Polres Blora Gelar Simulasi Penangan Pemakaman Jenazah Covid-19

Gelar Simulasi Penanganan Pemakaman Jenazah Covid-19 

MEMOPOS.com,Blora - Kepolisian Resor Blora, (Polres Blora)  Polda Jateng membentuk tim khusus penanganan jenazah pasien virus covid - 19, dalam upaya mengantisipasi penelantaran dan penolakan pemakaman jenazah pasien COVID-19 di Kabupaten Blora.

Tim yang berjumlah 50 personel tersebut dibekali latihan serta simulasi penanganan jenazah mulai dari rumah sakit hingga pemakaman.

Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan,S.I.K. melalui Kabag Sumda Kompol Dr.Rubiyanto,M.Si. mengatakan simulasi penanganan jenazah COVID-19 digelar untuk melatih personel yang tergabung dalam tim khusus tentang tata cara mengurus jenazah pasien COVID-19.
Kegiatan Simulasi dipusatkan di halaman belakang Mapolres Blora, Selasa, (21/04/2020).

"Seperti yang kita ketahui, di beberapa tempat jenazah korban COVID-19 mendapat penolakan masyarakat. Hal ini kita antisipasi dengan melakukan pelatihan kepada personel," ucap Kabag Sumda dalam pembukaan pelatihan Simulasi.

Dalam kegiatan tersebut Polres Blora mengundang tim ahli dari RSU Blora yang dipimpin oleh Kepala Kamar Jenazah Edi Dwi Siswanto,ST.

Ia menyebut dengan digelarnya simulasi tersebut diharapkan personil ada gambaran dalam menangani jenazah pasien COVID-19. Semuanya harus sesuai dengan protokol kesehatan dari Kementerian Kesehatan dan Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO).

"Tahapannya mulai dari rumah sakit, kemudian berangkat ke sana. Hal ini harus sesuai SOP bagaimana prosedur penggunaan APD, prosedur membawa jenazah COVID-19 ke ambulans sampai ke pemakaman," Ucap Kabag Sumda.

Setelah dilakukan pemakaman juga berlaku protokol saat kembali ke rumah sakit, sehingga personel tidak terpapar dengan tetap kembali dilakukan penyemprotan disinfektan terhadap personel.

Selain itu petugas pemakaman jenazah covid - 19 harus menggunakan APD sesuai prosedur yang ada.

Kepada seluruh masyarakat, terutama warga Kabupaten Blora, Kabag Sumda mengimbau untuk dapat menerima dan mengerti bahwa penanganan pemakaman jenazah Covid-19 dilakukan sesuai dengan prosedur yang ada, sehingga aman dan tidak khawatir jika terjadi penularan.(ardy)

Related

Metropolis 534240552431088710

Posting Komentar

emo-but-icon

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik
Semoga Almarhum Di Terima Disisinya Dan Yang Ditinggalkan Diberi Ketabahan (Selamat Jalan Komandan Kami Keluarga Besar Memo Pos Jember Selalu Panjatkan Doa Untukmu)

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Ciptakan Pilkada Jember Aman Dan Damai

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item