PMI Jember Dalam Sehari Sumbangkan 298 Kantong Darah

Donor Darah Sukarela Di Bank Indonesia Perwakilan Jember

MEMOPOS.com,Jember - Bank Indonesia Perwakilan Jember kembali menggelar kegiatan donor darah sukarela di aula-nya. Seperti tahun tahun sebelumnya, donor darah kemarin (10/3) relawan donor darah berhasil menyumbangkan 298 kantong darah ke Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Jember.

Meski demikian, banyak juga relawan pendonor yang tidak bisa sedekah darah. Sebab, saat pemerikaan tidak memenuhi standar untuk donor darah. Seperti tensi terlalu tinggi atau terllau rendah. Juga HB atau berat badan yang tidak memenuhi ketentuan yang berlaku. Bagi yang belum bisa sedekah darah disarankan untuk istirahat cukup, makan makan sehat dan bergizi. Mereka diharapkan ikut kegiatan donor darah berikutnya.

Hampir tiap tiga bulan sekali, ratusan relawan pendonor berduyun-duyun ke Bank Indonesia untuk donor darah.
Selaian masyarakat umum banyak juga pegawai bank yang ambil bagian. “Kegiatan donor darah yang di selenggarakan Bank Indonesia Perwakilan Jember bersama tim mobil unit donor darah selalu menyumbangkan kantong darah yang banyak. Hari ini (kemarin, Red) berhasil menyumbangkan 298 kantong darah,” kata ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH.

Menurut Zaenal Marzuki, kegiatan donor darah sukarela yang diselenggarakan Bank Indonesia perwakilan Jember selalu membeludak. “Banyak karyawan perbankkan yang ikut serta. Mereka aktif ikut kegiatan donor darah di Bank Indonesia. Tetapi banyak juga masyarakat umum dan mahasiswa,” terangnya.

Dia menjelaskan, tidak hanya Bank Indonesia yang mampu menggelar kegiatan donor darah dengan peserta yang banyak. ‘Selain Bank Indonesia ada juga dari TNI atau Polri yang menghimpun peserta banyak. Tetapi selama ini yang paling banyak memang acara Bank Indonesia,” ujarnya.

Zaenal Marzuki menjelaskan, darah yang terhimpun nantinya masih akan diuji sharing lagi. “Darah yang rusak atau terkotanminasi penyakit yatiu penyakit HIV/AIDS, Sipilis dan Hepatitis akan dimusnahkan dengan incenerator. Hanya darah yang sehat nantinya yang  akan ditransfusikan ke pasien yang membutuhkan,” terangnya.

Tingginya minat berdonor darah oleh relawan pendonor menjadi bukti kesadaran masyarakat untuk membantu sesama meningkat. Dari tahun ke tahun, menurut pengacar senior Jember tersebut, jumlah pendonor sukarela terus meningkat. “Kesadaran masyarajat untuk membantu sesama dengan donor darah terus meningkat,” terangnya.

Tidak hanya aktif donor darah, sekarang mulai bermunculan kelompok masyarakat menggelar kegiatan donor darah. ‘Saat ini banyak masyarakat yang menggerakan teman dan tetangganya untuk kegiatan donor darah yang diadakan UDD PMI kabupaten Jember,” pungkasnya. (ndik)

Related

Headline 3361661086643430523

Posting Komentar

emo-but-icon

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik
Semoga Almarhum Di Terima Disisinya Dan Yang Ditinggalkan Diberi Ketabahan (Selamat Jalan Komandan Kami Keluarga Besar Memo Pos Jember Selalu Panjatkan Doa Untukmu)

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Ciptakan Pilkada Jember Aman Dan Damai

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item