Perjuangan Petugas Dispenduk Capil Jember Buat Warga Difabel Di Ledokombo Jember

Bigilah Perjuangan Para Perekam KTP - el Di Ledokombo 

MEMOPOS.com,Jember - Dispenduk Capil Kabupatrn jember Hari ini 10/2/2020,Petugas perekaman KTP-el di Kabupaten Jember, harus saling berpegangan tali, di kedua sudut kain merah. Setelah itu, giliran kain warna biru yang mereka pegang. Kedua kain warna berbeda itu, sebagai background penanda tahun ganjil dan genap di KTP-el.

Tak selesai di sana. Seperangkat alat perekaman KTP-el pun, seperti pindah kantor. Sebab mereka, melakukan perekaman di dapur berbilik bambu, milik janda tua dengan dua orang anaknya yang disabilitas.

Tak mudah bertugas di rumah warganya itu. Apalagi, dua warga yang mereka proses perekaman KTP-el, dua pemuda pemudi berkebutuhan khusus. Bahkan petugas harus sabar, mengarahkan gaya keduanya hingga foto terbaik sesuai standart perekaman.

Kedua warga penerima layanan perekaman KTP-el itu Muhammad (30) dan Yani (25). Mereka kakak beradik yang tinggal di Dusun Krajan, Desa Karang Paiton, Ledokombo.

Sejak kecil, keduanya sudah difabel. Namun di hari itu, Muhammad tampak ganteng, Yani pun lebih bersih karena mukanya dibedaki. Sebab mereka, tentu ingin menampilkan performa terbaiknya.

Ya, begitulah cara Pemkab Jember memberi perhatian khusus, pada warganya yang tak bisa dipaksakan datang langsung ke Kantor Dispenduk Capil, untuk merekam KTP-el. Terlebih, sejak Bupati Faida memimpin. Beberapa terobosan seperti perekaman KTP-el On The Spot, sampai diantar langsung hasil cetakannya melalui Pendopo Express, menjadi komitmen terbaiknya untuk masyarakat Jember.

Kenapa demikian?, Tentu karena Bupati Faida sadar, bahwa administrasi kependudukan sejatinya kunci utama sebagai syarat penerima program pemerintah. Jika Muhammad dan Yani yang miskin dan disabilitas itu tak memiliki KTP-el, maka keduanya pun akan terlompati saat ada program yang harusnya menjadi haknya.

"Data kependudukan ini untuk digunakan mendapatkan bantuan program pemerintah Kabupaten, provinsi, maupun pusat," terang Camat Ledokombo, Jono Wasinudin. (ndik/Rul)


Related

Headline 179762299008655980

Posting Komentar

emo-but-icon

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik
Semoga Almarhum Di Terima Disisinya Dan Yang Ditinggalkan Diberi Ketabahan (Selamat Jalan Komandan Kami Keluarga Besar Memo Pos Jember Selalu Panjatkan Doa Untukmu)

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Ciptakan Pilkada Jember Aman Dan Damai

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item