Kanit Binmas Polsek Tunjungan Berikan Sosialisasi Saber Pungli

Kanit Binmas Saat Sosialisasi Saber Pungli

MEMOPOS.com,Blora - Kanit Binmas Polsek Tunjungan Polres Blora Aiptu Bambang Dwi Purnomo melakukan Sosialisasi Sapu Bersih Pungutan liar ( Saber Pungli ) di Pendopo Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora, Kamis (30/01/2020).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Seluruh Kepala Desa beserta perangkat, seluruh anggota BPD serta perwakilan masyarakat Kecamatan Tunjungan. Dalam kegiatan sosialisasi Saber Pungli tersebut, masyarakat terlihat sangat antusias dan menyambut baik dan mendukung kegiatan sosialisasi saber pungli.

Aiptu Bambang mengatakan tujuan diselenggarakannya sosialisasi ini untuk dapat memberantas praktek pungutan liar (pungli) yang terjadi di tengah masyarakat desa.

Kanit Binmas Polsek Tunjungan juga menghimbau kepada Kepala Desa dan perangkatnya untuk menghindari pungutan liar yang dapat menguntungkan pribadi dan merugikan masyarakat.

Ada beberapa pelayanan masyarakat yang ada di tingkat desa, contohnya pelayanan pembuatan permohonan nikah, permohonan pembuatan Kartu Keluarga (KK), pembuatan Akte Lahir dan lain sebagainya. Tentu dalam pelayanan masyarakat tersebut berpotensi menimbulkan aksi pungutan liar. Salah satunya dengan memberikan uang kepada petugas agar proses dipercepat. Hal ini justru akan membahayakan petugas itu sendiri. "Disitu tugas Kepala Desa untuk memberikan petunjuk dan pemberitahuan kepada petugas pelayananan masyarakat tersebut," ucap Bambang.
Dengan adanya sosialisasi saber pungli yang diadakan oleh Polres Blora ini diharapkan para Kepala Desa lebih mengerti dan memahami apa itu pungutan liar, dan bagaimana ancaman hukuman apabila seseorang telah tetangkap tangan melakukan pungutan liar.

“Tidak hanya kepolisian saja yang berperan, semua unsur pemerintahan dan elemen masyarakat juga harus mendukung hal ini karena ini merupakan salah satu cara perbaikan pelayanan publik,” pungkasnya.

Sementara itu, Bunari, perangkat desa Sukorejo mengatakan bahwa, pihaknya akan mendukung penuh kegiatan saber pungli di desanya, "Tentunya kita dukung penuh kegiatan Saber Pungli ini, untuk mewujudkan pelayanan yang baik bagi warga desa," ucap Bunari.(ardy)

Related

Serba Serbi 4153328317664623807

Posting Komentar

emo-but-icon

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik
Semoga Almarhum Di Terima Disisinya Dan Yang Ditinggalkan Diberi Ketabahan (Selamat Jalan Komandan Kami Keluarga Besar Memo Pos Jember Selalu Panjatkan Doa Untukmu)

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Ciptakan Pilkada Jember Aman Dan Damai

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item