Hadapi Cuaca Ekstrim, Lurah Sempusari Bentuk Tim Tanggap Bencana

Lurah Sempusari Saat Di Temui Dikantornya

MEMOPOS.com,Jember - Menghadapi cuaca yang ekstrim, pihak Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, membentuk Tim Kelurahan Tanggap Bencana (KTB).

"Saya membentuk Kelurahan Tanggap Bencana itu, bukan karena ada dampak banjir kemarin, tetapi karena cuaca sangat ekstrim. Utamanya wilayah di jember, ditakutkan ada kejadian seperti sebelum-sebelumnya," kata Lurah Sempusari, Hariyanto saat ditemui diruangannya, Kamis (27/2/2020).

Maka dari itu, pihaknya bersama dengan warga mengantisipasi kejadian tersebut, sehingga pada tanggal 27 Januari 2020 dirinya membuat KTB.

"Setelah saya diskusikan dengan teman-teman, dari kepemudaan, tokoh masyarakat, dan terbentuklah KTB, yang juga diresmikan oleh Camat Kaliwates Asrah Joyo Wardono, sekaligus pengukuhan RT/RW dan empat lembaga lainnya, seperti RT/RW, LPM, KTB dan Ruang Info Sempusari (RIS)," ujarnya.

Setelah dibentuk, secara kebetulan kemarin ada bencana banjir di wilayahnya. Jadi TKB bisa bermanfaat disini.

Selain pengurus, perengkrutan ini melibatkan setiap lingkungan terdiri dari 5 orang anggota. Jadi sementara, total 15 anggota setiap lingkungan dan dikalikan tiga lingkungan, dan nanti ini pasti berkembang.

"Memang sementara ini, para anggota KTB ini hanya kita berikan pengetahuan dasar. Dimana nanti saya berencana gandeng dari pihak BPBD," tuturnya.

Menurut, Hariyanto wilayah sempusari ini memang berada di hulu dari dataran tinggi. Jadi mulai dari wilayah Panti dan gunung Argopuro, arah air turun ke wilayah Sempusari dan langsung ke sungai bedadung.

"Kalau d sempusari biasanya hanya bencana banjir, dan itu berasal dari luapan saja, dari aliran yang tidak muat menampung, akibat air yang deras dari dataran atas," tukasnya. (ndik)

Related

Pemerintahan 2495265098358784347

Posting Komentar

emo-but-icon

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik
Semoga Almarhum Di Terima Disisinya Dan Yang Ditinggalkan Diberi Ketabahan (Selamat Jalan Komandan Kami Keluarga Besar Memo Pos Jember Selalu Panjatkan Doa Untukmu)

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Ciptakan Pilkada Jember Aman Dan Damai

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item