Kapolres Lumajang Beri Pembekalan Tentang Kenakalan Remaja Kepada Siswa Baru

Kapolres Saat Berdiri Dihadapan Siswa 

MEMOPOS.com,Lumajang-Remaja adalah waktu manusia berumur belasan tahun. Pada masa remaja manusia tidak dapat disebut sudah dewasa tetapi tidak dapat pula disebut anak-anak. Masa remaja adalah masa peralihan manusia dari anak-anak menuju dewasa.22/6

Masa remaja mulai dialami pada saat memasuki SMP. Dimana para remaja sibuk mencari jati diri masing-masing.  banyak para remaja yang salah dalam bergaul dan menyebabkan permasalahan kenakalan remaja bahkan menjurus ke tindak pidana.

Kapolres Lumajang AKBP DR Muhammad Arsal Sahban SH SIK MM MH memberikan pengarahan di SMPN 1 Kedungjajang Kab Lumajang (20/06/2019) kepada siswa didik baru yang akan baru saja di terima di sekolah tersebut terkait kenakalan remaja. Hadir juga para orang tua siswa, dimana tidak kurang dari 800 siswa dan orangtuanya yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Kapolres menjelaskan “masa SMP ini adalah fase pencarian jati diri, dimana banyak factor yang dapat mempengaruhi perkembangan remaja kedepannya. Peran orang tua adalah factor kunci sebagai pendidik yang lebih berpengalaman dan memiliki peranan penting dalam membantu untuk memberikan wawasan yang lebih luas kepada anak mereka. Factor lainnya yang dapat mempengaruhi perkembangan anak adalah lingkungan, dimana jika anak tumbuh di lingkungan yang tidak baik maka masa depan anak tersebut akan hancur. Seperti jika anak tinggal di lingkungan yg suka minum minuman keras, maka si anak akan terpancing untuk mencoba minum-minuman keras bahkan sampai mengkonsumsi narkoba. Narkoba dapat merusak syaraf otak. Kerusakan susunan syaraf terhadap anak, membuat dia tidak dapat berkompetisi di masa depan. Akhirnya jalan kriminalitas yang dipilih. bahkan banyak sekali saat ini pelaku kriminalitas adalah anak-anak dibawah umur”

“Oleh karena itu pengawasan ketat dari orang tua diperlukan di umur-umur anak menjelang remaja. Orang tua harus memperhatikan lingkungan  pergaulan dan teman-teman si anak, agar dapat terkontrol dan tidak terjerumus dalam kenakalan remaja” terang Arsal.

Banyak sekali anak yang tidak sadar terjerumus dalam kenakalan remaja karena hasutan teman sebaya atau teman di lingkungan tempatnya bergaul. Oleh karena itu peran serta orang tua dan guru pembimbing selama si anak memasuki masa remaja ini harus memberikan wawasan yang luas dan cukup kepada anak agar tidak terjerumus kepada jalan yang salah dan merusak masa depannya.(Ming)

Related

Pendidikan 5471464869610132801

Posting Komentar

emo-but-icon

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik
Semoga Almarhum Di Terima Disisinya Dan Yang Ditinggalkan Diberi Ketabahan (Selamat Jalan Komandan Kami Keluarga Besar Memo Pos Jember Selalu Panjatkan Doa Untukmu)

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Ciptakan Pilkada Jember Aman Dan Damai

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item