Bupati Blora Ajak Anak Anak Dan Masyarakat Umum Gemar Membaca Buku

Bupati Blora Saat Bersama Masyarakat

MEMOPOS.com, Blora-Pameran Buku dibuka  Bupati Blora H.Djoko Nugroho,digelar di GOR Mustika  Blora
Dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Blora menyelenggarakan pameran buku di GOR Mustika Blora selama tujuh hari di mulai dari tanggal 29 Oktober 2019 sampan tanggal 4 November 2019 selesai

Pameran buku tersebut bertujuan meningkatkan literasi dan minat baca  bagi peserta didik dan masyarakat secara umum

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Blora, Aunur Rofiq, SE, M.S  mengemukakan kegiatan yang berlangsung meliputi pameran buku murah dari aneka penerbit lainya.

Selain itu ada  pemeran wisata buku dan sejumlah acara pendukung, yaitu lomba pidato bahasa Inggris, lomba bercerita (SD/MI), lomba Da’i cilik, lomba baca puisi anak dan umum, lomba hafidz Quran, dan pertunjukan pentas seni barongan, lomba karaoke anak, karaoke dangdut, lomba mewarnai tingkat Kelompok Belajar/Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar serta lomba fashion show dengan
tujuannya  mengajak siswa siswi untuk meningkatkan gemar baca bagi pelajar sehingga masyarakatpun ikut  minat membaca.

Dalam waktu tujuh hari  pameran terse but akan buka mulai 09.00 WIB hingga 21.00 WIB,secara gratis masuk untuk umum,” jelasnya.

Pameran Buku dibuka langsung oleh  Bupati Blora H. Djoko Nugroho ditandai dengan pemukulan gong,dan dilanjutkan pengguntingan pita di depan gerbang pintu masuk ruang pameran (GOR) Mustika.

“Syukur alhamdulillah, kita semua diberi kesehatan oleh Allah SWT yang telah diberikan kepada kita semua, sehingga bisa mendukung penuh dalam pelaksanaan pameran buku, tersebut,Ucap Bupati Blora yang mengawali sambutan terse but,

Yang disampaikan Bupati Blora, sejatinya pada hari yang sama, di Jakarta, ada 32 Bupati dan Walikota yang menerima penghargaan Ki Hajar Dewantara (KHD) Award.
“Salah satunya adalah Kabupaten Blora. Dan saya dinilai sebagai Bupati yang mendukung kependidikan dengan IT, sehingga seperti dana BOS bisa transparansi dan akuntabel,” jelasnya.

Dan tetapi,Ucap Bupati Blora, dirinya merasa masih gagal mengajak anak-anak untuk gemar membaca dan menulis
oleh karena itu, lanjut Bupati Blora, menghimbau kepada para guru dan kepala sekolah untuk mengajak siswa siswi until datang berkunjung ke pameran buku dan membelinya yang diminati

Setelah buku yang dibeli harus dibaca dan di ambil hikmahnya,sehingga bisa bermanfaat,bila sudah paham dibaca bisa disumbangkan kepada perpustakaan di desa atau para siswa siswi yang gemar membaca sekolah terdekat.

Bupati Blora menyampaikan sebentar lagi kantor perpustakaan yang  dibangun berlantai empat akan jadi dan nanti segera diresmikan,  diminta didesain yang menarik dengan melibatkan andil dari sekolah di sekitarnya.

Untuk pengelolaannya tersebut didalamnya saya minta ada kafe yang murah dan sehat, ada aneka permainan yang mendukung, terpenting lagi dikasih spirit untuk anak agar gemar membaca buku.

Sehingga pihaknya sepakat bahwa perpustakaan harus menjadi ikonik yang menarik di Kabupaten Blora untuk anak dan masyarakat umum.


 Kepala Bidang pengelolaan dan Pelestarian Arsip Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, Hary Setyawan, SH, MH, M.Si mewakili Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, Prijo Anggoro Budi Raharjo, SH, MSi dalam sambutannya antara lain menyampaikan optimistis bahwa  Kabupaten Blora menjadi Ikon.

Selanjutnya lagi Perpustakaan harus menjadi sesuatu yang ikonik, dan bisa membanggakan Blora, sehingga bisa membuat perpustakaan tanpa sekat. Karena memang saat ini perpustakaan harus bersaing ketat dengan sosial media(Sosmed)
Disampaikan lagi, pameran ini tidak hanya buku saja melainkan ada dari UMK dan produk lainnya.

Sehingga inii menjadi inklusi. Termasuk salah satunya tadi ada herbal. Kami sangat mengapresiasi, karena Bupati Blora peka terhadap hal kecil dari warga untuk pemajuan bersama.

Tema Pameran Buku tersebut, Blora 2019, “Eksplorasi Budaya Literasi Menuju Blora Sejahtera dan Bermartabat,.

Tampa hadir dalam pembukaan pameran buku tersebut,Forkopimda Blora, Kepala OPD Se-Kabupaten Blora dan pustakawan serta OPD dan juga dari luar kabupaten Blora.
Pembukaan diawali dengan tari kreasi Aku Anak Indonesia dari kelas pra madya  binaan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Merpati pimpinan, Umi Ardiyah, SPd.
Bahkan dinilai menarik perhatian,dari anak-anak penari itu diminta tampil diatas panggung ikut mendampingi Bupati Blora ketika pidato dan juga memberi sambutan. mereka juga diminta untuk memilih buku yang diminati yang dipamerkan.
 Silahkan pilih buku,nanti bapak yang bayar,” ucap Bupati Blora.
Usai acara seremonial, Bupati Blora dan Forkopimda meninjau stand pameran berkililing melihat aneka pameran buku Pungkasnya. (arsy)

Related

Pemerintahan 6213745550950887515

Posting Komentar

emo-but-icon

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik
Semoga Almarhum Di Terima Disisinya Dan Yang Ditinggalkan Diberi Ketabahan (Selamat Jalan Komandan Kami Keluarga Besar Memo Pos Jember Selalu Panjatkan Doa Untukmu)

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Ciptakan Pilkada Jember Aman Dan Damai

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item