Polres Lumajang Gelar Operasi Patuh Semeru 2019 Untuk Tekan Angka Kecelakaan

Kapolres Lumajang Saat Diwawancarai

POLRES LUMAJANG (29/08/2019). Pagi hari ini kamis 28 Agustus 2019, Polres Lumajang melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka pelaksanaan Operasi Semeru 2019.

Operasi Patuh Semeru 2019 dimulai hari ini 29 agustus hingga 11 september 2019 atau selama 14 hari pelaksanaannya. Kegiatan ini dilakukan serempak se-Indonesia dibawah kendali operasi dari Korps Lantas Polri.  Operasi Patuh ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pengendara dalam mematuhi aturan berlalu lintas yang baik dan benar, sehingga dapat untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas khususnya kecelakaan yang dapat menyebabkan kematian dijalan raya.

Kapolres Lumajang AKBP DR Muhammad Arsal Sahban SH SIK MM MH mengungkapkan "operasi patuh semeru 2019 kami laksanakan selama 14 hari. Ini adalah cara mengingatkan masyarakat untuk selalu patuh dalam berkendara. ingatlah keluarga dirumah, jangan karena mau cepat sampai dirumah malah akhirnya terlibat kecelakaan lalu lintas karena melawan arus, atau menggunakan HP saat berkendara atau sebab-sebab lain yang diawali pelanggaran lantas. Keluarga dirumah menunggu anda dalam keadaan selamat” ujar Arsal

“Disebutkan oleh WHO bahwa angka kematian akibat Kecelakaan lalu lintas sangat tinggi bahkan lebih tinggi dari pada korban perang, sehingga jalan dapat dikatakan sebagai mesin-mesin pembunuh apabila masyarakat tidak taat aturan berlalu lintas. ditambah lagi korban-korban kecelakaan lalu lintas umumnya adalah usia produktif yang merupakan tulang punggung keluarga. sehingga kecelakaan fatalistik yang terjadi secara linear juga menyebabkan terjadinya pemiskinan dalam keluarga tersebut”ungkap Arsal kembali


Kasat Lantas.  “Tujuan Operasi Patuh Semeru 2019 supaya masyarakat bisa lebih tertib dalam berkendara, harapannya agar kita dapat menekan angka kematian akibat kecelakaan. Ada 8 pelanggaran yang menjadi Prioritas untuk kami tindak dalam operasi ini”ujar giri

Adapun 8 Pelanggaran yang menjadi sasaran utama Operasi Patuh Semeru 2019 adalah :
1. Pengemudi kendaraan roda dua yang tidak menggunakan helm SNI
2. Pengemudi kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat yang masih di bawah umur.
3. pelanggaran over speed atau kecepatan yang melebihi ambang batas.
4. sabuk keselamatan khusus pengendara roda empat. Bagi pengendara mobil wajib menggunakannya, baik pengemudi maupun penumpang.
5. melawan arus. Melawan arus ini  tak hanya mengancam pengendara itu sendiri, tapi juga pengendara lain.
6. pengemudi dibawah pengaruh minuman keras maupun narkoba.
7. Penggunaan HP saat berkendara.
8. Penggunaan lampu strobo. (ndik)

Related

Headline 3541378345526358207

Posting Komentar

emo-but-icon

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik
Semoga Almarhum Di Terima Disisinya Dan Yang Ditinggalkan Diberi Ketabahan (Selamat Jalan Komandan Kami Keluarga Besar Memo Pos Jember Selalu Panjatkan Doa Untukmu)

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Ciptakan Pilkada Jember Aman Dan Damai

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item