Kasat Lantas Polres Blora Jelaskan Pentingnya Fungsi Sabuk Pengamanan Saat Berkendara

Anggota Lantas Saat Berhentikan Pengemudi

MEMOPOS.com,Blora-Masih banyak orang yang tidak paham tentang pentingnya menggunakan sabuk keselamatan saat berkendara di jalan raya. Padahal, ini adalah salah satu syarat mutlak berfungsinya sistem keselamatan dalam sebuah mobil.

Dalam kegiatan Operasi Patuh Candi 2019 kali ini salah satu focus pelanggaran yakni penggunaan sabuk keselamatan (Safty Belt) bagi pengendara roda empat atau lebih. Karena meski terkadang sebagian masyarakat merasa rishi mengenakannya namun fungsi dan perannnya sangat penting untuk keselamatan kita dalam berkendara.

Menurut Kasat Lantas Polres Blora AKP Edi S, sabuk pengaman/seatbelt adalah sebuah alat yang dirancang untuk menahan seorang penumpang mobil atau kendaraan lainnya agar tetap di tempat apabila terjadi tabrakan, atau bila kendaraan itu berhenti mendadak.

"Sabuk pengaman didesain untuk mengurangi luka dengan menahan penumpang dari benturan, atau terlempar dari dalam kendaraan," katanya, Jumat (30/09).

Pentingnya fitur keselamatan sabuk penumpang membuatnya jadi piranti yang wajib ada pada setiap mobil. Beragam model sabuk keselamata pun telah banyak digunakan dan terus dikembangkan. Berikut macam sabuk pengaman yang ada saat ini.

Sabuk pengaman dua titik, yaitu sabuk pengaman yang menggunakan sistem penahan dengan dua titik. Saat ini model dua titik jarang digunakan. Sementara sabuk pengaman tiga titik, yaitu sabuk pengaman yang membentuk satu jaringan yang sinambung. Jenis ini membantu menyebarkan energi dari tubuh yang bergerak dalam sebuah tabrakan ke dada, selangkangan dan bahu.
Sejak 1980-an sampai saat ini sabuk tiga titik umumnya terdapat di kursi depan saja, sedangkan di kursi belakang hanya tersedia sabuk pangkuan. Perihal seat belt, sudah diatur di Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009. Pasal 57 Ayat 1 dan ayat 3."Setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan wajib dilengkapi dengan perlengkapan kendaraan bermotor.” Jelas AKP Edi.

Kasat Lantas menambahkan perlengkapan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) bagi kendaraan bermotor beroda empat atau lebih sekurang-kurangnya terdiri atas : sabuk keselamatan, ban cadangan dan segitiga serta untuk varian kendaraan baru harus ada Air Bag nya.

Berlanjut ke pasal 60 Ayat 6, Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor beroda empat atau lebih di Jalan dan penumpang yang duduk di sampingnya wajib mengenakan sabuk keselamatan.

“Jangan lupa, pakai sabuk pengaman sebelum mobil berjalan ya!” ajak Kasat Lantas Polres Blora.

Related

Headline 6136064653465643859

Posting Komentar

emo-but-icon

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik
Semoga Almarhum Di Terima Disisinya Dan Yang Ditinggalkan Diberi Ketabahan (Selamat Jalan Komandan Kami Keluarga Besar Memo Pos Jember Selalu Panjatkan Doa Untukmu)

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Ciptakan Pilkada Jember Aman Dan Damai

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item