Memberantas Penyakit TBC, KKN 82 UMM Adakan Penyuluhan Di Desa Tulungrejo


MEMOPOS.com,Malang-Kelompok 82 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengadakan penyuluhan mengenai penyakit Tuberkulosis (TBC) di Desa Tulungrejo, Kecamatan Donomulyo, Kab. Malang pada Sabtu(10/08).

Penyuluhan yang disampaikan dalam Pertemuan Kader Posyandu Lansia ini dilaksanakan di Balai Desa Tulungrejo dan dihadiri oleh 25 kader posyandu lansia.

Tuberkolosis atau yang lebih kita kenal dengan sebutan TB merupakan suatu penyakit bakteri menular yang berpotensi serius, terutama mempengaruhi paru-paru. Bakteri penyebab TB menyebar ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin.

Indonesia menempati posisi ke tiga dunia dengan penderita TBC terbanyak. Di wilayah Jawa Timur (Jatim) sendiri menjadi kedua terbanyak di Indonesia dengan jumlah 57.014 temuan kasus.

Untuk pemateri dalam penyuluhan ini, Nurul, sebagai kader yang telah mengikuti pelatihan pemberantasan TBC bersama divisi kesehatan dan lingkungan (kesling) KKN 82 membagikan pengetahuannya pada kader-kader lainnya.

Asri, koordinator divisi kesling menjelaskan diadakannya penyuluhan untuk mendukung program unggulan puskesmas donomulyo yakni pemberantasan penyakit tbc dan adanya temuan kasus tbc di desa Tulungrejo.

"Ternyata di sini, ada lebih dari 5 warga yang terjangkit TB dan termasuk desa siaga TB. Maka dari itu kita ingin membagikan pengetahuan untuk mengenali penyakit TB." Tuturnya

Asri juga berharap dengan adanya penyuluhan ini kader-kader bisa meneruskan pengetahuan tentang penyakit TB pada warga lainnya.

"Harapannya kader-kader posyandu tadi memiliki wawasan lebih mengenai penyakit TBC dan memberitahu kepada warga lainnya tentang apa itu TBC, bahayanya, dan mengenali gejala-gejalanya." Yudi/Ririn (dif)

Related

Pemerintahan 1936442020019130878

Posting Komentar

emo-but-icon

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik
Semoga Almarhum Di Terima Disisinya Dan Yang Ditinggalkan Diberi Ketabahan (Selamat Jalan Komandan Kami Keluarga Besar Memo Pos Jember Selalu Panjatkan Doa Untukmu)

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Ciptakan Pilkada Jember Aman Dan Damai

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item