Akibat Covid 19,Anggaran Harus Dipangkas Namun Semangat Kinerja Kementerian Dan Lembaga Tak Pernah Tumbang

Oleh : Shendya Rossi Sentifolia,
Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Dalam era pandemi seperti saat ini tidak hanya pada negara Indonesia saja yang mengalami dampak menurunnya kurs ekonomi namun seluruh negara di penjuru dunia hampir terdampak adanya virus Covid-19. Hingga saat ini nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada sesi I perdagangan masih tumbang di kisaran level Rp. 13.380/USD.
Dengan adanya wabah ini anggaran untuk Pemerintah Pusat dan Daerah di-refocusing untuk membantu penanganan Covid-19, dana anggaran tersebut di bagikan paling besar untuk Dinas Sosial yang akan dibagikan untuk masyarakat luas dan yang kedua untuk Dinas Kesehatan yang akan di bagikan untuk rumah sakit yang menangani Covid-19 disetiap daerah
Namun pada situasi refocuring anggaran seperti saat ini aparatur ASN sangat dituntut agar dapat mencapai efektifitas dan efisien kinerja. Meskipun anggaran telah di-refocusing 50 persen namun kementrian dan lembaga seluruh ASN memiliki semangat kerja yang tinggi, Anggaran yang minim dan terbatas bukan berarti kinerja juga harus turun 50 persen, terdapat berbagai strategi dan inovasi baru yang dilakukan agar kinerja tetap maksimal, dengan cara menerapkan e-government yang lebih baik di setiap daerah.
Pada situasi seperti saat ini juga sangat membawa sisi yang positif dalam kemajuan penerapan e-government atau Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Padahal sebelum adanya wabah ini masih sangat banyak pemerintah yang lebih suka menggunakan sesuatu dengan cara manual, namun kini mereka dituntut untuk belajar dan bisa memperbaiki sistem layanan elektronik yang ada di setiap daerah demi kelancaran administrasi pada setiap lembaga.
Meskipun tidak ada satupun PNS yang siap menghadapi kondisi wabah seperti saat ini, namun Kementrian PANRB menyatakan banyak perubahan inovasi serta trobosan yang lahir untuk melakukan perubahan agar ASN dan instansinya dapat bekerja secara maksimal. Bahkan beberapa instansi telah menerapkan laporan kerja harian yang bisa diakses secara online, hal sederhana ini adalah cara efektif untuk memantau kinerja ASN selama penugasan dirumah.
Dengan adanya Kebijakan Work Form Home (WFH) untuk para PNS selama pandemi, bukan berarti sebagai halangan untuk tidak berkinerja namun para ASN dapat menyelesaikan tugasnya dengan efektif dan efisien dengan cara penerapkan e-governance.



Related

Opini 5627277834177278610

Posting Komentar

emo-but-icon

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik
Semoga Almarhum Di Terima Disisinya Dan Yang Ditinggalkan Diberi Ketabahan (Selamat Jalan Komandan Kami Keluarga Besar Memo Pos Jember Selalu Panjatkan Doa Untukmu)

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Ciptakan Pilkada Jember Aman Dan Damai

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item