Dandim 0824/Jember Hadiri HUT LVRI Ke 63

Pemotongan Nasi Tumpeng Oleh Dandim 0824 Jember 

MEMOPOS.com,Jember - Kurang lebih sekitar 50 persen putra-putri dari pensiunan, yang tergabung dalam Legium Veteran Republik Indonesia (LVRI) Jember menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI).

"Sebagian ada anggota TNI, Polisi. Yang jelas banyak yang meneruskan bapaknya, kurang lebih 50 persen ada," kata Ketua LVRI Cabang Jember Soenyoto usai rangkaian acara tasyakuran Ulang Tahun LVRI yang ke-63 tahun di markasnya, Selasa (7/1/2020).

Menurutnya, alasan dari putra-putri menjadi TNI, kemungkin sekarang cari pekerjaan sulit dan juga merupakan warisan dari orang tuanya.

"Menjadi angkatan modalnya fisik, sehat dan sebagainya. Termasuk warisan dari bapaknya, sebagai pejuang. Sehingga mereka betul-betul ada latar belakang," ungkapnya.

"Termasuk salah satu anggota, anaknya sudah mau bintang. Jadi bukan semata-mata, tapi mewarisi perjuangan dari bapaknya," imbuh Soenyoto.

Saat ditanya, apa lebih mudah putra-putri dari veteran masuk menjadi TNI atau mendapatkan peluang khusus, Soenyoto menjawab tidak mudah juga untuk lulus.

"Jadi putra veteran itu, tidak bisa mudah untuk diluluskan. Karena apa? Dasarnya kesehatan harus betul-betul sehat. Karena masuk TNI badan harus sehat, dan apabila dipaksakan, di pendidikan saja tidak akan mampu atau sakit dan sebagainya," akunya.

Soenyoto juga menceritakan pengalamannya, saat bertugas dan menjadi pelatih di kesatuannya. "Karena, saya juga pernah menjadi pelatih di Secaba, ada putra veteran di mak-up dan dipaksakan untuk masuk di jalur apapun, ternyata sakit dan tidak bisa lanjut," cerita kepada beberapa wartawan.

Jadi kategori masuk TNI, itu umum dan siapa saja bisa. Tidak serta merta putra-putri dari veteran. Tetapi kalau dari anak veteran itu, hanya bisa memberikan bekal dan pembinaan fisik serta materi yang akan diberikan, selain tubuh yang sehat.

Dalam rangkain HUT kali ini, rangkaian acara diantaranya ziarah makam pahlawan, upacara dan acara tasyakkuran. Dimana anggota LVRI ada 419 sekabupaten jember dan ada 11 markas ranting dibeberapa kecamatan.

"Harapan saya, kepada veteran ini mensosialisasikan jiwa semangat tahun 1945 dan itu yang paling pokok. Karena apa, semakin kedepan itu anak-anak muda mudah tergerus atau terpengaruh. Kalau kita tidak bekali itu, kita tidak akan tahu," jelasnya.

Sementara Dandim 0824 Jember Letkol Inf La Ode M. Nurdin pertama menyampaikan  semoga dengan kegiatan HUT ini para veteran semakin kompak, sehat selalu dan dapat melaksanakan kegiatan di masyarakat.

La Ode meninginkan, veteran ini bisa menjaga kondusifitas wilayah. Karena kehadiran veteran ini, merupakan pejuang dan sebagai penerus, harus bisa meneruskan tongkat estafet pembangunan bangsa di berbagai bidang.

Dirinya mengaku sangat luar biasa, dimana putra putri dari para veteran ini bisa meneruskan perjuangan, menjadi TNI juga. Menurutnya, pertama melihat dari pada orang tua mereka, yang memang rata-rata pejuang.

"Tadi juga saya melihat ada juga, yang anak ketiga-tiganya Tentara semua. Luar biasa bagi saya, jadi mereka melihat sosok orang tua menjadi panutan anak-anaknya," ungkapnya.

Jadi veteran ini mempunyai andil yang sangat besar kepada generasi muda, karena mereka bisa melihat contoh dari orang tuanya.

"Jadi anak-anak mereka juga ingin seperti orang tua. Tadi ada anaknya juga ada yang Akabri dua orang, dan ini luar biasa bagi saya," jelas La Ode.

Kepada veteran, Dandim 0824 berpesan agar para veteran menjadi agen-agen keamanan wilayah, dan saran membangun untuk veteran ini sangat dia harapkan. (ndik)

Related

Headline 1670639171776597131

Posting Komentar

emo-but-icon

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik
Semoga Almarhum Di Terima Disisinya Dan Yang Ditinggalkan Diberi Ketabahan (Selamat Jalan Komandan Kami Keluarga Besar Memo Pos Jember Selalu Panjatkan Doa Untukmu)

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Ciptakan Pilkada Jember Aman Dan Damai

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item