimpinan instansi vertikal juga hadir. Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah mengatakan MPP diisi 24 instansi. Puluhan instansi ini menyediakan 168 jenis layanan bersifat sementara. MPP ini sebagai tindak lanjut Keputusan Menpan RB Nomor 11 Tahun 2018 tentang Penetapan Lokasi Percontohan Mal Pelayanan Publik. “Untuk mewujudkan MPP butuh perjuangan panjang.
 Mulai penandatanganan komitmen Mal Pelayanan Publik pada 7 Februari 2018 bertempat di Kantor Kementerian PAN RB dan diberikannya kepercayaan kepada Pemkab Sidoarjo untuk mewujudkan MPP,” terang Saiful Ilah. Lebih jauh, pria yang akrab dipanggil Abah Ipul ini menguraikan karena itu Pemkab Sidoarjo mengadakan forum konsultasi publik pada 29 Maret 2018 dihadiri Deputi Pelayanan Publik. Hal ini untuk merumuskan kebijakan-kebijakan pembangunan MPP dengan mengundang seluruh stakeholder yang terlibat dan memanfaatkan pelayanan MPP. Kemudian 10 Januari 2019 dilaksanakan softlaunching MPP Sidoarjo. “MPP ini menempati area seluas 1.500 meter persegi dan area parkir seluas 1 hektar didukung fasilitas jaringan internet nir kabel. Peserta MPP diantaranya Dinas Penanaman Modal Kabupaten Sidoarjo, Badan Pelayanan Pajak Daerah Sidoarjo, Dispenduk Capil, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo, Polresta Sidoarjo, Kemenag Sidoarjo, Kantor Imigrasi Surabaya dan lainnya,” imbuhnya. Kendati demikian, kata Saiful kedepan Pemkab Sidoarjo merencanakan membangun Gedung perkantoran terpadu. Dengan harapan tidak hanya menjadikan MPP, tetapi juga menjadi kantor bersama pemerintah daerah. “Tujuannya satu lokasi yang terintegrasi diharapkan masyarakat mendapatkan pelayanan yang lebih baik dan mudah,” tegasnya.
Dalam kesempatan ini Bupati Sidoarjo memberikan penghargaan kepada 5 unit kerja terbaik. Diantaranya RSUD Sidoarjo, Kecamatan Sukodono, Puskesmas Jabon, Puskesmas Krian, dan SMPN 4 Sidoarjo. Menpan RB, Syafruddin pihaknya mengapresiasi peresmian MPP Sidoarjo ini. Alasannya karena MPP menjadi salah satu upaya untuk menjawab tuntutan jaman. Baginya MPP ini merupakan proses kolaborasi yang menjembatani kebijakan publik dan memadukan layanan pemerintah pusat, daerah, swasta dalam satu tempat.“Tidak menutup kemungkinan MPP ini akan cepat penuh. Tidak bisa memenuhi antusiame masyarakat. Enam bulan kedepan saat masyarakat antusias bukan hanya masyarakat Sidoarjo yang akan kesini, tapi masyarakat diluar Sidoarjo akan berbondong-bondong kesini untuk bisa mengakses layanan publik. Makanya Pemkab Sidoarjo perlu mempersiapkan tempat yang lebih luas untuk MPP ini. Pemerintah pusat akan mendukungnya,” paparnya.Sebelum meninjau puluhan ke stand pelayanan publik Menpan RB menandatangani prasasti peresmian MPP Kabupaten Sidoarjo. "Kami sangat mengapresiasi MPP di Sidoarjo ini karena selain lokasi sangat bagus, pelayanannya juga sudah serba online," kata Syafruddin kepada wartawan di MPP Sidoarjo, Jalan Veteran Lingkar Timur, Selasa (29/1/2019). Menurut Syafruddin, MPP sangat dibutuhkan karena masyarakat akan menuntut semua pelayanan yang serba cepat.
 Sesuai dengan perkembangan zaman yang sudah memasuki era digital. keinginan Pemkab Sidoarjo untuk membangun gedung 17 lantai masih sangat tinggi titik meski beberapa kali ditolak dewan Bupati tetap berniat mengajukan kembali rancangan pembangunan itu. Terkait alasannya kebutuhan untuk pelayanan terpadu atau mobil layanan publik sangat mendesak. Melihat layanan di Gedung Serbaguna itu semakin membludak, mencapai sekitar 600 layanan setiap hari. Dengan bangunan yang mumpuni, disebut oleh Bupati dua periode tersebut pelayanan publik di Sidoarjo juga bakal lebih maksimal. Rencananya anggaran untuk mal pelayanan publik sendiri sekitar 500 miliar bakal diajukan ke DPRD Sidoarjo pada PAK tahun 2019. Pihaknya juga berharap mengajukan ini bisa diterima dan disetujui oleh dewan. Di sisi lain kalangan dewan sepertinya masih berat untuk menerima atau merestui ada rencana pembangunan gedung tersebut alasannya sama seperti beberapa waktu lalu dirasa pemborosan. Dewan menilai bahwa bangunan-bangunan kantor layanan di Sidoarjo sudah dibangun atau direnovasi dengan baik ada beberapa waktu lalu dan sejauh ini kondisi dirasa masih mumpuni atau sangat layak untuk melayani masyarakat.

Related

Opini 7506973773260084098

Posting Komentar

emo-but-icon

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik
Semoga Almarhum Di Terima Disisinya Dan Yang Ditinggalkan Diberi Ketabahan (Selamat Jalan Komandan Kami Keluarga Besar Memo Pos Jember Selalu Panjatkan Doa Untukmu)

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Ciptakan Pilkada Jember Aman Dan Damai

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item