Jam Komandan, Dandim 0622/Sukabumi Letkol Arm Suyikno Bijaklah Dalam Bermedsos

Dandim Saat Beri Evaluasi

MEMOPOS. com, Sukabumi-Untuk membina dan membentuk prajurit yang memiliki jiwa disiplin dan profesional, Komandan Kodim 0622 kabupaten Sukabumi menegaskan serta memberikan paparan dan arahan dalam menggunakan media sosial, yang bertempat di Aula Makodim 0622 Jl. Cikeong Pelabuhan ratu. Senin (14/10/2019)

Jam Komandan adalah salah satu cara yang dilakukan oleh Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi Letkol Arm Suyikno, Untuk berkomunikasi Secara langsung kepada seluruh anggota untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan maupun kondisi langsung para prajuritnya.

Setiap manusia harus selalu bersyukur kepada Tuhan yang maha Esa dalam menjalankan aktivitas kehidupan sehari-hari. Untuk itu, seorang prajurit harus selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta meningkatkan pencapaian kinerja. Hal itu disampaikan oleh Dandim saat mengawali pengarahannya.

Lebih lanjutnya Dandim, dalam pengarahannya memberikan wawasan serta arahan harus lebih bijak dan teliti dalam menggunakan media sosial, Apalagi Jaman Sekarang banyaknya penyebaran berita-berita bohong atau HOAX.

Selain itu juga memberikan paparan mengenai dampak positif dan negatif menggunakan media sosial (MEDSOS).

Disampaikannya, bahwa menggunakan media sosial dampak positifnya itu ada beberapa hal diantaranya ;
1. Sebagai media penyimpanan informasi. Yang sangat mudah menyebar melalui situs jaringan sosial. Hanya dalam tempo beberapa menit setelah kejadian, kita telah bisa menikmati informasi tersebut.

2. Situs jaringan sosial membuat anak dan remaja lebih bersahabat, perhatian. Dengan mengggunakan situs-situs web, para pengguna internet diseluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.

3. Media sosial dapat menyambung tali silaturrahmi memudahkan bagi orang yang memiliki sanak family yang jauh, jaringan sosial ini sangat bermanfaat dan berperan untuk mempertemukan kembali keluarga dan kerabat yang berada jauh dari kita, dan yang jauh dengan yang lama sudah tidak bertemu. Hal tersebut dapat dilakukan lewat media maya seperti video call.

4. Mempermudah berbelanja, seperti menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari di sosial media, online shop, pria dan wanita,hal tersebut sangatlah mudah dilakukan, Hal ini memungkinkan para pengusaha kecil dapat mempromosikan produk dan jsanya tanpa mengeluarkan banyak biaya. Apalagi bagi mahasiswa yang membutuhkan uang dengan kerja sampingan yang tidak begitu sulit. Mereka cukup memodali hp dan kuota lalu mempromosikannya, mulai dari teman ke teman, tetangga, bahkan yang jauh sekalipun.

5. Media sosial juga dapat memanfaatkan sebagai jalan dakwah atau menyampaikan ajaran-ajaran islam. Sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan dan sosial. Pengguna bisa bersosialisasi dengan publik mengelola jaringan pertemanan, dan beradaptasi dengan siapapun, bahkan orang yang tidak dikenal dari seluruh penjuru dunia.

Sedangkan dampak negatif dari penggunaan media sosial yaitu ;

1. Berawal dari media sosial sering terjadi tindak kejahatan seperti penipuan, pembunuhan, pemerkosaan, penculikan dll.

2. Susah bersosialisasi dengan orang sekitar. Karna penggunaan media sosial membuat malas para user untuk berkomunikasi dengan dunia nyata. Hal ini memang benar sekali, mempunya teman yang sangat aktif dalam bersosial media, dia selalu memposting apa saja yang ia kerjakan. Namun berbeda jauh dengan kenyataan. Ornag yang aktif di sosial media nyatanya adalah orang pendiam dan tidak banyak bergaul.

3. Karna pengunaan media sosial lebih sering menggunakan bahasa informal dalam keseharian sehingga bahasa yang formal pun menjadi terlupakan, jika tidak pandai mengontrol,jika tidak maka kita akan terjerumus dalam pergaulan bebas,karna tidak bisanya menjaga ucapan.

4. Situs media sosisal akan membuat seseorang lebih mementingkan diri sendiri, mereka menjadi tidak sadar akan lingkungan disekitar meraka karna terlalu banyak menghabiskan waktu mereka dengan menggunakn internet.

5. Media sosial dapat membuat anak-anak dan remaja menjadi lalai dan juga tidak bisa membagi waktu karna terlalu asik dengan dunia maya, yang tidak tau bagaimana bentuknya seperti apa. Apalagi untuk seorang pelajar, apabila sudah kecanduan maka meraka lebih mementing hal tersebut dari pada keperluan, bahkan rela menyisihkan uang saku jika itu sangat membutuhkan kuota internet.


Dandim Juga Menegaskan bahwa harus berhati-hati dengan banyaknya beredar penyebaran HOAX atau berita Bohong Melalui Media Sosial Baik Dengan instansi Militer maupun didalam keluarga.

"Berhati-hati memposting kegiatan, Memposting Orang, Berkomentar Kepada Orang, khusus dengan instansi Militer baik kepada bawahan apalagi kepada atasan.
Oleh karena itu, kita harus pandai-pandai memilih dan memilah jika menerima informasi jangan asal kirim saja sebelum jelas sumbernya, Bahkan kita Harus memberikan pembinaan atau wawasan kepada keluarga dan juga kepada masyarakat luas bagaimana menggunakan media sosial agar lebih bermanfaat, dalam pergaulan di media sosial jangan sampai kita dikuasai oleh dunia tapi kitalah yang harus menguasai dunia, jangan pula menjadi orang yang ketinggalan jaman".

(Hengki juendi)

Related

Suara TNI 2683479953137029331

Posting Komentar

emo-but-icon

Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin SIK.MH.

Kapolres  Jember AKBP Arif Rachman Arifin  SIK.MH.
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Jatuhnya Pesawat Sriwijaya SJ - 182

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item