Kapolres Jember Pimpin Grebeg Saur Ramadhan

Kapolres Jember Saat Bersama Masyarakat Jember

MEMOPOS.com,Jember-Dengan diiringi musik Tradisional patrol, Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo, SH, SIK, MH, keliling Kampung selain membangunkan Warga Muslim dan menyapa Warga di Pos Kamling perumahan.

Alunan musik patrol membuat sejumlah warga yang masih tidur di Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember dikejutkan oleh kedatangan puluhan polisi saat memasuki waktu sahur, Jumat (10/5/2019) dinihari.

Salah satunya, Slamet Hariyanto, warga di perumahan Bukit Permai, Lingkungan Sadengan, Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Sumbersari.

Begitu terkejutnya Rombongan musik potrol membangunkan Warga Untuk makan saur diikuti pak Kapolres langsung.
"Seumur hidup belum pernah ada seorang Kapolrea atau polisi, pagi-pagi waktunya sahur malah leliling kampung dan mendatangi pos Kamling Warga,"kata Slamet

Slamet yang masih "merem melek" bangun tidur, langsung terperanjat begitu keluar rumah. Dia heran begitu melihat puluhan polisi yang dipimpin langsung oleh Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo.

Tapi anehnya, polisi-polisi tersebut malah berkopyah dan memainkan alat musik kentongan, layaknya patrol sahur. Patrol sahur polisi itu kemudian mengelilingi perumahan dengan diikuti mobil patroli.

Sebagian petugas memukul kentongan, dan Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo, Kepala Polsek Sumbersari Kompol Faruk Mustofa Kamil dam Kasat Lantas Polres Jember AKP Edwin Nathanael dan Kasat Reskrim Yadwivana Yumbo Qatasson mengikuti bernyanyi sahur-sahur melalui loudspeaker, dan semua kasat, ikut berpatrol sahur dengan jalan kaki.

Ya, tentu itu bukan penggerebekan teroris, melainkan grebek sahur. Polres Jember mempunyai terobosan untuk menjaga keamanan dan menjaga kesucian bulan Ramadhan, yakni patroli lingkungan dan patrol sahur.

Kapolres memerintahkan 31 Polsek se-Kabupaten Jember melakukan patroli mulai tarawih hingga waktu imsak tiba di lingkungan warga. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama bulan Ramadhan. Jadi, semua polsek anggotanya diwajibkan melakukan grebek sahur.

Menurut Kapolres, di bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran tingkat kriminalitas semakin meningkat. Kalangan penjahat dan residivis menganggap bulan puasa adalah panen pencurian.

"Selain beribadah membangunkan Umat Muslim yang berpuasa Ramadhan bisa menyapa Warga langsung menerima keluhan atau masalah keaman yang dirasakan," jentrehnya Jum'at (10/5) dini hari.

Kusworo, pun membuat terobosan untuk meningkatkan kemananan sambil meramaikan Ramadhan yang cuma setahun sekali.

Dia pun memilih patrol sahur karena kegiatan itu membangunkan orang yang berniat puasa dan hitung-hitung bernilai ibadah. "Itulah kenapa Polres memilih patroli dan patrol sahur. Manfaatnya dua, yaitu menjaga kemanan dan bernilai ibadah. Sungguh, kami mencintai Ramadhan. Sebab itu, kami bertekad memberikan rasa aman bagi masyarakat selama beribadah puasa," tegas Kapolres.

Patrol sahur polisi itu mendapat tanggapan positif dari masyarakat. Menurut Slamet Hariyanto1, yang rumahnya "digrebek" polisi, jika polisi yang melakukan patrol sahur rasanya lebih aman dan nyaman. Dengan begitu, warga lingkungan sekitar merasa terjaga keamannya karena polisi melakukan patroli sekaligus patrol sahur. "Saya harap, kegiatan ini digelar tiap tahun lah," harapnya. (ndik)

Related

Headline 7304390979334193191

Posting Komentar

emo-but-icon

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik

Redaksi Memo Pos Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya IPTU Ainur Rofik
Semoga Almarhum Di Terima Disisinya Dan Yang Ditinggalkan Diberi Ketabahan (Selamat Jalan Komandan Kami Keluarga Besar Memo Pos Jember Selalu Panjatkan Doa Untukmu)

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Ciptakan Pilkada Jember Aman Dan Damai

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item